Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar SMP Paling Ampuh!

Anak muda zaman sekarang patut diacungi jempol. Telah banyak anak muda yang berusaha memulai karir sejak dini. Apalagi teknologi yang semakin berkembang dan fasilitas internet yang selalu tersedia, menjadikan para remaja terpacu untuk memulai bisnis sejak kecil.

Biasanya, bisnis yang diusung saat usia masih belia adalah bisnis yang berkaitan dengan hobi. Kalau hobi nulis, maka bisa menjual jasa menulis artikel. Bila hobi menggambar atau desain, bisa membuka jasa desain custom. 

Bila hobi makan dan ada makanan favorit, bisa memulai untuk menjadi reseller menjualkan makanan favorit yang rasanya terjamin enak. Apapun yang disuka, bisa menjadi bisnis yang berkembang bila ditekuni secara konsisten.

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Namun anak muda juga harus tahu bahwa kita perlu tertatih-tatih terlebih dahulu bila hendak membangun sebuah bisnis. Ibarat pepatah: berakit-rakit dahulu, berenang ke tepian – bersakit-sakit dahulu, bersenang kemudian.

Selalu ada saja kendala atau masalah yang dihadapi saat mulai merintis. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah tidak adanya modal yang digunakan untuk berbisnis. Tidak ada uang sepeserpun untuk mengambil barang yang kemudian akan dijual.

Lalu, bagaimana solusinya?

Tenang saja, sekarang sudah banyak kok bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal. Hanya dengan berdiam diri di rumah, rebahan di atas kasur sambil mainan smartphone. Asyik kan.

Gimana sih caranya? Mudah banget kah?

Inshaa Allah caranya gampang banget. Kamu yang masih usia SMP, bisa menerapkan cara bisnis online shop tanpa modal berikut ini:

1. Bisnis Online di Shopee dengan Cara Dropshipping

Ini adalah cara berbisnis tanpa modal yang paling mudah dilakukan. Dropshipping adalah jenis bisnis yang menjualkan produk orang lain lalu langsung diberikan kepada pembeli melalui kita sebagai perantaranya. 

Penghasilan kita didapatkan dari selisih harga antara harga jual kepada pembeli dan harga beli kepada supplier. Kita tidak perlu membeli dan stok barang di gudang untuk ketersediaan. Jadi kita bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal sepeserpun.



Kita hanya perlu melakukan promosi dengan gencar supaya pembeli tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Lalu produk tersebut kita dapatkan dari supplier yang telah menyediakan stoknya.

Apalagi Shopee menyediakan pengiriman barang sebagai dropshipper. Jadi, barang dikirimkan atas nama kita lalu langsung dikirimkan ke pembeli. Membuat kita lebih hemat tenaga dan hemat waktu

2. Membuka Kursus Online

Bila tidak punya keahlian khusus seperti menggambar, menulis, mengedit video, dsb, tenang saja, kita masih bisa mengandalkan kemampuan kita yang lainnya kok. Kita bisa membuka kursus online atau les-lesan online.

Anak SMP maupun SMA pasti punya modal ilmu pengetahuan atas mata pelajaran toh? Itu saja yang dijual. Kita bisa membuka jasa les-lesan kepada anak-anak yang usianya di bawah kita. Toh, kita sudah khatam mata pelajaran tingkat sebelum kita kan? 


Anak SMA bisa buka les-lesan untuk anak SMP. Anak SMP juga bisa buka jasa belajar privat untuk anak SD. Tentunya usaha les-lesan ini nggak harus dilakukan secara offline atau tatap muka. Melainkan bisa dilakukan secara online. 

Bisa memanfaatkan fasilitas Zoom, Google Meet, atau video call. Tidak harus bertemu secara langsung karena akan membuang-buang waktu. Alangkah lebih baik bila hemat waktu dan hemat tenaga dengan digantikan kursus yang diselenggarakan secara online.

3. Membuka Jasa Desain Grafis di Instagram dan Twitter

Untuk kita yang hobi menggambar, maka bisa banget membuka jasa gambar atau desain. Kalau mampunya menggambar sketsa atau pensil, ya coba ditawarkan saja ke khalayak. Biasanya gambar sketsa punya pasarnya sendiri.

