Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep SEO Untuk Pemula Banget Baru Belajar

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk belajar mengenai SEO secara gratis di SEO MOMS 2 yang diprakarsai oleh Mas Qbenk Raflesia, sang ahli SEO di dunia perblogeran Indonesia.

Dalam beberapa waktu dekat, saya akan berbagi ilmu yang saya dapat dari beliau. Beliau membuka kelas secara gratis untuk ibu-ibu muda yang umumnya pemula. Tentunya ibu-ibu muda tersebut adalah seorang bloger yang sedang haus pengetahuan mengenai SEO.

Dalam kelasnya, dipaparkan mengenai konsep SEO, bagaimana membuat blog kita ramah SEO, cara membuat judul yang disukai Google, dsb. Pokoknya pembahasannya lengkap. Tunggu aja materinya yang akan saya share setiap pekan.

konsep seo untuk pemula

Konsep SEO Untuk Pemula

SEO merupakan ilmu logika. Maka penjelasannya juga mesti menggunakan logika. Sama halnya dengan bahasa pemrograman web lain seperti CMS, PHP, java dan lainnya. Operasi penggunaan kode-kodenya menggunakan logika.

Bagi kamu yang pernah belajar pemrograman, tentunya mengetahui secara jelas bahwa penempatan sebuah laman website itu menggunakan operasi logika <if> if= jika <b:if> dan lainnya.

Sama halnya dengan algoritma mesin pencari. Google misalnya. Juga menggunakan operasi logika dalam melakukan perayapan sebuah blog.

Maka di sinilah muncul istilah optimasi on page. Kita diminta untuk mengoptimalkan blog dari dalam, karena algoritma melakukan perayapan awalnya dari on page terlebih dahulu, sebelum merayapi off page seo blog.

Logikanya, seorang lurah akan meminta klarifikasi data warga tertentu di sebuah wilayah untuk menerima bantuan. Maka dari itu, ketua RT yang pertama kali harus mendata dan mendatangi langsung warga ke rumahnya. Kemudian data ini dilaporkan ke lurah. Di sinilah terjadi verifikasi apakah warga tersebut layak atau tidak mendapatkan bantuan

Seperti itulah pandangan umum SEO.

Sejarah SEO Indonesia

Pada era tahun 2007-2010, Google belum memberikan ketentuan dalam melihat faktor kualitas blog. Setiap bloger kala itu lebih banyak melakukan optimasi link building secara suka-suka.

Mengapa bisa demikian?

Google saat itu hanya melihat faktor backlink dari semua jenis backlink. Termasuk backlink negatif dari situs porn sekali pun tetap dihitung sebagai kekuatan sebuah blog

Maka tidak heran kalau dulu blogspot adalah rajanya mesin pencari, meski dengan gambar atau informasi yang aneh-aneh nan nyeleneh.

Lanjut tahun 2010 -2011, adalah masa pembaruan di mana Google mulai menunjukkan dirinya sebagai penguasa mesin pencari. Pada tahun-tahun inilah sebenarnya mulai ada pergerakan masif di mana Google mulai mengeluarkan aturan main yang ketat dengan mengeluarkan berbagai algoritmanya.

Seperti Panda, Penguin, Humingbird dan lainnya, Google mulai memperketat ranking sebuah blog. Di sinilah awal mula para blogger SEO mulai membenahi secara mendalam blog mereka dari on page maupun off page.

Lalu tahun 2012 adalah masa pemberangusan besar besaran oleh Google terhadap pengguna blogspot. Blogger yang melanggar link building akan dibanned permanen karena dinilai spaming.

Meski diajukan banding, tetapi Google menolak. Hal ini memang terkait dengan pernyataan Google bahwa kompetisi SEO di Indonesia dinilai berbahaya dan merusak serp ranking google. Maka dari itu perlu pembenahan dari algoritmanya Google.

Kalau kita lirik ke belakang, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa gerakan Blogger untuk mengoptimalkan blog mereka dari onpage dan offpage sebenarnya terlihat sejak tahun 2012. Saat itu page rank masih menjadi kekuatan utama sebelum adanya DA dan PA.

Namun seiring perkembangan, setelah page rank dicabut oleh Google pada metrik tool yang ada, maka bloger menjadikan DA dan PA sebagai rujukan kualitas sebuah blog

Namun sampai saat ini tidak ada satupun pernyataan resmi Google yang mengatakan DA PA adalah penentu posisi serp di mesin pencari mereka. Maka tidak heran jika di kalangan pemain SEO, DA PA dijadikan anekdot. Dahwa DA PA penentu harga sebuah job review.

Cara SEO Dasar Untuk Pemula

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan blog secara on page? Caranya gampang kok. Pertama-tama, kita harus membenahi title dan deskripsi. Title dan deskripsi dalam blog maupun tiap postingan memiliki peran yang sangat penting. Maka dari itu kita harus memahaminya.

Bila ingin tahu lebih lanjut mengenai cara SEO dasar untuk pemula khususnya pembenahan title dan deskripsi, kalian dapat membaca postingan tentang Cara Membuat Title dan Deskripsi Blog SEO

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

4 comments for "Konsep SEO Untuk Pemula Banget Baru Belajar"

  1. Sampe sekarang belum terlalu paham sih tentang SEO ini, kayaknya perlu belajar lebih nih.

    Ditunggu postingan selanjutnya ya Mbak. 😊

    ReplyDelete
  2. gue masih belajar sih mengenai hal-hal seo seperti ini
    dan masih belom khatam juga
    hahah

    pengennya sih, menaikkan nilai da atau pun pa. karena kan sekarang, tawaran untuk menulis, bagi mereka yang mempunyai nilai skor da yang tinggi.
    jadi, pengen baca nih tips-tips nya. karena kan di khususkan untuk ibu-ibu muda

    ReplyDelete