Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usia Ideal Menikah Itu Berapa Sih?

 Assalamualaikum wr wb

Banyak orang di sekitar kita yang pasti tanya: Kamu kok belum menikah? Ndang rabi toh, selak tuwek. Pengen dadi perawan tuwek tah?

Aih. Tai banget lah orang-orang itu. Alasan orang belum menikah itu kan beda-beda. Coba kita memahami alasan masing-masing sebelum ngejudge. Berhusnuzon bukankah lebih saling menyenangkan hati?

Segala pertanyaan tersebut, menimbulkan tanda tanya dalam diri saya. Sebenarnya berapa sih usia ideal untuk menikah? Usia ideal menikah menurut Islam berapa? Usia ideal menikah menurut BKKBN berapa? Juga usia ideal menikah menurut cocote tetangga. Hahaha. Hal tersebut akan saya ulas satu persatu. Simak baik-baik yaaa…

usia-ideal-menikah

Usia Ideal Menikah dalam Isalm

Kabar baik bahwa Islam tidak menentukan usia ideal untuk menikah. Nggak ada patokan harus usia sekian untuk menikah. Islam hanya bilang, baik pria dan perempuan apabila hendak menikah harus sudah mencapai usia akil baligh atau dewasa.

Ustadz Djaelani (Udjae) mengatakan, "Di dalam Islam sebenarnya tidak ada patokan usia, yang penting selama dia sudah mencapai umur baligh untuk persoalan menikah. Jadi selama dia mampu untuk melakukan sebuah pernikahan, maka disarankan untuk menikah di usia yang sudah mampu melakukannya”

Paham kan? Nggak ada patokan usia untuk menikah dalam Islam. Kalau sudah baligh, berarti sudah mencapai syarat sahnya menikah. Selanjutnya, tentang kesiapan diri. Termasuk mental diri, agama, bekal untuk menikah, dll.

Usia Ideal Menikah Menurut Undang-Undang

Kalau Islam tidak memberi batasan keketatan untuk menikah, maka lain halnya dengan negara kita. Menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, umur ideal untuk menikah bagi perempuan di angka 16 tahun. Bagi pria juga, angka minimal di umur 19 tahun.

 Batas usia ideal menikah yang ditetapkan undang-undang adalah usia 19 tahun untuk pria dan 16 tahun untuk perempuan. Usia SMA untuk perempuan sudah boleh nikah. Kalau laki-laki, mungkin saat seusia lulus SMA ya sudah diizinkan nikah.

Usia yang cukup dini sih itu. Maka tak mengherankan jika pernikahan di usia muda sudah menjadi pemandangan biasa di negeri ini. Bahkan terkesan hampir dimuliakan. Ironisnya, masa remaja bukanlah rentang usia menikah yang paling ideal.

Usia Ideal Menikah Menurut BKKBN

Berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pernikahan dini di antara remaja usia belasan akhir hingga 20-an awal banyak terjadi atas alasan adat atau kehamilan di luar nikah. BKKBN juga melaporkan bahwa lebih dari 50 persen pernikahan dini berakhir dengan perceraian.

Merangkum banyak survei dan studi berbeda, angka perceraian bisa merosot hingga 50% jika kita menikah di usia 25 tahun ke atas dibanding menikah di usia awal 20-an. Persentase risikonya juga makin turun untuk setiap 1 tahun yang kita relakan untuk menunda menikah.

Pada umumnya dapat disimpulkan bahwa usia ideal menikah terbaik adalah sekitar 28-32 tahun. BKKBN sendiri menilai usia ideal menikah untuk perempuan Indonesia seharusnya minimal 21 tahun.

Berdasarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) umur ideal untuk menikah bagi perempuan, yakni 21 tahun atau lebih. Pasalnya, bila di bawah usia tersebut dikhawatirkan berisiko pada kesehatannya.

Sementara, umur ideal laki-laki untuk menikah yakni di angka 25 tahun. Usia tersebut dinilai tepat karena sudah matang dan dapat berpikir secara dewasa.

Usia Ideal Menikah di Berbagai Negara

Ya. Sebuah studi terbitan Journal of Social and Personal Relationship tahun 2012 mengatakan bahwa 25 tahun adalah batas usia paling ideal untuk menikah. Sementara itu, Biro Sensus AS tahun 2013 melaporkan bahwa usia ideal menikah adalah mulai usia 27 tahun untuk perempuan dan 29 untuk si pria.

Usia Ideal Menikah Menurut Tetangga

Usia ideal untuk menikah menurut tetangga sederhana. Asalkan anak si tetangga itu sudah menikah, maka menurut dia itulah saat yang tepat untuk menikah. Hahaha. 

Nyinyiran belum menikah dari tetangga itu tidak pernah saya rasakan. Melainkan saya dapatkan dari saudara, haha. Iya euy, udah disalip 2 jejaka muda 20-an. Lalu saya cuek-cuek aja. Toh ada prioritasnya masing-masing.

Kalau saya sih, usia ideal untuk menikah ya sekarang ini, namun masih ada kewajiban yang harus diselesaikan. Berkaca dari orang tua, mereka menikah di usia ideal. Ayah 28 tahun, Ibu 24 tahun. Lalu lahirlah saya, hehe. Karena Ayah dan Ibu menikah di usia yang baik, maka saya akan menikah di usia yang baik pula.

Kalau kamu bagaimana? Kapan usia idealmu untuk menikah?

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Usia Ideal Menikah Itu Berapa Sih?"