Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alasan Kamu Harus Ngeblog Mulai Sekarang!

Assalamualaikum wr wb 

Setelah mengenal alasan pemberian nama halokakros, saatnya kita membahas tentang alasan saya mulai ngeblog. Tenang saja, nanti akan saya kompor-komporin supaya kamu mulai ngeblog sekarang.

Alasan Mulai Ngeblog, Ternyata…

Dulu, tahun 2009 saya sudah mulai ngeblog. Namun tidak banyak yang ditulis. Kala itu tujuannya hanyalah untuk menyimpan dokumen perasaan.

Jadi, karya-karya galau saya, diunggah ke blog. Paham sih nggak ada yang baca, tapi ya saya cuek aja. Sambil berharap si pujaan hati membaca.

Tapi ya gitu ya, jaman dulu tuh blogger.com masih belum perfect. Tulisan lama bilangnya tulisan terupdate. Yaa, mungkin circle saya kurang jauh.

Kemudian lanjut tahun 2009 dan 2010, masa-masa saya SMA, saya mulai sering rajin nulis blog. Selain karena asyik banget baca blog orang kala itu, saya juga suka menyimpan cerita dan dokumentasi kegiatan.

Intinya, saya berusaha mengekspresikan perasaan di dalam sebuah tulisan. Pengennya, tulisan itu dibaca oleh orang-orang yang bukan teman-teman sekolah saya. Malu soalnya.

Makanya saya enjoy ngeblog, karena tulisan saya akan dibaca oleh orang-orang baru yang circlenya di luar saya. Merasa disemangatin juga dari jauh.

15 Alasan Kamu Harus Mulai Ngeblog Sekarang!

Saya nggak mau, asyiknya ngeblog hanya dinikmati segelintir orang. Manfaatnya ngeblog banyak shay, lain kali saya bikin artikel khusus.

Mungkin kamu berminat dan sangat tertarik untuk ngeblog, namun masih perlu alasan kuat supaya mulai mau menulis blog.

Mungkin 15 alasan berikut ini bisa membantumu menemukan alasan utamamu untuk mau mulai ngeblog segera. Simak baik-baik ya!

  1. Sebagai tempat curhat paling setia
  2. Mengekspresikan perasaan yang tidak bisa disampaikan secara lisan
  3. Menambah wawasan karena akan lebih sering membaca tulisan blog orang lain
  4. Berbagi cerita dan pengalaman kepada para pembaca
  5. Membantu orang lain mengatasi masalah yang sama dengan yang pernah kita tulis
  6. Mengasah kemampuan menulis supaya lebih luwes dalam merangkai kata
  7. Menambah pertemanan dengan para blogger yang hebat
  8. Menjangkau relasi dengan orang-orang dari brand atau sponsor
  9. Membangun personal branding
  10. Melatih diri untuk meningkatkan kapasitas diri menjadi content creator yang bisa hidup di berbagai platform media sosial
  11. Meningkatkan kepercayaan diri
  12. Melatih berbicara lancar dengan cara menulis lancar terlebih dahulu
  13. Pengalaman menulis dan kerjasama bisa menjadi portofolio pekerjaan maupun tawaran kerja
  14. Dapat mempengaruhi orang lain atas hal-hal positif yang kita beri
  15. Menambah pundi-pundi rupiah

Itulah 15 alasan kamu harus ngeblog mulai sekarang. Coba pilih 3, mana alasan yang menurutmu paling cocok dan sesuai dengan karakteristikmu.

Kalau saya, pilih nomor 1, 2, dan 3. Lalu perlahan-lahan saya merasakan 12 alasan tersebut mengikuti namun bukan dalam wujud lain, melainkan manfaat.

Iya, saya merasakan banyak manfaat ketika saya mulai ngeblog dan berusaha konsisten ngeblog hingga sekarang ini. Lain waktu akan saya ceritakan ya manfaat apa saja yang saya dapat dari ngeblog.

Kalau kamu, mana di antara ke-15 alasan itu yang akan menjadi alasan utamamu untuk ngeblog?

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

12 komentar untuk "15 Alasan Kamu Harus Ngeblog Mulai Sekarang!"

