Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Keamanan Berlapis di Laptop Bisnis ASUS Expertbook P2451

Kini berbisnis tak terbatas ruang dan waktu. Dunia digital yang serba ada di genggaman membuat orang-orang lebih fleksibel dalam bekerja untuk mensejahterakan orang tersayang dan bersama-sama mewujudkan cita-cita.

Pandemi tidak menyurutkan kita untuk berhenti bermimpi. Dengan tangan terkepal, banyak usaha kreatif yang bermunculan. Start up inovasi anak muda mulai berdiri. Toko kelontong dan rumahan mulai memasarkan jualannya secara online. Status reseller meningkat menjadi distributor. Para HRD berusaha meningkatkan skill karyawan. Bahkan para pebisnis berjuang mengamankan datanya yang sangat rahasia demi terkepulnya puluhan atau ribuan dapur karyawan. 

Kita bergandengan tangan untuk hidup sejahtera. Menjadikan kita optimis bahwa masa depan mulai bisa ditata lebih mudah apabila dilakukan bersama-sama. Sayangnya, tidak semua orang berjalan searah dengan kita. Rupanya masih ada oknum yang berusaha memporakporandakan bisnis yang kita bangun dengan cara mencuri data berharga yang kita miliki. 



Kejahatan Cyber Crime Terpampang Nyata di Depan Mata

Ini bukan isapan jempol belaka. Sudah banyak kasus yang terjadi. Masih ingat dengan kasus pembobolan platform belanja online Tokopedia yang begitu heboh? Bagaimana tidak heboh, telah bocor 91 data pengguna yang kemudian dijual di dark web. Sungguh ini merugikan perusahaan tersebut bahkan kita sebagai penggunanya. Data pribadi kita dicuri, oh no.

Bahkan, aplikasi sederhana seperti WhatsApp yang kita gunakan sehari-hari dan Zoom yang kita manfaatkan selama pandemi ini juga tak luput dari tangan nakal para pelaku cybercrime. 


Pembajakan WhatsApp menimpa Ravio Putra pada akhir April lalu, yaitu seorang peneliti kebijakan publik. Hampir selama 2 jam, akun Whatsappnya diduga telah dikuasai pembajak dan menyebarkan pesan berantai ke nomor tak dikenal. Kasus ini berdampak pada reputasi nama baiknya yang tercoreng, padahal bukan ulah dia.

Mirisnya, musibah pandemi covid-19 ini rupanya tidak menjadi penghalang para pelaku cybercrime untuk berhenti beraksi. Layanan Zoom yang biasa kita manfaatkan untuk melakukan pertemuan/diskusi/pembelajaran jarak jauh, tak luput dari tangan jahil para pembajak. Mereka masih sempat-sempatnya mencorat-coret tampilan layar Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat beliau menjadi pembicara dalam suatu webinar.

Data dari aplikasi sederhana saja bisa dicuri, apalagi kita selaku pebisnis muda, UMKM bahkan para pendiri start up pemula. Meski kita masih merintis usaha, berstatus reseller maupun dropshipper, bukan berarti kita ikhlas-ikhlas saja saat data dicuri. Seberapa kecil pun usaha kita, bahkan seberapa remeh pun data kita, itu tetap berharga. Sama berharganya dengan keluarga yang kita miliki.

Kekhawatiran Tercurinya Data Juga Kami Rasakan

Seperti halnya saya, yang sedang merintis usaha baru dengan teman-teman seperjuangan. Lulusan Magister bukan berarti semakin mudah mendapatkan pekerjaan. Justru kami harus mendobrak peradaban. Maka dari itu, saya dan teman-teman berinsiatif untuk memulai usaha bisnis berupa pemetaan digital.

Bisnis pemetaan digital adalah usaha jual beli data yang tersaji dalam bentuk peta. Peta yang sering dibutuhkan oleh para konsumen antara lain peta penggunaan lahan, peta tanah, peta DAS, peta klimatologi, peta administrasi, dll. 


Kami memasarkannya ke pihak-pihak terdekat seperti dosen, mahasiswa S1 dan mahasiswa pascasarjana yang ada di dalam kampus. Kemudian, untuk menjangkau konsumen dari luar seperti mahasiswa, dosen dan instansi, kami memasarkannya secara online. Bulan depan, Inshaa Allah akan launching website sebagai official store dan sarana praktis jual beli jasa pengelolaan peta digital. 

Sejujurnya saya dan teman-teman khawatir saat kami memulai bisnis digital ini. Data yang kami simpan ini banyak dan besar banget. Kami mendapatkannya juga tidak mudah, yaitu dengan menelaah satu persatu dari citra satelit yang ada di bumi. Maka, kalau sewaktu-waktu ada musibah pembobolan data terhadap bisnis kami, sungguh saya tak habis pikir apa yang akan kami rasakan nanti. Hmm, mati rasa mungkin.

