Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Covid 19 Disebut Virus Mematikan?

Assalamualaikum wr wb

Pandemi virus corona masih belum selesai. Virus tersebut masih berkeliaran di sekitar kita, entah menempel pada tubuh siapa. Padahal, Covid 19 ini termasuk virus yang berbahaya. Seberbahaya apakah virus ini? Dan mengapa Covid 19 termasuk virus yang berbahaya? Dalam artikel ini, saya akan menjelaskannya satu persatu.

mengapa-covid-19-disebut-virus-mematikan

Penularan Lewat Percikan atau Tetesan

Covid 19 ini media penularannya melalui percikan/tetesan. Istilah kedokterannya: droplet. Ada droplet besar dan kecil. Droplet besar akan memindahkan virus lewat tangan, misalnya saat bersin, batuk dll yang kemudian orang tersebut memegang benda-benda sekitarnya.

Sementara, droplet kecil menularkan virus dari orang positif Covid 19 secara langsung. Droplet kecil ini dapat berpindah dalam jarak lebih dari 1 meter. Maka penting bagi kita untuk menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain.

Covid 19 Sungguh Agresif

Virus Coronoa ini tergolong virus agresif dengan tingkat penularan yang cukup tinggi. Meskipun SARS dinyatakan sebagai virus mematikan, maka Covid 19 lebih dari itu. Penularannya terjadi lebih cepat daripada SARS.

Selain itu, virus ini menular dari manusia ke manusia lain. Ia bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil bahkan ibu menyusui.

Gejalanya Ringan

Yang paling mengkhawatirkan dari Covid 19 adalah ia memiliki gejala ringan apabila sudah masuk ke tubuh penderita. Gejala ringan yang ditimbulkan seperti demam, batuk, pilek, letih, lesu atau gangguan pernapasan lainnya seperti penyakit flu biasa. Hal ini membuat Covid 19 sulit dideteksi apabila hanya dilakukan dengan pemeriksaan mandiri.

Namun apabila sistem imun tidak mampu bekerja secara maksimal, maka ia dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Sangat Berbahaya Untuk Yang Punya Riwayat Penyakit

Angka kematian akibat Covid 19 paling tinggi berada pada usia 50 ke atas yang notabene telah rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dll. Umumnya, orang yang punya riwayat penyakit tertentu akan mengalami komplikasi parah saat terkena Covid 19.

Maka dari itu, kita diminta untuk melindungi kakek nenek atau orang berusia senja supaya tetap di rumah. Kita diminta untuk stay di rumah saja, supaya tidak membawa virus saat memasuki rumah.
--

Itulah alasan mengapa Covid 19 menjadi virus yang berbahaya dan mematikan. Untuk mencegahnya, maka kita harus melakukan social distancing, physical distancing dan tetap di rumah saja untuk memutus rantai persebarannya.

Jadi, mari kita tetap #JagaJarak dan #DiRumahAja

Wassalamualaikum wr wb





Disadur dari berbagai sumber:
https://www.liputan6.com/bola/read/4218452/5-alasan-virus-corona-covid-19-berbahaya-tetap-waspada
https://www.alodokter.com/virus-corona



Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Mengapa Covid 19 Disebut Virus Mematikan?"