Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Mask Acne Atau Jerawat Akibat Masker

Saya pikir nggak akan ada orang yang mengalami Mask Acne atau jerawat karena masker. Ternyata ada loh. 

Nggak pernah terbayangkan sih. Karena sependek pengetahuan saya, umumnya penyebab jerawat adalah bakteri, hormon atau kotoran yang tertinggal karena tidak bersih saat mencuci muka.

Masker Jerawat atau Jerawat Akibat Pakai Masker

Ternyata ada dong, jerawat yang disebabkan oleh masker. 74,5% petugas medis yang merawat pasien Covid-19 mengeluhkan munculnya jerawat di area pipi dan hidung.

Sebenarnya maskernya nggak salah sih, cuma mungkin kitanya aja yang kurang bijak dalam mengenakan masker. 

Mungkin ada beberapa hal yang membuat kita menjadi alergi masker yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Faktor utamanya adalah masker yang kotor. Kotoran di masker, besar kemungkinan menimbulkan jerawat. 


Penyebab Munculnya Jerawat Masker

Secara lebih detail, berikut ini saya paparkan penyebab datangnya jerawat seperti yang disampaikan oleh dr. Sonia Hanifati, SpDV. Simak baik-baik ya:

  1. Kelebihan sebum atau minyak di kulit wajah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh produksi sebum berlebih (Hyperseborrhea) dan perubahan komposisi sebum (dysseborrhea).
  2. Gangguan pada sel kulit (keratinosit). Adanya pori yang tersumbat karena pengelupasan kulit melambat
  3. Bakteri Cutibacterium acnes tiba-tiba muncul di kulit wajah atau mungkin hilangnya keragaman bakteri di wajah
  4. Terjadinya inflamasi atau peradangan di kulit wajah
  5. Pergesekan kulit wajah dengan masker dalam jangka waktu lama
  6. Hawa panas yang terjebak akibat masker membuat kulit wajah berkeringat dan lembab
  7. Penggunaan masker tidak tepat karena masker tidak diganti secara rutin

Ya itulah faktor-faktor penyebab munculnya jerawat. Ada yang berasal dari dalam tubuh kita, dan ada pula yang disebabkan oleh tindakan dan kebiasaan kita. Utamanya kebiasaan kita dalam menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Cara Mengatasi Jerawat Masker

Lalu, kalau sudah tahu dan sadar bahwa jerawat yang dialami adalah jerawat masker, bagaimana solusinya? Bagaimana cara mengatasi jerawat masker yang tak kunjung sembuh?

Tenang. Berikut ini saya akan sharing tentang cara mengatasi jerawat masker. Dilakukannya secara bertahap dan berurutan mulai nomor 1 ya hingga terakhir adalah nomor 5. 

1. Rajin Ganti Masker

Hayooo, kamu pakai masker berapa lama? Idealnya, masker dipakai 4-6 jam sekali. Harus diganti sesering itu karena memang bakteri dan virus hinggap dengan rajin di badan kita, termasuk di masker.

Jadi kita perlu membawa stok cadangan masker di tas. Masker yang sekali pakai itu murah kok kalau beli 1 pak. Kalau kamu mampu, beli ya sayang… Demi kesehatan dirimu dan orang-orang di sekitarmu.

2. Cuci Masker dengan Bersih

Mau pakai masker kain boleh bila hendak hemat uang. Tapi jangan lupa dicuci ya. Kalau nggak dicuci ya fatal jadinya. Bakteri siap nempel terus. Pastikan harus dicuci setiap hari dan punya stok beberapa. Cuci bersih dan keringkan di bawah sinar terik matahari.

Jadi wajah kita tetap aman dan hidung terlindungi dengan masker yang baru dan bersih. Sebaiknya juga membawa cadangan masker di tas, khawatir ada kejadian yang tak mengenakkan soal masker.

3. Rajin Cuci Muka

Ada atau nggak ada Covid, kita wajib rajin cuci maka. Pakai atau nggak pakai masker, sejak dahulu kita diwajibkan cuci muka secara rutin. 

Hanya cuci muka loh. Membasuh wajah tidak memberatkan. Hanya dibasuh pakai air, untuk menghilangkan kotoran-kotoran atau debu-debu polusi udara. Boleh banget kalau dibersihkan terlebih dahulu pakai cleanser tertentu.

4. Lakukan Skin Care Atau Perawatan Kulit Mandiri

Kalau udah cuci wajah, sekalian skin care kan lumayan ya. Setibanya di rumah, langsung lepas masker, cuci wajah pakai cleanser. Lalu nikmati setiap tahapan skincare seperti hydrating dan moisturizing.