Kami menyadari bahwa sekarang ini, keterbukaan akses dunia digital sungguh sangat luas. Amat terbuka lebar. Bahkan cenderung sulit untuk ditutup, kecuali apabila kita memiliki pertahanan diri yang baik, dalam segi personal maupun aset.

Keamanan Data Dimulai Dari Diri Sendiri

Benteng pertahanan pertama yang harus kita tegakkan erat-erat adalah tindakan pribadi oleh diri sendiri. Di era digital, proses menulis nama akun lalu password, bagaikan kita membuka pintu rumah. 

Saat pintu terbuka, ada kemungkinan data-data kita dicuri. Bahkan bisa jadi kita tidak mengenali pencuri itu yang berjabat tangan dengan kita sembari meminta kode OTP. Ini pencurian secara terang-terangan, bukan?

Apalagi pencurian data yang dilakukan secara tertutup. Yakin deh, para penjahat dunia siber punya 1001 cara untuk melakukan pembobolan. Nggak harus sarjana kok yang membobol data, anak SD-SMP aja sudah bisa. 

Jadi, jelas sekali tugas kita adalah menjaga kerahasiaan data-data pribadi di internet supaya tidak disalahgunakan. Caranya bagaimana? Simak infografis berikut ini.


Cerdas dalam Mengamankan Data

Sebenarnya, mengamankan data ini ada ilmunya. Saya baru tahu perihal ini kala mengikuti webinar tentang Business Security yang diadakan oleh ASUS x Ibu Ibu Doyan Nulis beberapa pekan lalu.

Dr. Budi Sulistyo, S.T., M.T., CISA selaku expert consultant di PT. Sharing Vision Indonesia, menegaskan bahwa dalam mengamankan data, kita harus memahami prinsip CIA. Apa itu CIA? Mari simak infografis berikut ini:


Tingkatkan Keamanan Data dengan Aset yang Mumpuni

Perangkat teknologi seperti laptop dan smartphone merupakan sarana termudah bagi para pembajak untuk mendapatkan data secara ilegal. Apalagi para pelaku bisnis mengandalkan 2 alat itu sebagai sarana komunikasi dan penyimpanan data digital.

Data-data yang ada di laptop sangat disukai oleh para penjahat siber dan menjadi incaran empuk. Hal ini dikarenakan sekali ngehack bisa dapat banyak data. Pelaku tinggal duduk di depan layar komputer, menyisipkan malware dsb lalu data bisa didapatkan dengan mudah. Kemudian, data tersebut dialihkan dan dijual ke situs-situs gelap.

Bahkan, kejahatan dunia siber ini terorganisir dengan baik loh. Pelakunya bukan hanya 1 orang, melainkan sekelompok orang yang saling bekerja sama. Ada yang bertugas menjadi hacker, pisher, spammer, botnet harder hingga cashier.

Mungkin kita tidak mampu meminta orang-orang tersebut berhenti dan bertaubat ya. Tapi yang bisa kita lakukan adalah mengamankan diri dan aset masing-masing. Maka penting rasanya kita mengamankan data digital dalam aset yang mumpuni dan terjamin keamanannya.


ASUS Siapkan Keamanan Berlapis Untuk Para Pebisnis

Kabar baik datang dari ASUS, sebuah brand notebook nomor 1 di Indonesia dan di Asia. Ia mempersembahkan ASUS Expertbook kepada para pebisnis. Keunggulan utamanya adalah tersedianya keamanan berlapis yang membuat para pebinis bernapas lega karena terjaminnya keamanan data mereka. 

Tenang, tidak akan ada 1 kejadian cybercrime pun yang didapatkan, sebab laptop ini dilindungi dengan keamanan berlapis. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya.



1. Fingerprint Sensor, Identifikasi Satu-Satunya Pemilik

Sidik jari merupakan satu-satunya anugerah dari Sang Maha Kuasa yang diciptakan tiada duanya sebagai identitas yang membedakan antar manusia lainnya. Kendati orang kembar pun, sidik jarinya tak akan sama. 

Maka ASUS meletakkan fingerprint sensor ini di gerbang utama karena ia mampu mengenali satu-satunya pemilik laptop. Saat kita selesai menempelkan sidik jari di fingerprint reader, maka kita akan disapa oleh Windows Hello. 

2. IR Camera, Kenali Wajah Pemilik Walau dalam Keadaan Minim Cahaya

Ini sih cara log in Windows Hello yang paling saya suka, yaitu dengan IR Camera. Hal ini membuat kamera laptop mengenali wajah kita sebagai pemiliknya. Menjadikan laptop bisnis ini seakan-akan lebih personal karena mengenali si empunya.

Menariknya, IR camera ini bisa menangkap tekstur wajah pemilik meski dalam keadaan minim cahaya. Oke banget buat kita yang seringkali terpaksa harus buka laptop tengah malam.

