Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Penting Akuntansi Dalam Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Menurut kamu, seberapa penting sih peran akuntasi dalam berbisnis? Bagaikan Harry Potter yang tidak terpisahkan dengan tongkat sihirnya bukan? Menguasai keadaan dan menyihir sesuatu dengan tongkat sihir. 

Berbisnis, tanpa ilmu akuntansi tidak akan bergerak. Ia akan diam di tempat. Jadi, sudah paham kan analogi pentingnya akuntansi dalam berbisnis?

Yang jelas, akuntansi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis. Karena akuntansilah yang akan berperan dalam mengurus segala hal yang berkenaan tentang keuangan. 

Bisnis apapun itu pasti membutuhkan ilmu akuntansi. Mulai dari tingkat perusahaan bahkan hingga buat toko online sendiri juga membutuhkan ilmu akuntansi. 

Hal ini dikarenakan keilmuan akuntansi dapat mengukur dan merangkum segala kegiatan bisnis kamu dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak lain yang berkepentingan atau bersangkutan dengan bisnis. 

Berdasarkan hal tersebut, sudah jelas bahwa akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam berbisnis. Kamu sepakat juga bukan?

peran-akuntansi-dalam-kegiatan-usaha


Peran Akuntansi dalam Bisnis yang Harus Kamu Pahami

Sebagai orang yang bergerak di bidang akuntansi, atau orang yang dekat dengan akuntansi, maka kamu harus memahami peran akuntansi dalam berbisnis. Seberapa pentingkah akuntansi dalam berbisnis? Berikut ini uraiannya. 

1. Akuntansi Sebagai Pengatur Keuangan

Segala hal yang berkaitan dengan ekonomi atau keuangan yang dilakukan oleh para pebisnis terutama pengontrolan dan pengendalian keuangan menjadi hal yang vital karena bisa menjadi penentu keberhasilan bisnis.  

Ilmu akuntansi dalam dunia bisnis akan memudahkan kamu untuk mengetahui segala data yang berkaitan dengan keuangan. Sehingga kamu bisa terus memantau aktivitas atau segala informasi mengenai bisnis kamu. 

Di situ kamu akan tahu, apakah bisnis kamu mengalami keuntungan atau kerugian dan apakah konsumen atau pelanggan kamu sudah melakukan transaksi atau pembayaran tepat pada waktunya. 

Maka dari itu kamu harus betul-betul memahami ilmu akuntansi supaya bisnis yang kamu jalankan tidak mengalami kerugian.

2. Akuntansi sebagai Pemantau Dalam Pertumbuhan Bisnis

Membuat akuntansi bisnis secara terperinci maka akan memudahkan kamu dalam memantau pertumbuhan bisnis kamu. Dengan adanya system akuntansi, maka kamu akan lebih mudah untuk mengetahui  jumlah saldo, pendapatan bahkan aset yang sudah kamu miliki. 

Dengan begitu kamu dengan mudah mendapatkan informasi mengenai  pertumbuhan bisnis yang  kamu miliki. Segala hal mulai dari pemasaran, target penjualan dan transaksi produk kamu apakah terpenuhi atau tidak. 

Nah dengan begitu kamu akan dimudahkan dalam mengontrol  dan mengembangkan bisnis kamu secara berkala.

3. Akuntansi Membantu Mengisi Laporan Keuangan Bisnis

Pembukuan dalam akuntansi tidak boleh diabaikan baik perusahaan atau buat toko online sendiri. Karena catatan keuangan bisnis kamu akan mencerminkan hasil operasional  keuangan bisnis kamu. 

Dalam hal itu akuntansi bisa membantu kamu memahami segala hal yang berkaitan dengan finansial dalam bisnis kamu. 

4. Akuntansi Sebagai Penyimpan Aktivitas Ekonomi dan Transaksi

Akuntansi juga berperan untuk mengumpulkan dan menyimpan segala macam aktivitas dalam dunia usaha. Terutama segala hal aktivitas transaksi yang sudah dilakukan. 

Setelah itu, sistem akuntansi akan memproses data aktivitas transaksi menjadi sebuah informasi yang mampu digunakan untuk proses pengambilan keputusan dan pengontrolan terhadap asset yang dimiliki perusahaan. 

5. Akuntansi Sebagai Alat Evaluasi Perusahaan

Dari semua laporan akuntansi yang sudah dibuat perusahaan, maka laporan tersebut akan memberikan informasi kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Dari laporan tersebut, pimpinan perusahaan akan mengevaluasi dan menilai lebih dalam lagi kinerja bisnis yang telah dilakukan. 

Juga dari informasi tersebut pimpinan perusahaan dapat mengidentifikasi berbagai masalah keuangan yang ada di perusahaan tersebut. Setelah adanya informasi akuntansi sebagai alat evaluasi bisnis, maka akuntansi juga dapat berperan untuk membuat perencanaan bisnis yang akan dilakukan kedepannya.

Peran Akuntansi dalam Kegiatan Usaha

Kini kamu sudah tahu bagaimana peran akuntansi keuangan dalam bisnis maupun kegiatan usaha. Sepenting itu kan? Tidak dapat dipisahkan bagai kamu dan si dia, hoho.

Sebenarnya mengatur akuntansi dalam kegiatan usaha itu nggak sulit-sulit amat kok. Apalagi sekarang ini sudah ada aplikasi yang dapat membantu kita mengelola bidang akuntansi saat berbisnis. Ini adalah solusi yang praktis banget untuk kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi BukuKas yang merupakan aplikasi akuntansi terbaik selama ini. Aplikasi tersebut siap membantu kamu dalam mengatasi segala kesulitan Saat mengatur kebutuhan akuntansi bisnismu. 

Jadi kamu tidak perlu pusing saat menghitung seluruh keuangan dalam bisnis kamu. Hal ini dikarenakan di dalam Bukukas sudah terdapat fitur yang lengkap. Kamu akan mudah dalam mencatat atau menghitung transaksi pengeluaran, hutang piutang, pembukuan terpisah, pencatatan pembeli dan supplier, kartu nama digital, dll.

BukuKas akan mempermudah kamu dalam menjadi asisten pribadi saat mengurus akuntansi bisnismu. Solusi praktis banget buatmu. Jadi kamu bisa memantau pergerakan perekonomian perusahaanmu hanya dari sebuah aplikasi.

Jadi, gimana? Sudah paham kan sepenting apa akuntansi dan bagaimana cara kamu harus memprioritaskannya untuk mempermudah hidupmu?

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Peran Penting Akuntansi Dalam Bisnis yang Harus Kamu Tahu"