Oh ya, ada tips khusus nih, tentang skincare yang pas untuk mencegah mask acne atau jerawat masker. Tips ini diberikan oleh ahlinya langsung, yaitu dr. Sonia Hanifati, SpDV. Simak baik-baik yaaa…

Skin Care Untuk Mencegah Mask Acne

  1. Minimalkan penggunaan make up dan skincare
  2. Gunakan sabun cuci muka (cleanser) yang gentle
  3. Gunakan pemebab yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi produksi sebum
  4. Aplikasikan skincare 30 menit sebelum menggunakan masker
  5. Menggunakan tabir surya pada pagi atau siang hari

5. Konsultasi ke Dokter Kulit Berpengalaman

Kalau jerawat masih saja bandel tidak hilang-hilang, ya satu-satunya solusi adalah konsultasi ke dokter kulit berpengalaman. Kamu bisa datang ke dokter kulit terdekat yang ada di sekitar rumahmu.

Untuk kamu yang ada di ibu kota, kamu bisa datang ke dokter kulit Jakarta Pusat atau dokter kulit Bekasi. Khusus kamu yang ada di Jakarta Pusat atau daerah Bekasi, beruntunglah karena bisa konsultasi langsung dengan dr. Sonia Hanifati SpDV

dr. Sonia Hanifati SpDV Dokter Spesialis Kulit yang Berpengalaman

Mengapa saya merekomendasikan dr. Sonia? Karena beliau adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengelaman. Beliau lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Bisa dipercaya dong bagaimana pintarnya ia.

dr. Sonia sehari-hari berpraktik di RS Budi Kemuliaan, Bamed Skincare dan Dermatoven Clinic. Jadi beliau bisa dipercaya karena sudah berpangalaman dalam menangani pasien yang bermasalah dengan kulit wajah khususnya jerawat. 

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang dr. Sonia, bisa kepoin lebih lanjut di medsosnya:



Penanganan Jerawat Masker oleh dr. Sonia

Lalu, apa yang akan dilakukan oleh dr. Sonia bila kamu datang kepadanya untuk mengatasi masalah jerawat di kulit wajahmu? 

Berikut ini adalah tindakan medis yang akan dilakukan oleh dr. Sonia. Dikasih tahu dulu biar kamu tahu lebih awal, hoho. Tindakan berikut dilakukan secara berurutan sesuai hasil yang didapat. 

  1. Meresepkan obat oles maupun obat minum sesuai derajat keparahan jerawat
  2. Ekstraksi komedo
  3. Chemical peeling
  4. Laser NdYAG terutama pada bekas jerawat yang berupa warna gelap
  5. Laser CO2 khususnya pada bekas jerawat berupa tekstur (bopeng)
  6. Subsisi khususnya pada bopeng yang dalam

Itulah tindakan medis yang dilakukan dr. Sonia untuk mengatasi jerawat maskermu. Semoga saja dengan tindakan nomor 1 saja sudah membaik kulit wajahmu. Kalau belum membaik, konsultasi lagi ke dr. Sonia untuk ambil tindakan medis nomor 2. Begitu seterusnya.

Yang jelas, dr. Sonia akan menemanimu untuk membebaskan diri dari jerawat mandel. 

Btw, dr. Sonia juga merupakan co-founder dari The Good Chem loooh. Boleh banget kamu intip-intip dulu:

Harapannya, jangan sampai adanya jerawat menghentikanmu menggunakan masker. Pakai masker masih penting, sayang. Covid-19 masih ada dan entah kapan akan berakhir. Virus ini masih nyata di sekitar kita dan kita sebagai orang yang berpendidikan harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Mari berdoa bersama semoga kita semua selalu sehat. Aamiin.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

17 komentar untuk "5 Cara Mengatasi Mask Acne Atau Jerawat Akibat Masker"

  1. Kok pas banget ya, saya juga barusan ada jerawat di sekitar hidung, udah saya pencet sih sampe keluar mata jerawatnya.

    Ternyata mungkin karena masker yang kotor kali ya, soalnya saya jarang cuci masker hahahahahahahahahahahahahaha....

    Terima kasih atas infonya. Gara-gara pake masker kurang terawat kebersihannya jadi begini deh.

    Duuuuh pengen bernapas dengan bebas tanpa maskerrrrrrrr...

    Coronce minggatlah kau

    BalasHapus
  2. Penyebab jerawat itu memang sangat beragam ya, Mbak. Termasuk pemakaian masker juga. Dan kalau saya sukanya masker kain. Tapi tetap saya pakai beberapa jam saja. Makanya kalau pergi, saya bawa stok minimal 3 masker. Jadi di jalan tinggal di ganti. Kalau bepergian lama, saya pakai yang sekali pakai saja.
    Tapi tetap itu, harus selalu menjaga kebersihan wajah.