Yang lebih mengasyikkan adalah kita bisa lebih fleksibel saat setor wajah ke laptop. Ia mampu mengenali pemiliknya meskipun kita sedang pakai kacamata, jilbab, make up, dll. Atau kalau posisi kita agak miring sedikit, ia tetap mampu mengenali kita sebagai kawan baiknya.

Sejujurnya saya cinta banget dengan fitur ini. Memudahkan akses masuk tanpa repot-repot mengetikkan password. Hanya dengan setor wajah, lalu sudah masuk deh.

3. Webcam Shield Privacy, Cegah Peretasan Kamera

Webcam yang diam tanpa pelindung, bisa diretas dengan mudah bila terhubung ke jaringan internet. Dengan adanya webcam shield privacy, para peretas tidak dapat mengambil gambar atau video dari kamera laptop kita.

Salah satu fitur keamanan terbaik ASUS Expertbook adalah bisa menonaktifkan webcam laptop yaitu dengan fitur Webcam shield privacy. Webcam shield adalah sebuah penutup webcam untuk melindungi privasi pengguna dari penyadapan webcam. 

Kita bisa dengan mudah menggeser penutup webcam saat sedang tidak digunakan. Ia semacam protektor untuk menutup penglihatan webcam. Apabila tidak dibuka, webcam tidak akan menangkap gambar apa-apa. Privasi visual kita aman terkendali.

4. Trusted Platform Module (TPM), Mengamankan Para Pengaman

Data berupa password, fingerprint sensor dan IR camera yang bertugas sebagai pengaman data garda terdepan, juga harus diamankan loh. Iya, pengamanan juga harus diamankan dengan pengamanan yang lebih tinggi. Itulah fungsi TPM (Trusted Platform Module). Sebuah chip yang berfungsi menyimpan informasi kriptografi.

Chip khusus tersebut memiliki fitur yang disebut RSA encryption key. Ia bekerja secara unik dan hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Apabila data sudah terenkripsi dengan aman dan tersimpan di ASUS Expertbook, maka ia tidak akan dibaca atau diakses oleh perangkat lain.

Misalnya ada kejadian laptop dicuri, lalu bagian storage (HDD atau SSD) dibongkar kemudian coba dibaca pada perangkat lain, maka data yang tersimpan di dalamnya tidak akan bisa terbaca. Ia akan tetap membisu demi melindungi privasi pemilik sahnya.

5. File Shredder, Hancurkan Data yang Sudah Dihapus

Kita mungkin lupa, bahwa para pencuri juga bisa mengambil barang yang telah kita buang ke tempat sampah. Namun nyatanya data yang telah masuk ke recycle bin, juga masih bisa diambil oleh hacker, padahal kita sudah berniat menghapusnya.

Maka dari itu, kita perlu File Shredder yang bertugas untuk menghancurkan file digital agar tidak dapat dipulihkan dengan metode apapun. Fitur ini bermanfaat agar para peretas tidak mampu mengakses data, meskipun data itu telah terhapus karena ia telah terhapus sepenuhnya.

6. Intel vPro, Pastikan Keamanan Software yang Digunakan

Intel vPro adalah prosesor yang mendukung segala kegiatan bisnis untuk tetap kuat dalam menyangga aplikasi berat, terjaminnya keamanan, pengelolaan perangkat jarak jauh dan stabilitas. Ia akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Prosesor ini hadir dari varian i5 ke atas. Ia dapat meningkatkan produktivitas di manapun berada dan apapun softwarenya. Bahkan ia telah mendukung Wi-Fi 6 sehingga dapat menyuguhkan kinerja 3x lebih cepat daripada pendahulunya.

Dukungan untuk keamanan, Intel vPro mewajibkan penggunaan Hardware Shield. Sebuah komponen yang dirancang untuk meminimalkan risiko injeksi kode berbahaya. Caranya dengan mengunci memori di BIOS saat software beroperasi. Hal ini bertujuan untuk membantu mencegah malware yang ditanam sehingga tidak membahayakan sistem operasi. 

Kemampuan manageability Intel vPro mampu mendukung perusahaan untuk mengelola aneka perangkat karyawan dari jarak jauh. Perusahaan bisa mengelola atau memantau perangkat yang digunakan karyawannya meskipun letaknya berjauhan. Bahkan Intel vPro tetap bisa mengambil alih laptop yang sedang dalam kondisi tidak menyala. 

Manfaat stabilitas juga diboyong oleh Intel vPro. Ia menjamin dan memastikan bahwa software yang digunakan benar-benar aman untuk digunakan. Dengan kata lain, aneka software yang digunakan oleh perusahaan telah melalui rangkaian pengujian untuk memastikan bahwa semuanya bekerja dengan baik dan aman. 

7. USB Storage Block, Tolak Flash Disk Berisi Virus Malware

Salah satu sistem keamanan di ASUS Expertbook yang paling dinanti kehadirannya adalah USB Storage Block. Dengan fitur ini, pengguna yang menghubungkan USB flashdisk dengan laptop kita harus memiliki izin dari administrator. Jadi flashdisk tidak asal tancap ke USB, melainkan ditanya dulu kepada pemiliknya untuk mendapat izin.

