Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjadi Software Developer yang Sukses Dimulai dari Nol!

Kamu hendak mempelajari ilmu software engineering? Kamu pemula yang ngin menjadi software developer yang sukses? Jika kamu mencari cara untuk menjadi software developer yang berhasil, maka kamu telah membaca artikel yang tepat.

Berikut ini saya akan sharing bagaimana cara menjadi software developer yang sukses. Namun saya mulai dulu ya dari pengertian software developer dan software engineering.


Zaman yang serba digital semakin memudahkan kita untuk melebarkan karir. Salah satunya adalah menjadi seorang software developer. Bisnis jasa ini legit sekali.

Dikarenakan tidak banyak orang mampu menguasainya, tidak mengherankan bila tarif jasanya mahal. Bisa menjadi karyawan suatu perusahaan atau buka jasa freelance sendiri.

Memang susah untuk menjadi seorang developer, namun tidak ada yang mustahil. Asalkan tahu bagaimana cara memulainya dan serius menekuninya, maka hasil tidak akan mengkhianati.

Namun sebelum menginjak ke bagaimana cara menjadi software developer, mari kita pahami ap aitu software developer.

Apa Itu Software Developer

Software developer adalah sebuah pekerjaan yang bekerja untuk mengembangkan media di ranah digital.

Tugas seorang developer antara lain mengembangkan, merancang, menciptakan, dan memodifikasi software aplikasi atau sebuah program komputer.

Diharapkan seorang developer juga bisa memperbaiki masalah (bug) yang terjadi di sebuah aplikasi atau software.

Contoh software atau aplikasi yang bisa dikembangkan antara lain aplikasi pesan makanan lokal, aplikasi jemput laundry, website toko online, dan sebagainya.

Apa Itu Software Engineering

Seorang software developer harus memahami sebuah ilmu secara mendalam, yaitu ilmu software engineering.

Software engineering adalah sebuah proses penerapan teknik pemrograman pengembangan perangkat lunak berdasarkan kebutuhan penguna

Software engineering ini berbeda dengan pemrograman yaa. Kalau pemrograman ini sederhana banget, menjadi salah satu dasar dalam teknik software engineering.

Namun software engineering ini sudah sangat kompleks. Tak hanya menganalisis rekayasa perangkat lunak saja, melainkan harus mengetahui bagaimana karakteristik penggunanya.

7 Cara Menjadi Software Developer yang Sukses

Memang sih, agak susah bila hendak menjadi seorang software developer. Namun tidak ada yang tak mungkin untuk terwujud. Asalkan ada kegigihan untuk terus maju, maka peluang itu tetap terbuka.

Untuk kamu yang pemula banget dan pengen menjadi seorang software developer yang jago dan profesional, maka kamu harus menerapkan 7 tips berikut.

Mulai dari nomor 1. Lakukan secara berurutan dan konsisten. Simak dan pelajari baik-baik yaa.

1. Tetapkan Niat dan Tujuan Secara Matang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah niat. Tetapkan niat dengan benar. Mau belajar untuk apa. Siap investasi modal juga meski sedikit demi sedikit. 

Siap meluangkan waktu lebih banyak untuk belajar. Siap berlatih setiap hari. Mau membaca terkait keilmuan software developer. Intinya tekadkan niat untuk mencapai kesuksesan.

Kalau perlu, tetapkan tujuan dengan matang. Bisa kok kalau kamu membuat peta rencana. Tahun ini targetnya apa, tahun depan targetnya apa, tahun depannya lagi targetnya apa.

Targetnya bebas. Lebih bagus bila targetnya berupa pengembangan diri dan bonus materi yang hendak dicapai. Supaya lebih semangat belajarnya.

2. Tentukan Bahasa Pemrograman yang Ingin Dikembangkan

Bahasa pemrograman di dunia ini ada banyak. Mulai dari PHP, Visual Basic, Phyton, C++, Javascript, Java, C, dan lainnya.

Memang banyak, tapi kamu hanya cukup pelajari 1 atau 2 saja. Percuma belajar banyak bahasa pemrograman kalau kamu tidak mampu menyelesaikan masalah. 

Sebab seorang software developer harus mampu menyelesaikan masalah dengan bahasa kodingnya. 

Jadi, cukup kamu menguasai 1 program sampai ngelontok. Lalu kamu baru deh ngelamar kerja untuk lowongan kerja yang menginginkan bahasa pemrograman itu. Sebab, mereka butuhnya spesialis.

Kalau bahasa pemrograman lainnya ya dipelajari sedikit-sedikit saja untuk di bagian awal. Cari tahu perbedaannya, kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Perhitungkan juga bagaimana peluangnya di dunia kerja.

Kalau sudah selesai menentukan bahasa pemrograman yang dikehendaki, maka fokuslah belajar sampai sedalam-dalamnya. 

3. Praktik Sekaligus Investasi Ilmu

Mempelajari bahasa pemrograman, nggak cukup hanya dengan belajar saja. Perlu dilakukan praktik atau mengulang materi yang telah dipelajari. 