  1. Aku sebenarnya sudah dari 2010 mulai ngblog, tapi dulu gak tau harus di isi apa. akhirnya aku isi dengan pengalaman pribadi dan sedikit tutorial editing yang saya pahami. Bertahun tahun gak aktif ngeblog karena saya rasa membosankan. Itu terjadi karena tidak ada kunjungan dari blogger lain ke blogku waktu itu. Jadi aku memutuskan untuk tidak mengisi tulisan di blog lagi. Di tahun 2019 akhir, aku berniat kembali ngblog. Alhamdulillah sampai sekarang masih ngisi walaupun sebulan 1 postingan.

    BalasHapus
  2. yang nomer satu sih

    di saat enggak ada tempat buat mencurahkan fikiran, kayaknya dengan nulis bisa mencurahkan hal tersebut

    meskipun yang baca juga belum tentu ada sih, senggknya unek-uneknya udah bisa dikeluarin

    ehe

    BalasHapus
  3. Banyak juga yah. Saya sendiri sih pertama kali menulis di blog sebenarnya karena sudah bosan menjadi internet warrior. Biasanya dulu sejak entah tahun berapa senang sekali masuk berbagai forum diskusi dan terlihat dengan berbagai perdebatan di sana. Bertukar pikiran dan banting bantingan (pemikiran).

    Hanya kemudian saya jenuh karena kok sepertinya cuma sekedar pemuasan ego saja. Sampai kemudian saya memutuskan untuk beralih menjadi blogger. Karena saya pikir dengan begitu saya bisa tetap menyalurkan kesukaan mengungkapkan pikiran, tetapi tidak untuk menang menangan atau banting bantingan.

    Ndilalahnya, ya ternyata malah jadi suka dan keterusan.

    Entah itu masuk ke nomor berapa yah..

    BalasHapus
  4. Kalau buat saya, ngeblog itu untuk:
    (yang utama)
    3, 4, 5, 7, 9, 10, 11, 12, 13

    8 dan 15 adalah bonus ehehe.

    BalasHapus
  5. alasan no 1,2,4,6 itu sama dg alasan awal saya ngeblog di 2010/2011 lalu..hehe.. alhamdulillah masih kepakai sampai saat ini, yg terbaru mah ditambah alasan rasa puas saat blog hasilkan cuan! yaa..meskipun masih dikit2 sih..hahaha..

    BalasHapus
  6. Alasan-alasan yang bagus banget. Tapi kalau curhat kalau bisa yang bisa sambil bantu orang dan seperlunya, gak over curhat :)

    BalasHapus
  7. Semua alasan di atas Kak Ros, tapi terutama berbagi cerita, bantu orang lain, nambah teman, berlatih menulis. Nah yang lainnya itu tentu saja bonus yang menyenangkan. Ternyata ketika yang kita lakukan bisa mengantarkan pada posisi yang kita capai sekarang, itu berkah luar biasa untuk kita. Setuju dong yaa

    BalasHapus
  8. Pada awalnya no.4, hanya ingin berbagi apa saja kepada pembaca. Lambat laun point-point lainnya mengikuti. Sekarang bisa bekerja sebagai content writer sebelumnya nggak pernah kebayang bisa jadi pekerjaan utama karena kuliah Informatika.

    BalasHapus
  9. Alasan saya termasuk dalam salah satu yang disebutkan. Hehehe

    Saya dulu buat blog cuma buat curhat doang. lalu kemudian melihat teman-teman ternyata blogger juga bisa menghasilkan. Jadi ya begitulah... Kesenengan ngeblog sampai sekarang.

    BalasHapus
  10. Wow udah lama juga ya mbak dirimu ngeblog. Tahun 2009 aku bahkan belum kenal mahluk bernama blog hahaha... aku mulai 2012 kalo ga salah dan sejak itu jatuh cinta banget si. Meskipun ada masa up and down nya juga tapi bismilah tetep pengen konsisten ngeblog dan bikin konten yg bermanfaat

    BalasHapus
  11. saya juga 123 namun perlahan-lahan yang lainnya mengikuti. Dan yang paling menyenangkan dari ngeblog itu adalah kita bisa curhat tapi dibayar, hehehe

    BalasHapus
  12. 1-4 sepertinya jadi niat utama. Sampai bawah nih mulai berusaha ke arah sana. Semoga dengan ngeblog kita bisa menebar manfaat dan juga menambah pundi-pundi rupiah buat tambah2 uang saku anak... hehe

    BalasHapus