Sehingga tidak sembarang USB dapat melakukan akses baca/tulis ke laptop ini. Hal ini untuk menghindari flashdisk luar yang ternyata disusupi virus malware. Kalau sudah sekali terkena virus malware, wuah agak susah ya mengatasinya. Bisa sih diatasi atau diperbaiki, tapi mencegah lebih baik, bukan?

8. Kensington Lock Slot, Cegah Pengutil Beraksi

Pencegahan secara fisik juga perlu dilakukan, apalagi kalau kita sedang meeting di luar kantor, seperti di kafe atau di working space. Nggak perlu khawatir kalau kita sedang bekerja sendiri di kafe, lalu mau ditinggal sebentar ke toilet. Manfaatkan saja Kensington lock slot. 

Kensington lock slot adalah sebuah lubang logam di sisi laptop yang akan terhubung dengan pengait untuk mengunci rapat laptop supaya tidak dicuri secara fisik. Cara kerjanya mirip seperti kunci pada sepeda. Mencegah laptop kita dicuri oleh tangan-tangan jahil yang dengan sengaja mengutil laptop saat kita lengah.

Kunci bisa menggunakan kombinasi tombol atau nomor. Sementara itu, ujung kabel lainnya dapat dipasang pada objek yang tidak bergerak seperti meja atau tiang penyangga. Jadi laptop kita tetap diamankan secara fisik apabila sedang bekerja sendirian di tempat terbuka.

9. HDD Protection, Redam Guncangan HDD 

Tidak dapat dipungkiri bahwa laptop dengan HDD umumnya lebih rentan terhadap kerusakan fisik daripada SSD. Sebagai solusinya, ASUS Expertbook memberi peredam kejut EAR HDD untuk melindungi hard disk dari goncangan yang sering terjadi. Ia mampu mendeteksi guncangan dan getaran di ketiga sumbu untuk meminimalisir kerusakan hard disk.

Jadi kita tetap bisa melakukan kegiatan komputasi di mobil atau kendaraan lainnya. Tidak perlu takut hard disk rusak karena sudah dilengkapi peredam kejut sehingga laptop bisa tahan lebih lama dan kita tetap aktif bekerja tanpa kenal hambatan.

Layanan Pengelolaan Bisnis Untuk Para Enterprise

Tidak hanya keamanan berlapis yang menjadi keunggulan ASUS Expertbook ini. Terdapat multi layanan bisnis yang disuguhkan untuk para perusahaan agar lebih praktis dan mudah dalam mengelola bisnis. 3 hal ini merupakan persembahan spesial dari ASUS kepada para entreprise.

1. Asus Control Center, Manajemen IT Lengkap dan Terpusat

Mengatur dan mengontrol puluhan atau ratusan perangkat yang menjadi aset perusahaan tidaklah mudah. Kehadiran ASUS Control Center dapat membantu departemen/administrator TI untuk memantau dan mengatur sistem seluruh perangkat yang dimiliki perusahaan secara remote dan real time.

  • Hardware dan software monitoring: memantau status perangkat keras, pemanfaat perangkat lunak, dan layanan dengan mudah dan praktis
  • Task scheduler: dapat menjalankan tugas rutin secara otomatis seperti menghidupkan dan mematikan perangkat lunak
  • Peningkatan keamanan: mendukung otentikasi Windows Active Directory, pendaftaran editor dan penonaktifan penyimpanan USB
  • Pencarian dan pengelompokan lanjutan: manajemen data dan pengelompokan data sesuai karakter untuk mendapatkan informasi khusus.
  • Kontrol energi yang efisien: mengontrol penggunaan baterai untuk melakukan penghematan daya yang bisa dikontrol dari pusat.
  • User interface intuitif: mengelola kinerja perangkat lunak staf di manapun mereka berada dengan tampilan yang intuitif


2. ASUS Business Manager, Amankan Data Secara Mandiri

Mendukung komputasi bisnis secara teratur dan berkala adalah fungsi dari ASUS Business Manager. Dengan ini, staf bisa mengamankan data, memantau sistem, update BIOS, serta mengontrol penghemat daya. 

Apabila tim TI perlu memperbarui sistem komputer, maka ia cukup memanfaatkan tool ABM-Update. Hanya sekali klik, maka seluruh perangkat bisa dikontrol dari pusat. 



Istimewanya, ABM juga melayani tampilnya logo perusahaan saat seluruh PC dinyalakan. Hal ini juga bisa diatur di ABM. Menjadikan ASUS Expertbook adalah aset berharga yang eksklusif. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di ABM beserta kegunaannya:

  • File Shredder: menghapus sepenuhnya file yang telah dihapus
  • System Backtrack: mengembalikan sistem ke status optimalnya
  • Security drive: partisi virtual terenkripsi di drive local untuk simpan data penting
  • My logo: menampilkan logo perusahaan saat proses booting 
  • Security flash: mengontrol akses baca/tulis oleh USB, card reader dan drive optic supaya perangkat tetap aman
  • Security guard: bantu administrator untuk mengontrol akses ke data, web dan pengaturan sistem

3. ASUS UEFI BIOS, Lebih Intuitif Untuk Pebisnis

UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah standar baru firmware interface untuk PC yang didesain guna menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). Sama halnya dengan BIOS, UEFI menghubungkan antara hardware, firmware dan OS dalam sebuah komputer. 

