Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segala Hal Baik di Tahun 2020

Assalamualaikum wr wb

Salah satu prinsip yang saya pegang selama ini adalah pantang mengumpat sebuah kejadian/peristiwa. Apalagi soal corona. Harus ditahan. Enggak boleh jengkel, sebal, marah dan menyalahkan.

Memangnya bisa?

Bisa dong. Alhamdulillah. Karena sudah terbiasa mungkin ya. Terbiasa untuk selalu berpikir positif. Selalu bersyukur atas setiap kejadian karena pasti ada hikmah atau kesyukuran yang harus dirasakan.

Rencana yang Tertunda di Tahun 2020

Sebenarnya tidak banyak plan yang tak terwujud di tahun 2020. Hanya tentang mau travelling sama si Mas kesayangan, juga mau hadir wisudanya Adek di Tangerang. 

Yaa yang paling parah sih memang enggak bisa wisuda offline ya, padahal dinanti-nanti. Tapi di sini saya merasa ada suatu keterikatan, rasa sayang, saling mengerti dan saling menguatkan untuk tetap bertahan. Semoga adek dan teman-temannya semakin dieratkan. Dikumpulkan lagi dalam 1 naungan yang membahagiakan.

wisuda-online
Wisuda online juga membahagiakan kok


Hal Baik yang Terjadi di Tahun 2020

Alhamdulillah banyak kok. Mulai dari penelitian kuliah, keluarga yang ngumpul di rumah, merasakan ramadhan idaman, bisa meraup ilmu blogging lebih banyak, dll.

Tesis Lebih Lama, Untungnya Pakai Beasiswa

Saya kan masuk semester ganjil, jadi awal tahun 2020 saya sudah memasuki semester 5. Untungnya sih dibiayain dari hibah penelitian yang saya ajukan dan lolos. Akhir semester 5 harus seminar hasil dan sidang. Tapi penelitian saya belum selesai. Saya stuck. Nggak tahu harus ngapain.

Untungnya ya, ada Covid-19 datang. Kalau bagi orang-orang, pandemi ini adalah musibah, bagi saya ia adalah sedikit anugerah.  Karena Corona, maka kampus saya (Universitas Jember) memberikan beasiswa bebas UKT 1 semester. Wuah lumayan banget kan. Bisa molor tesisnya.

Alhamdulillah saya dapat, hehe. Jadi saya bisa lebih lega dan lapang dalam mengerjakan tesis. Tenang ajaa, ada hasilnya kok. Awal September lalu, saya berhasil menyelenggarakan seminar hasil. Semoga, bulan depan saya bisa lekas-lekas sidang. Aamiin… Untuk kemudian mengurus pernikahan, hoho…

seminar-hasil


Merasakan Ramadhan Idaman

Ramadhan tahun lalu, saya sempat berdoa, supaya next ramadhan saya enggak buka puasa lagi di luar rumah. Pengen banget 30 hari full buka puasa bareng keluarga di rumah. Saya mohon banget, supaya saya dibantu untuk mewujudkannya.

Eh terwujud banget dong. Hahaha.

Awal April, Adek mendadak pulang dari Tangerang. Enggak ada aktivitas sekolah lagi di Tangerang. Saya juga pamit keluar dari kosan, tidak ngekos lagi.

Kami semua berkumpul di rumah. Ayah, Ibu, saya, Adek, dan Mbah Uti. 30 hari Ramadhan full, kami bersama. Sahur bareng, puasa bareng, buka puasa bareng.

Jujur, ini adalah hal paling istimewa selama tahun 2020. Salah satu impian saya terwujud. Ramadhan full 30 hari di rumah. Istimewa banget.

Karena… belum tentu tahun depan saya bisa membersamai mereka full team. Bisa jadi, tahun depan saya ikut suami, lalu pulang kampung H-sekian menjelang lebaran. 

Memang, ramadhan full di rumah adalah yang saya nanti-nantikan dan idam-idamkan. Alhamdulillah


Meraup Ilmu Blogging Lebih Banyak

Sepertinya ini juga salah satu sisi baik dari adanya pandemi. Kita bisa belajar lebih banyak dan dalam metode yang semakin memudahkan.

Sebagai blogger daerah, pengen banget gitu ya meraup ilmu blogging dari teman-teman di ibukota, hoho. Pengen banget bertegur sapa. Pengen banget nambah teman secara intens.

… dan sepertinya terwujud meski berbalut pandemi, hoho.

Saya kala itu pengen banget nambah skill SEO. Ya masa’ pageview saya segitu-gitu aja. Kalah banyak dengan total postingan, haha. Saya sih sudah belajar SEO dari berbagai artikel. Tapi kalau nggak ada pembimbingnya tuh kayaknya kurang masuk ya.