Mengulang dalam hal ini adalah mencoba menerapkan kembali ilmu yang sudah didapat tutorialnya. Bahasa lainnya adalah praktik.

Mungkin lebih enak juga bila kamu menginvestasikan sedikit uangmu untuk belajar ke ahlinya. Cari saja ahli software developer yang membuka jasa mengajari keilmuan tersebut beserta praktiknya.

Tapi sebelum berguru, pastikan kamu sudah mengenal dasar-dasarnya terlebih dahulu dan sudah coba-coba. Supaya kalau sudah masuk kelas, langsung bisa menanyakan kesulitan yang dialami.

4. Berlatih Setiap Hari

Yang namanya belajar itu harus dilakukan setiap hari. Sama halnya dengan menjadi seorang software developer. Apalagi permasalahan di bahasa pemrograman itu beragam ya.

Namun tenang aja, biasanya banyak tersedia solusinya di Google. Oh tentu saja menggunakan Bahasa Inggris ya.

Tips sederhana dan jitu: Apabila terjadi error, maka cobalah copy paster kode errornya di Google. Kemungkinan besar kamu akan menemukan solusinya.

5. Tingkatkan Masalah yang Hendak Diselesaikan

Kalau masih belajar, maka kemungkinan belum ada masalah yang ditawarkan untuk dicari tahu solusinya. Maka kamu harus membuat masalahmu sendiri.

Membuat masalah pertama, selesaikan. Lalu lanjut ke masalah kedua, cari masalah yang lebih tinggi, selesaikan. Cari lagi masalah ketiga yang lebih rumit, selesaikan juga.

Kamu harus berani bereksperimen. Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengubah beberapa variabel atau mengubah kodenya. Lalu cari solusinya.

Kemudian, kalau sudah cukup menguasai materi dan menerima tantangan dari luar, coba ajukan diri untuk menyelesaikan masalah. Biasanya gratis dulu sih. Tapi kalau kamu bisa diandalkan, pasti ada hadiah buat kamu.

6. Bergabung dengan Komunitas

Kamu tidak bisa bila belajar sendirian. Kamu harus bergerak dan berkembang mengikuti trend yang ada. Maka hal yang harus dilakukan adalah berada di dalam trend itu. 

Apa maksudnya?

Kamu harus berada di lingkaran para software developer, baik newbie maupun ahli. Kenalilah teman-teman barumu. Bergabunglah dalam komunitas. Aktiflah untuk tanya jawab di forum.

Untuk memulai, kamu bisa langsung cari di grup facebook, grup google, dan sebagainya. Biasanya mereka punya forumnya sendiri kok.

Jangan kaget ya bila mereka jor-joran ngasih ilmu. Biasanya komunitas itu nggak pelit ngasih ilmu. Karena komunitas ada untuk berkembang bersama.

7. Promosikan Jasamu

Langkah terakhir adalah promosikan jasamu. Kalau kamu dirasa sudah mahir agak banyak dan sudah berkali-kali menyelesaikan masalah yang berbeda dan rumit, maka sudah sepantasnya kamu promosi.

Promosi dalam artian mencari lowongan kerja atau membuka jasa freelance. Bergantung pada minatmu apa.

Namun untuk awal-awal, alangkah lebih baik bila kamu bekerja di sebuah perusahaan atau start up. Dengan ini, kamu tahu bagaimana suasana pasar software engineering.

Bagaimana permintaan dan penawaran. Masalah apa yang sering dibutuhkan. Kliennya siapa saja, dan sebagainya. 

Belajarlah dulu bersama orang lain. Setelah itu, barulah membuka jasa sendiri. Mempromosikannya sendiri hingga mendapatkan klien pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Banyak jalan dan ruang untuk kamu berpromosi. Bisa promosi di facebook, Instagram, twitter. Atau juga bisa titip ngiklainin jasa ke teman-teman. 

Intinya, mulailah dengan yang sederhana dan free terlebih dahulu. Kalau belum ada hasil, cobalah beriklan dengan berbayar. Bisa dengan google ads, dan lainnya.

Namun pastikan bahwa portofoliomu telah bagus dan menarik perhatian calon pengguna jasa software developer. Portofolio yang bagus biasanya tampil di sebuah website.

Alangkah lebih baik bila kamu membangun sebuah website. beli domain dan cek domain termurah saja sebagai langkah awalnya. Lalu buatlah website itu menarik dan menunjukkan kemampuanmu dalam membuat dan menyelesaikan masalah pemrograman.

--

Kurang lebih itulah 7 cara menjadi seorang software developer yang handal. Sebenarnya, nulis seperti ini kurang sih. Karena keilmuan software developer itu kan luas ya.

Namun sepertinya cukup segini. Karena yang lebih penting adalah praktiknya.

Jadi, selamat belajar dan berpraktik ya. Semoga kamu kelak akan menjadi seorang software developer yang hebat!


Posting Komentar untuk "7 Cara Menjadi Software Developer yang Sukses Dimulai dari Nol!"