Ia hadir di balik layar saat laptop dinyalakan. Bekerja untuk mengecek setiap komponen hardware yang terpasang di komputer. Menyalakannya, mengaturnya dan menyerahkannya ke sistem operasi melalui proses booting.


Kabar gembiranya, ASUS UEFI BIOS ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan BIOS pendahulunya. Maka tidak mengherankan bila ia harus terpasang di laptop berperforma bisnis. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari ASUS UEFI BIOS:

  • Update yang diproses secara aman
  • Hemat daya
  • User interface yang mudah
  • Bisa dikontrol dengan mouse secara eksklusif
  • Tampilan visual lebih cantik dan atraktif
  • Memiliki pengamanan yang lebih kuat daripada BIOS
  • Mampu melindungi pre-startup, pre-boot dan proses lainnya dari serangan bootkit
  • Mempercepat waktu startup dan resume saat komputer dihibernasi

Produk Komersial Dukung Investasi Bisnis Jangka Panjang

ASUS Expertbook merupakan produk komersial yang mengutamakan ketahanan dan kestabilan performa. Tidak mengherankan bila ASUS memperlakukannya lebih spesial untuk keberlanjutan investasi bisnis jangka panjang. 

1. Ringan dan Elegan, Tunjang Style dalam Berbisnis

Diciptakan sebagai laptop bisnis, ASUS Expertbook P2451 hadir dengan tampilan yang minimalis dan elegan. Warna hitam berkilau dengan tajuk Star Black, menjadikannya tegas dan lugas untuk tampil di kalangan profesional. Membuatnya menarik perhatian dan kekaguman apabila dibawa ke luar ruangan.

Apalagi bodynya yang ringan dan tipis, menjadikan kita sebagai pemiliknya betah untuk membawanya kemana pun. Dengan bobot 1,5 kg dan ketebalan 1,99 cm saja, kita dapat menentengnya di tangan karena sungguh sangat ringan. 


2. Tangguh dan Kuat, Penuhi Uji US Military Grade

Laptop untuk korporat harus memenuhi standar produk komersil, yaitu memenuhi uji US Military Grade karena ia termasuk dalam investasi jangka panjang. Kabar baiknya, ASUS Expertbook P2451 ini telah memenuhi US Military Grade MIL-ST 810G dan telah valid dalam 7 kategori. Ketangguhan dan kekuatan fisik laptop bisnis ini tidak perlu diragukan lagi.

3. Engsel Ergolift dan Sudut Pandang Fleksibel

Desain laptop bisnis harus memikirkan penggunanya yang seringkali bekerja dari pagi hingga pagi lagi. Hadirnya engsel ergolift menjadikan posisi pengetikan lebih nyaman. Saat notebook dibuka, akan memberikan posisi berkomputasi yang ergonomis sesuai standar ISO.

Desain ini juga menguntungkan dalam hal pendinginan sistem. Ruang di bawah sasis dapat meningkatkan kualitas pendinginan hardware.

Selain itu, engsel yang dapat dibuka hingga 180° memudahkan pengguna untuk membuka notebook secara fleksibel. Mode flatlay ini bisa banget untuk berbagi layar dengan teman kerja saat berdiskusi. 


4. Desain Keyboard Spesial Untuk Profesional

Keyboard merupakan aspek penting yang harus memenuhi hasrat dan kebutuhan para profesional. Mereka yang sering bekerja hingga malam, atau terkadang bekerja di ruangan minim cahaya, maka keberadaan backlit design sangat mendukung produktivitas. Cahaya yang muncul dari keyboard, memudahkan pengguna untuk lebih tepat dalam menentukan tombol huruf atau karakter.

Persembahan full keyboard mampu memenuhi ekspektasi para profesional yang seringkali membutuhkan banyak simbol atau alternatif pilihan yang fleksibel di keyboard. Bahkan dilengkapi dengan smart function yang memudahkan penggunanya lebih ringkas dalam melakukan perintah. 

Kehadiran sensepoint design juga memudahkan kita untuk mengembalikan kursor ke posisi pusat. Lokasinya terletak di tengah keyboard sehingga mampu menghemat waktu kita supaya tidak perlu mencari-cari di manakah kursor berada.

Tentu saja, keyboard ASUS Expertbook telah didesain amat tangguh. Ia telah melalui serangkaian uji coba ketahanan tombol keyboard, termasuk tes tombol on/off hingga 10 juta kali. Selain itu ia mampu menahan tetesan air yang tumpah dan tak akan merusak kinerja laptop.