Kelas SEO-On Page Oleh Mas Qbenk

Untungnya ada kelas SEO gratis, by wa, yang diselenggarakan oleh Mas Qbenk Raflesia, founder SEO Moms. Sengaja gratis, persembahan ilmu untuk almarhumah ibunya.

Saya tentu nggak mau melewatkan kesempatan itu. Alhamdulillah, perlahan ngerti tentang SEO, baik on-page maupun off-page.

Usai kelas berakhir, tentu saja saya masih belum puas. Pengen belajar lagi. 

kelas-seo


Kelas SEO-On Page Oleh Mas Irwin dan Om Pewe

Alhamdulillah kala itu dibuka kelas berbayar, by wa. Tentang SEO dan membuat blog sehat terlebih dahulu. Dipandu oleh Mas Irwin dan Om Pewe.


Hasilnya? Wow blog saya jadi sehat dong. Borok-borok di blog saya jadi terlihat dan saya harus membereskannya. Memang sih, awal-awal pageview turun. Sekarang? Naik 3x lipat dong, Alhamdulillah… Jadi lebih PD kalau setor pageview via Google Analytics, hehe

Webinar Tentang Peluang Blog oleh IIDN

Keren banget sih ini IIDN. Mereka mengadakan 25 webinar via zoom. Didukung sepenuhnya oleh im3ooredoo. Mereka memberikan 25 materi dengan pemateri yang berbeda-beda setiap harinya. Keren-keren materinya.

Sayang saya nggak ikut mulai awal. Ini sih yang saya sesalkan. Saya baru ikut pertengahan, huhu. Kapan ya ada lagi?

Seminar online kayak gini membuat saya sebagai blogger daerah mampu menjangkau materi-materi yang biasa didapatkan di kota-kota besar. Seakan-akan saya punya peluang yang sama. 

Pengen banget diadain webinar beruntun seperti ini lagi. Hmm kira-kira kapan lagi ya???

webinar-iidn

Sebenarnya, saya masih belum puas banget atas ilmu-ilmu yang kemarin saya ampu. Saya masih ingin belajar lebih dalam tentang SEO-Off page, nulis artikel yang memikat para juri, juga pengen banget mengulik Wordpress, hoho. Oh ya, pengen banget nambah 1 konten di Youtube. Semoga lekas-lekas terwujud yaa, hoho…

--

Rupanya 2020 memberikan banyak hal baik kepada saya. Sebuah kebahagiaan. Bisa belajar lebih banyak dan merasakan kebersamaan lebih erat.

Terlepas dari itu, hal-hal yang saya alami merupakan kebaikan yang Allah berikan. Diberi tempat berlindung yang baik, orang tua yang masih survive dengan penghasilannya, dosen yang murah hati, dsb. Semuanya tak lepas dari kasih sayang Allah. Alhamdulillah…

Jadi, daripada mengumpat keadaan 2020, saya lebih banyak bersyukur. Banyak kesempatan baik yang bisa saya dapat. Mari kita tetap berpikir positif tentang 2020 supaya hati lebih tenang dan jiwa yang lebih damai.

Kalau kamu, gimana? Banyak hal baik yang terjadi di tahun 2020 kah? Kalau belum, ayo diresapi dan dimaknai. Mari kita bersyukur lebih banyak.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

11 comments for "Segala Hal Baik di Tahun 2020"

  1. Adeemmm banget bacanyaaa

    Iya ya, selalu ada hal baik d setiap kejadian, yang nampak buruk d mata kita. Tetap semangattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya adem, seaden dengan tema template barunya. Kece abis

      Delete
  2. Semoga cepat sidang tesisnya
    Wah belajar ilmu SEO nya sungguh luar biasa
    Ada pembimbingnya memang lebih mudah memahami daripada belajr sendiri
    Selamat ya
    Saya jadi ingin ikut belajar ilmu SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah hayuk belajar SEO juga
      tapi kayaknya udah jago deh

      Delete
  3. alhamdulilah banyak kegiatan positif juga ya akhir akhir ini
    apalagi webinar yang ada sekarang ilmunya menarik semua, aku sampai bingung pilih mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, makin dekat kita dengan banyak ilmu, hoho

      Delete
  4. Semoga sidangnya lancar dan sukses ya Mbak. Aamiin...

    Saya juga jadi pengen belajar SEO, biar blog nya bisa rapi dan menarik, apalagi kalo ada pembimbing gitu.

    Kalo belajar sendiri, susah pahamnya.

    ReplyDelete
  5. Banyak hal baik ditengah masa-masa sulit sekalipun yaa mbaak, semogaa sukses semuaa yg sedang diperjuangkan, semangaat nyelesein thesisnya 🥰🥰🥰

    ReplyDelete