Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Mangrove Jakarta, Tempat Santai Bareng Keluarga

Assalamualaikum wr wb

Kita tahu bahwa Jakarta membutuhkan kawasan konservasi. Sebab, ibukota negara ini sangat kekurangan lahan terbuka hijau, tingkat polusi tinggi, serta mulai mengalami erosi dan abrasi garis pantai. Untuk itu, kehadiran wisata alam mangrove Jakarta sangat dinantikan untuk menjaga ekosistem Jakarta.

Wisata Alam Mangrove Jakarta

Tidak salah jika ada orang bilang Jakarta itu salah satu kota paling panas di Indonesia. Alhasil, Jakarta masih punya paru-paru yang hingga kini masih tetap lestari. Yuks, kita lihat apa saja yang bisa dinikmati di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk.

wisata alam mangrove jakarta

Pondok Kemah

Fasilitas pertama yang bisa dinikmati di wisata alam mangrove Jakarta adalah Pondok Kemah. Di TWA Angke Kapuk, kamu bisa mengajak keluarga untuk berkemah, menikmati suasana alam yang sejuk dan segar di tengah ‘hutan beton’ Jakarta.

Tersedia tenda sewa atau kamu bisa membawa tenda sendiri. Suasana makin syahdu di malam hari dengan adanya api unggun di sekitar perkemahan. Satu pengalaman yang langka, menikmati gemerlap bintang di tengah hutan mangrove.

Kantin Lesehan

Liburan kamu terasa kurang lengkap di TWA Angke Kapuk sebelum mencicipi menu di Kantin Lesehan. Lokasinya dekat dengan pintu masuk dan satu-satunya kantin di kawasan itu.

Kamu tidak usah khawatir, jika tidak terbiasa duduk lesehan. Sebab, pihak pengelola menyediakan meja dan kursi untuk makan. Suasana kantin juga cukup artistik dengan payung-payung yang digantung di langit-langit. Untuk kamu yang suka foto-foto, tempat ini cukup instagramable pastinya.

Taman Bermain Anak

Destinasi wisata keluarga selalu menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Termasuk obyek wisata mangrove Jakarta juga menyediakan taman bermain anak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika membawa anak kecil.

Di sana ada jembatan gantung yang cukup membuat anak-anak penasaran. Jembatan itu pastinya sangat menantang mereka. Selain jembatan gantung, TWA Angke Kapuk juga menyediakan taman bermain anak mini yang terdiri dari tiga wahana.

Wisata Air

Jika kamu ingin menyaksikan dari dekat indahnya hutan mangrove. Ada wisata air yang akan membawa kamu berkeliling menyusuri hutan mangrove dengan wahana wisata air. Ini momen keluarga yang ditunggu-tunggu.

Menyusuri air di hutan mangrove dengan perahu bersama keluarga tentunya sangat mengasyikkan. Ada beberapa pilihan perahu yang bisa digunakan. Atau, menggunakan perahu dayung atau kayak.

Baca juga: Menghabiskan Liburan Akhir Pekan di Taman Buah Mekarsari

Jalur Sepeda

Untuk kamu yang tidak mau capai menyusuri hutan mangrove seluas hampir 100 hektar ini, ada fasilitas sepeda yang disediakan pihak pengelola. Di TWA Angke Kapuk Jakarta disediakan jalur khusus sepeda bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki.

Penanaman Bibit Mangrove

Banyak cara untuk berkontribusi terhadap perbaikan kualitas udara di Jakarta, salah satunya dengan ikut serta menanam bibit mangrove di wisata alam mangrove di Angke Kapuk.

Jika kamu berminat, pihak pengelola menyediakan bibit mangrove dengan harga sekitar Rp 150 ribu per pohon. Selama program ini digulirkan, sudah banyak sekolah, perguruan tinggi, dan perusahaan yang ikut serta menanam bibit mangrove ini.

Untuk kamu yang berencana berlibur di TWA Angke Kapuk, jika tidak memiliki kendaraan sendiri, tentu membutuhkan kendaraan sewa. Karena di Jakarta banyak agen travel, di sarankan agar kamu berhati-hati dan pilihkan agen yang sudah kredibel dengan jaminan keamanan dan kebersihan armadanya.

Jangan lupa, pilihlah armada transportasi yang sudah teruji keamanan dan kebersihannya. TRAC Astra Rental Car menerapkan standar keamanan dan kebersihan armada yang tinggi. Semua kendaraan operasional dalam kondisi bersih. Demikian juga, petugas pengemudi selalu melakukan cek kesehatan sebelum mulai bertugas.

Bersama armada dari TRAC, liburan kamu akan semakin menyenangkan. Menikmati wisata alam mangrove Jakarta bersama keluarga. Gunakan selalu armada dari TRAC yang sudah teruji keamanan dan kebersihan armadanya.

Jadi, kapan kamu mau main-main ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk?

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Mangrove Jakarta, Tempat Santai Bareng Keluarga"