5. Layar Lebih Lapang dan Lebih Jernih

Ukuran layar 14 inci tidak membuat laptop ini menjadi sangat lebar. Hal ini dikarenakan penggunaan nano edge display yang membuat tampilan layar menjadi lebih luas. Membuat kita leluasa dalam menikmati sajian di layar yang Full HD (1920x1080).

Apalagi ASUS Expertbook ini dilengkapi dengan NVIDIA GeForce MX110. Ia mampu menghadirkan pengalaman visual yang lebih jernih. Sangat menguntungkan apabila hendak presentasi pemaparan kinerja maupun melakukan komputasi dengan grafis yang tinggi.

Bertahan di depan layar laptop seringkali membuat mata lelah. Mengerti kebiasaan enterprise yang mengandalkan indera matanya untuk bekerja, maka layar ASUS Expertbook dilapisi dengan Display Anti Glare. Mampu mengurangi tegangan pada mata saat digunakan berjam-jam lamanya. Di samping itu, ia juga mampu memperjelas tampilan meski sedang berada di luar ruangan yang seringkali terpapar banyak cahaya.

6. Hemat Daya Secara Otomatis

Laptop ini disematkan baterai 48 Wh yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan laptop sekelasnya. Ia mampu bertahan hingga 10 jam. Siap banget untuk menemani kita berlama-lama di depan layar laptop mulai pagi hingga malam. Jadi tidak perlu repot-repot membawa charger ke kantor, hehe. 

Kabar baiknya, ia menggunakan LCD khusus yang memiliki memori spesial. Jadi, kalau kita hanya membuka-buka file office yang sederhana, maka LCD dapat meminta secara otomatis kepada VGA-nya untuk sleep. Kebijakan ini dapat menghemat daya baterai.

7. Konektivitas Komplit dan Super Cepat

ASUS Expertbook mampu banget memenuhi kebutuhan para enterprise yang seringkali menyambungkan banyak perangkat ke laptopnya. Kebutuhan ini telah terpenuhi oleh port input output yang lengkap dan super cepat. Membuat kita lebih mudah dan nyaman saat hendak melakukan presentasi kerja atau komputasi bisnis lainnya.


8. Performa Powerful, Tingkatkan Produktivitas Bisnis Digital

Dengan dukungan Memory 8GB SO-DIMM DDR4 dan storage HDD berkapasitas 1 TB, membuat laptop ini siap tahan banting untuk diajak multitasking. Sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas kerja yang kerap kali membuka banyak tab di layar. 

Para pebisnis yang produktif, tentu membutuhkan prosesor yang bisa bekerja lebih keras untuk memenuhi target. Maka dari itu, prosesor Intel Core i7 Generasi 10 disematkan untuk memberi kemampuan maksimal dalam memproses data. Melakukannya lebih cepat dan lebih baik.

Apalagi kalau diupgrade hingga Intel vPro i7, maka dijamin pemrosesan data tidak hanya berlangsung lebih cepat dan lebih baik, melainkan juga lebih aman. Masih ingat kan bahwa Intel vPro adalah salah satu bagian dari 9 keamanan berlapis ASUS Expertbook?


9. Dapatkan Sinyal Lebih Cepat dan Lebih Stabil

Bisnis digital yang tak lepas dari penggunaan internet, dipahami sepenuhnya oleh ASUS Expertbook. Di dalamnya telah tersemat WiFi 6 dan ASUS Wi-Fi Master Technology. Keunggulan WiFi 6 ini adalah 3x lebih cepat daripada WiFi 5 dan 4 kali lebih stabil untuk mengonsumsi sinyal. Sementara ASUS Wi-Fi Master memberikan kecepatan transfer lebih tinggi meski harus didapat dari jarak yang jauh.

Keunggulan ini dapat meningkatkan pengambilan sinyal lebih cepat, bahkan dari jarak jauh serta menempatkannya dengan stabil. Hal ini merupakan kabar gembira karena pengusaha tidak akan mengalami gangguan sinyal demi kelancaran produktivitas kerja.

Layanan ASUS Business, Dukungan Maksimal Untuk Pengusaha

ASUS memang tidak tanggung-tanggung dalam melayani dan memanjakan penggunanya. Bahkan ia cenderung perhatian dan siap sedia apabila ada masalah di piranti yang kita gunakan. Terdapat Paket Layanan ASUS Business yang menawarkan berbagai solusi untuk mengatasi problema yang ada.

Kalau misalnya sewaktu-waktu ada piranti yang rusak, langsung telpon saja ASUS Call Center. Mereka siap hadir 24x7 tanpa jeda untuk memprioritaskan penggunanya. Kita akan dihubungkan dengan ahli perangkat keras dan perangkat lunak untuk pembenahan piranti yang rusak. 