Namun alangkah lebih baik bila kita mengembangkan skill untuk menggambar grafis. Menggambar dengan media laptop dan memanfaatkan fitur-fitur pada software desain grafis. Tools-tools tersebut akan membantu dan mampu mewujudkan kreatifitas kita.

Usai menyelesaikan gambar, cobalah unggah karya tersebut ke media sosial seperti Instagram dan Twitter. Cobalah berpromosi dengan cara tinggalkan komentar di tweet atau postingan yang sedang viral atau ramai dikunjungi.

Pastilah dari segala perjuangan, akan ada yang nyantol 1 atau 2 per hari. Yakinlah, semakin lama maka akan semakin besar pula hasil perjuangan yang diraih.

4. Menjadi Youtuber yang Handal

Sekarang ini banyak anak muda yang percaya diri untuk tampil di depan kamera. Berani selfie, goyang tiktok, mengungkapkan pendapat, dan sebagainya. Namun alangkah lebih baik bila diseriusin juga. 

Kalau suka selfie, mungkin bisa bikin video cara make up, cara berdandang, cara pakai kerudung, dan sebagainya. Kalau suka goyang tiktok, mungkin bisa bikin video tutorial goyang tiktok loh. Yakinlah tidak semua orang bisa bergoyang tiktok yang amat rumit tersebut.


Jadii, bikinlah konten dengan serius, belajar editing video, lalu mengunggahnya di Youtube. Lakukan secara konsisten, maka suatu hari kita akan menemukan penggemarnya sendiri. 

Kalau sudah menemukan penggemar, mungkin kita bisa lebih terarah untuk membuat konten Youtube yang disukai orang-orang.

5. Menjadi Blogger dan Content Writer

Menjadi blogger adalah cara termudah untuk berbisnis online. Dengan menjadi blogger, kita dituntut untuk menulis sesuatu yang bermanfaat dan dicari pengunjung. 

Banyaknya pengunjung yang datang, tentu akan mengundang rupiah untuk datang pula. Blogger biasanya memasang Google Adsense sebagai penayang iklan.

Selain itu blogger juga dapat menerima job melalui sponsored post, content placement, paid review, dan lainnya. Hanya bermodalkan rajin menulis dan kuota internet, maka meraih cuan dari blog bukanlah mimpi belaka.

Atau kita bisa mencoba menjadi content writer. Beda tipis dengan blogger. Kalau blogger, menulis di blog atau website sendiri. Sedangkan content writer, menulis untuk blog atau website orang lain.

Keduanya sama-sama menjanjikan. Namun alangkah lebih baik bila kita juga menulis untuk blog sendiri. Jadi kita bisa menulis sesuai kemauan dan pengalaman kita atas sesuatu yang hendak dituliskan.

Kalau memang berniat mengembangkan bisnis online dari blogger, maka kita bisa memulainya dengan menulis terlebih dahulu. Menulis secara konsisten sesuai tema yang dikehendaki. Sambil jalan, kita dapat meningkatkan peralatan tempur untuk membuat website menjadi top level domain.

Yang awalnya blog kita berakhiran .blogspot.com atau .wordpress.com, maka selanjutnya kita naik kelaskan menjadi .com atau .co.id atau .net. Caranya mudah banget kok. Kita tinggal buka saja niagahoster.com

Di sana telah tersedia paket domain dan hosting yang bisa kita jadikan modal lanjutan untuk berbisnis. Yakin deh, kalau kita konsisten ngeblog, maka dalam kurun waktu 2-3 bulan akan balik modal.

--

Itulah 5 cara bisnis online yang paling mudah dilakukan. Bisa banget untuk dikerjakan oleh anak-anak SMP maupun SMA. Hanya rebahan di rumah saja bisa menghasilkan uang. Asalkan pada waktu-waktu tertentu, bisa fokus mengerjakan bisnisnya. Misal: menulis, menggambar, promosi, dan sebagainya.

Sebegitu mudahnya kita sebagai anak muda untuk berbisnis online sejak belia. Apalagi smartphone selalu di genggaman dan wifi selalu mengudara. Mengapa tidak kita manfaatkan kesempatan untuk menekuni bisnis online? Jadi, selamat berjuang!


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "4 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar SMP Paling Ampuh!"