    BalasHapus
  3. Bener banget sih mbak. Kalo untuk kulit sensitif gitu emang bisa bikin berjerawat tuh masker. Rajin cuci muka ama ganti masker emang solusi wajib yak. Nice tips deh mbak. Jadi pingin konsultasi ke dokternya biar muka gw kayak Oppa Korea wkwkwk.

    BalasHapus
  4. Aku baru sadar kalau pemakaian masker juga bisa memicu jerawat ya. Aku termasuk yang suka lupa ganti masker kain. Apalagi keluarnya jarang-jarang.. eh ternyata sebaiknya diganti per 6 jam sekali ya. Pantasan saja di pipi kok sekarang sering muncul jerawat, sepertinya karena suka malas ganti masker nih.

    BalasHapus
  5. Kadang suka teledor sendiri aq mbak, mentang2 udah pake masker jadi malas membersihkan muka padahal malah gak baik kan ya

    BalasHapus
  6. Kalo masker jarang dibersihkan, emang riskan sih. Bisa bikin masalah seperti jerawat. Paling praktis sih pake masker sekali pake, atau rajin mengganti masker setiap 3-4 jam dipakai

    BalasHapus
  7. pasti bnayak banget yang mengalami masalah serupa karena penggunaan masker adalah wajib. Saya sendiri sih rajin mengganti masker dan ganti masker kalau kotor. samai sekarang masih aman

    BalasHapus
  8. Kulit-kulit wajah yang cenderung sensitif memang tidak bisa sembarangan menggunakan apapun yang nempel di wajahnya. Bahkan untuk masker pun harus pake yang aman buat kulitnya. Dan yang terpenting, abis pake masker jangan lupa juga buat membersihkan wajah.

    BalasHapus
  9. Saya pernah kena jerawat di dagu karena telat ganti masker,Mba. Beruntung, jerawatnya bisa hilang sendiri tanpa perlu diberi apa-apa. Memang menjaga kulit wajah itu butuh perawatan dari luar juga dalam. Tidak bisa salah satunya.

    BalasHapus
  10. Waah aku juga ngeh kalau ada yang kena jerawat karena pakai masker. Mungkin berlaku buat yang pakai masker seharian ya seperti petugas medis atau pekerja yang work from office dan pakai masker berjam-jam.

    Eh dokter Sonia punya blog juga ya? Cuzz ah ke blognya. Pasti banyak seputar kesehatan kulit.

    BalasHapus
  11. Waaahhh mbak, jadi ini yaa penyebab jerawat gara-gara pake masker. Aku ngalamin soalnya mbak, aku pikir sih waktu itu karena lembab dan agak gerah gitu, soalnya kan lumayan banyak aktivitas di luar. Untung diartikel ini ada cara-cara mengatasinya, thanks mbak informasinya 😘

    BalasHapus
  12. iyaa kadang juga saya terkena jerawat karena pake masker skrg ini alhasil gatal aja gitu

    BalasHapus
  13. Penting untuk ganti masker ya kak. Apalagi kalau bepergian keluar rumah dengan jangka waktu lama. Misal seharian, maka kudu bawa masker cadangan ya.

    BalasHapus
  14. Biasanya kulit yang sensitif selalu bermasalah bila sedikit saja tidak merawat kulit seperti SOP yang biasa ia terima. Misalnya, dulu kita gak rajin pake masker kemana pun pergi, begitu kita pake masker kita lsngsung berjerawat.

    Akibatnya Emang butuh perawatan spesial ya.
    Syukurnya bertemu dengan dr. Sonia, jadi masalah jerawat akibat masker sudah teratasi

    BalasHapus
  15. Gak pake masker salah, pake masker jerawatan. Tapi untung ada solusinya y mbak. Apalagi sekarang kan auto maskeran terus.

    Eh, jangan lupa tetep pakai sunscreen biar aman dari efek buruk sinar matahari

    BalasHapus
  16. Yang sering terlupa kalau pakai masker ya cuci muka mbak. Kukira aman aja ya ternyata bisa jadi jerawat. Harus lebih aware lagi nih soal masker.

    BalasHapus
  17. Aku tuh juga ini keluhan ku semenjak pake masker itu :( sering jerawatan
    Yaa kan secara kulit ketutup terus ya. Keringatnya nempel
    Untung banget ada solusinya. Makasih kak ros

    BalasHapus