Tenang saja, tak perlu repot-repot datang ke ASUS Service Center. Kita dapat menikmati layanan door-to-door oleh teknisi IT. Mereka akan mengunjungi tempat kita untuk mengecek kondisi laptop. Apabila perlu perbaikan khusus, laptop akan dibawa oleh teknisi TI ASUS. Kalau ingin tahu bagaimana status perbaikan perangkat, kita bisa install aplikasi MyASUS. Apabila sudah selesai, piranti tersebut akan dikembalikan tepat ke tangan kita.

Eits, tunggu dulu. ASUS juga melayani on-site service loh. Teknisi T Idapat memperbaiki piranti kita yang rusak di tempat kita bekerja. Misalkan retensi HDD rusak dan harus diperbaiki. Sedangkan kita tidak mau HDD tersebut keluar dari kantor karena kerahasiaannya harus dijaga dengan ketat. Teknisi TI berkewajiban membenahinya di tempat untuk mendukung terjaganya prinsip CIA.

Tersedianya garansi internasional selama 3 tahun, memberikan angin segar bagi para pengusaha. Kalau kerusakan yang terjadi di piranti dilakukan secra tidak disengaja, maka bisa memanfaatkan ADP (Accidental Damage Protection). Dijamin 100% gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Bahkan kita juga dapat memperpanjang masa garansi sesuai kebutuhan. ASUS sangat fleksibel terhadap para pengguna setianya.

Kesimpulan

ASUS tidak tanggung-tanggung dalam memenuhi kebutuhan para entrepreneur untuk mengembangkan bisnis digitalnya, apalagi soal pengamanan. Ada 9 keamanan berlapis yang siap menjadi benteng dan prajurit paling tangguh untuk menghalau serangan cybercrime yang siap menanti.

Tak hanya itu, 3 software spesial pengelolaan bisnis amat membantu kita dalam mengelola bisnis yang melibatkan banyak karyawan plus pirantinya. Kita tidak akan kehilangan kontrol piranti-piranti tersebut karena kita adalah pemegang lisensi penuh terhadap hardware dan seluruh softwarenya.

Rasanya tidak ada alasan lain lagi untuk mengandalkan ASUS Expertbook P2541 sebagai rekan kerja yang dapat meningkatkan bisnis digital kita.


Harga

ASUS Expertbook P2541 dengan segala keamanan berlapisnya dan software hardware yang menunjang untuk berbisnis, rasanya Rp 13.512.000,- sebanding dengan layanan yang ditawarkan. Dijamin notebook ini akan menjadi aset bisnis yang mumpuni dan amat menunjang kegiatan bisnis digital kita.

Spesifikasi

Prosesor

Intel® Core™ i3 10110U Processor,
Intel® Core™ i5 10210U Processor,
Intel® Core™ i7 10510U Processor,

Sistem Operasi

 

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business.
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business.
Endless OS

Chipset

Integrated Intel® CPU

Memori

DDR4 2666MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket for expansion, total up to 32 GB SDRAM, Dual-channel

Display

 

14.0" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1200) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC with wide 178° viewing angles
With IPS Technology

Grafis

NVIDIA® GeForce® MX110

Storage

 

Hard drive:
500GB/1TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive:
256GB/512GB/1TB PCIe® Gen3 x4 SSD M.2

Keyboard

 

Chiclet keyboard
Illuminated chiclet keyboard(Optional)

WebCam

HD 720p CMOS module

Networking

Wi-Fi
Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac)
Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2x2))
Integrated Wi-Fi 6 (802.11 ax (2x2))
Bluetooth
Bluetooth® 5.0

Interface

 

1 x COMBO audio jack
1 x Type-C USB 3.2 (Gen 2) with display and power delivery support
2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1)
1 x Type-A USB2.0
1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
1 x HDMI
1 x Fingerprint reader
1 x AC adapter plug
1 x micro SD card

Audio

 

Built-in 2 W Stereo Speakers with Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Technology

Baterai

3 -Cell 48 Wh lithium-polymer battery Battery

Adaptor Daya

 

Plug type :ΓΈ4.5 (mm)
Output :
19 V DC, A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

Dimensi

 

NB:
32.53 x 23.29 x 1.99 cm (WxDxH) (w/ 3-Cell Battery)

Berat

 

NB:
1.5 kg ~ 1.6 kg with battery

Sekuritas

 

Kensington lock
BIOS user password protection
HDD user password protection
TPM (Trusted Platform Module) 2.0
Fingerprint reader

Certificates

 

UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, EPEAT, Energy Star, CECP, RoHS

Jaminan

 

2-year limited international hardware warranty. *May vary by country

Built-in APPs

 

MyASUS
McAfee trial

MyASUS feature

 

System Diagnosis
Battery Health Charging
Fan Profile
Splendid
Tru2Life
Function Key Lock
WiFi roaming optimization
AppDeals
Link to MyASUS


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

21 comments for "9 Keamanan Berlapis di Laptop Bisnis ASUS Expertbook P2451"

  1. Wuiii.. Pengen bgt laptop kayak gini.. Keren teninn..

    ReplyDelete
  2. Kerennya Asus ini kak Ros.. punya 9 pertahanan agar kita sebagai pemiliknya tak bisa diretas datanya. Selain itu harganya juga kompetitif. Saya suka saya suka.. eh musti laporan dulu sama suami biar dikasih izin.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Spesifikasi laptop ASUS ini mantap banget. Harga yg tinggi cukup sebanding dg kualitas yg diberikan. Memang data yg ada di laptop perlu bener2 dijaga keamanannya.

