Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Judul dan Konten yang Disukai Google

Assalamualaikum wr wb

Setelah kita memahami struktur blog sebagai ilmu dasar SEO, maka selanjutnya adalah kita membuat kontennya. Sebelum membuat konten, paling aman bila kita membuat judulnya terlebih dahulu. Sebab, pada judul akan tertera keyword yang harus kita optimasi supaya tulisan kita muncul di halaman pertama Google.

cara-buat-judul-disukai-google

Cara Membuat Judul yang Disukai Google

Sebenarnya, cara membuat judul tulisan tidak ada yang baru. Sama saja dari dulu. Yaitu:

  1. Judul konten setidaknya memiliki 2-3 kata kunci. Minimal 2, maksimal 3.
  2. Judul dibuat dengan format long tail keyword, yaitu menyatukan keyword dalam sebuah judul
  3. Panjang judul artikel maksimal 6-7 kata. 
Namun bagaimana bila judul yang kita buat lebih dari 7? Maka patokan kita adalah 6 kata pertama, selebihnya berarti hanya kata hubung saja.

Contoh Membuat Judul yang Disukai Google

Berikut ini akan saya paparkan contoh membuat judul yang disukai Google. Contoh ini saya dapatkan dari ilmu pembelajaran SEO-nya mas Qbenk Raflesia.

Ambil saja contoh kata kunci yang kita bidik adalah Tips Berbuka Puasa. Maka kita akan membuat judul artikelnya menjadi: Tips Berbuka Puasa yang Baik dan Benar Menurut Ahli Kesehatan

tampilan-pencarian-di-google

Dalam judul tersebut, ada 10 kata termasuk kata kunci. Nah, 3 kata terakhir “menurut ahli kesehatan” merupakan kata hubung. 3 kata tersebut tidak akan berpengaruh pada kata kunci yang kita bidik.

Ah ya, pastikan kita jangan lupa untuk mengatur url postingannya. Iya, permalinknya jangan terputus, usahakan kita atur juda sesuai judul yang hanya terdiri dari 6-7 kata supaya kata kuncinya masuk juga.

Cara Mencari Judul yang Disukai Google

Cara mencari judul yang disukai google ya dengan melakukan riset. Ada banyak kok rekomendasi judul dari berbagai situs terpercaya seperti keywordtool.io, ubbersuggest, dll. Yang paling recommended ya ubbersuggest sih, tapi sekarang udah berbayar, hehe.

Karena kita mencari judul yang disukai Google, maka alangkah lebih tepat bila kita berpatokan pada google saja. Kita bisa menentukan keyword, judul, keyword turunan bahkan related search.

Cara mencari judul yang oke banget di google cukup mudah kok. Buka aja google, yang halaman depan, masukkan kata kunci. Lalu, baru menulis 2 atau 3 kata pertama, Google akan merekomendasikan judul-judul yang bisa banget kita pakai.

Di sini kita mengambil contoh membuat konten dengan kata kunci Tips Berbuka Puasa. Baru mengetik sampai kata Pu…, maka telah muncul keyword turunan dari kata kunci tersebut. Perhatikan, di situ terdapat banyak sekali bahan yang bisa kita gunakan untuk membidik keyword tips berbuka puasa.

Seperti tips berbuka puasa sehata, … puasa untuk ibu hamil, … puasa yang benar, … puasa ibu hamil, … puasa bagi penderita lambung dan lain sebagainya. Selanjutnya bergantung kita deh mau ambil dan mengembangkan judul yang mana.

Untuk memperkaya tulisan kita, maka kita bisa lanjut mengembangkan judul konten. Caranya, ambil 1 judul yang didapat dari rekomendasi google tadi. Klik atau enter. Kemudian cek di bagian result terbawah. Perhatikan ada judul atau kalimat yang merupakan hasil turunan keyword dari judul pertama.

tampilan-pencarian-di-google

Ambil saja semua kata kunci tersebut. Bisa banget buat kita jadikan mater sub pokok dalam pembahasan di artikel kita. Nantinya, keyword turunan tersebut bisa kita jadikan Heading, biar terindeks oleh Google juga.

Cara Membuat Konten yang Disukai Google

Dari beberapa judul yang kita dapat, maka selanjutnya kita bisa langsung mengembangkan artikel kita. Kita sudah dapat bahan dan garis besarnya, maka kita tinggal mengolahnya menjadi sebuah artikel berdasarkan apa yang kita telusuri tadi.

Mengenai gaya tulisan, ya bebas-bebas aja sih. Bergantung kita maunya nulis model apa.

Paling aman, bila di paragraf pertama terdapat kata kunci yang dibidik. Boleh juga kalau kata kunci diletakkan di awal kalimat, asalkan kita bisa mengolahnya.

Sebab, pembaca butuh kalimat atau paragraf yang enak dibaca. Supaya dia betah dan nyaman untuk membaca sampai akhir.

Nah, itulah sekian pembelajaran yang saya dapat dari kelas SEO MOMS 2 yang dipandu oleh Mas Qbenk Raflesia. Mengenai materi selanjutnya, kita tunggu pekan depan yaaa…

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

10 comments for "Cara Membuat Judul dan Konten yang Disukai Google"

  1. wah pas ini saya suka bingung cari judul
    sekarang muli ubek ubek lagi masalah ini dan SEO
    aku save dulu ya mbak
    makasih...

    ReplyDelete
  2. karena nggak ikut kelasnya, jadi nyerap ilmunya disini aja hehehe

    ReplyDelete
  3. mantul pembahasannya, sebagian udah kuterapkan, sebagian lagi baru tahu :D .. makasih yaa..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
  4. Trafik paling tinggi yg masuk ke blog saya biasanya "rekomendasi tontonan yg mirip 'blablabla'" jadi sering bikin yg gituan

    ReplyDelete
  5. Wah, belajar lagi dari sini. Maturnuwun

    ReplyDelete