    ReplyDelete
  4. Seram sekali kalau sampai data kita kebobolan ya, Mbak. Dan kemarin itu, ada teman juga whatsapp-nya kena. Syukur segera bisa balik lagi. Makanya keamanan berlapis itu perlu sekali.
    Dan keren nih, laptop dari Asus. Selain performanya keren, juga keamanannya berlapis. Bikin kita tenang, tidak khawatir dibobol.

    ReplyDelete
  5. Asus ini selalu memberi yang terbaik bagi pelanggan setia nya ya mbak. Makanya gak heran kalau namanya semakin digaungkan oleh banyak orang.

    Selain desainnya keren, jeroannya juga canggih abis. Bikin mupeng

    ReplyDelete
  6. Aku fokus baca bagian pengamanannya. Wah super lengkap. Berlapis-lapis sehingga gak merasa khawatir dicuri daranya. Nice sharing, mbak.

    ReplyDelete
  7. nilai yang sangat penting keamanan dimulai dari diri sendiri, keren tulisannya

    ReplyDelete
  8. Suka banget dengan sistem keamanan berlapis yang diaplikasikan Asus Expertbook ya. Ada IR Camera yang bisa mengenali wajah pemilik meski minim cahaya. Jadi membatasi ruang gerak para pencuri data atau yang bermaksud untuk itu ya

    ReplyDelete
  9. Ini sih cocok banget istilah, harga ha bohong. ASUS keren banget, sistem keamanannya berlapis gitu. Pas untuk pebisnis...

    ReplyDelete
  10. mantap banget ya Kak ros spesifikasi laptop asus ini
    data-data kita akan terjamin keamanannya, duh kapan ya bisa punya laptop se kece ini

    ReplyDelete
  11. Speknya joss ya...setara dengan harganya..dan memang kasus pembajakan via whatsapp dan akun media sosial marak kembali akhir-akhir ini beberapa teman saya ada yang kena...

    ReplyDelete
  12. Wah ini laptop yang wajib masuk dalam list pertimbangan kalau emang mau ganti laptop yang sekarang. Speknya ajib banget untuk blogger. mau bikin video animasi juga kuat nih laptop. Apalagi camera sheild privacynya, keren! biasanya kan kamera ditutup kertas aja. ^^

    ReplyDelete
  13. Ah ini dia kak, para penjahat dunia siber emang benar deh punya 1001 cara untuk melakukan pembobolan. Ngeri-ngeri syedapll euyyy.
    Bulan lalu ig ku kena hack. Lalu amankan selirih medsos.
    Nah, simpan data di Laptop juga butuh keamanan ya

    ReplyDelete
  14. Keren banget ya spesifikasi Laptop Bisnis ASUS Expertbook P2451 ini, jadi kepingin beli dan punya untuk meningkatkan kualitas blog :)

    ReplyDelete
  15. tiap liat laptop ini tuh bikin semangat kerja karena pengen memiliki laptop ini haha... duh semoga bisa punya ni laptop kayak gini

    ReplyDelete
  16. wah spesifikasinya mantap ini. Memang fitur keamanan ini sangat perlu, terutama di laptop. Menyenangkan ini kalau bisa punya laptop ini.

    ReplyDelete
  17. Melihat 9 pengamanan dr Asus ini khusus untuk para pebisnis, sy kira harga laptopnya akan 20jtan ke atas Kak Ros, ternyata 13jutaan ya. Bener sih, keamanan penting sekali utk pebisnis, butuh laptop pendukung yg khusus juga agar efisien dan terjaga

    ReplyDelete
  18. Masalah keamanan memang tidak bisa dianggap sepele. Semua orang sudah saatnya untuk proaktif. Serem banget sih kasus data bocor itu.

    ReplyDelete
  19. Sekarang ini pembobolan data sering banget terjadi ya. Dan tidak bisa dihindari mengingat semua serba online, tinggal kitanya aja yang pintar-pintar menjaga. Btw, ASUS itu selalu deh terdepan soal teknologi, termasuk juga mendukung keamanan data kita. Kereen.

    ReplyDelete
  20. Mupeng banget sama laptop ini kak Ros, tapi harganya gak kaleng2 ya harus rajin nabung nih

    ReplyDelete
  21. Keamanan berlapis memang penting di gadget apalagi kalau mencari penghasilan full online
    Keren lah ASUS memikirkan detail sampai ke keamanan pengguna

    ReplyDelete