Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Nama Blog dan 5 Tips Memilih Nama Blog yang Mudah Diingat

Assalamualaikum wr wb

Wihiii, finally Blogger Perempuan ngadain challenge Ramadhan lagi. Lumayan banget ya buat mengisi ngabuburit sore hari. 

Nulis blog dengan tema yang membahagiakan, sekaligus baca-baca artikel punya teman dengan tema senada untuk menambah semangat.

Hari pertama BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2021 ini, temanya adalah arti nama blog. Wuah asyik nih. Saya bisa sharing mengenai alasan mengapa nama blog ini Halokakros. 

Selain itu saya juga akan sharing mengenai cara memilih nama blog yang mudah diingat serta rekomendasi nama blog aesthetic biar kekinian. Simak baik-baik ya.

Arti Nama Blog Halokakros

Blog saya ini namanya halokakros.com. Sederhana sekali. Hanya perpaduan antara 3 kata sederhana yaitu halo – kak – ros.

Dulu pengennya sih punya nama blog yang berdasarkan nama sendiri. Kan asyik ya. Contohnya kayak Mbak Shintaries dengan shintaries.com, Mbak Putri KPM dengan putrikpm.com, dan lainnya.

Kan sederhana banget ya. Hanya diambil dari namanya dan bisa menjadi personal branding tersendiri.

Lah kalau saya? Susah euy. Rhoshandhayani.com. Siapa orang yang mau susah-susah nulis nama blog dengan 3 huruf h dan dengan nama kuno yang jarang sekali ada. 

Guru dan dosen saya saja saat membaca nama saya di buku absen saja sering salah. Ya apalagi mengingat sebentar lalu menulis. 

Jadilah saya memutuskan nama yang simpel.

Kebetulan, teman-teman kuliah S1 saya dulu memanggil saya dengan sebutan Kak Ros. Iya, mereka suka-suka aja manggil Kak Ros biar lucu kayak kakaknya upin-ipin.

Jadilah saya berinisiatif untuk memilih nama Kak Ros sebagai nama blog. Tapi sayangnya kakros.com sudah ada yang punya. Dulu sempat punya, kakroos.com, ditambahin lagi huruf o-nya. Sayangnya saya juga harus repot-repot bilang “o-nya ada dua”.

Lalu domain itu berakhir karena saya tidak melakukan perpanjangan. Hahaha.

Sok ngide lah saya untuk mencari nama blog baru. Berbekal pertanyaan “apa ya nama blog yang mudah diingat?”

Lalu mencoba mencari satu kata baru yang sekiranya pas kalau disambungkan dengan kata Kak Ros. Beberapa list nama blog waktu itu:

  • Halo Kak Ros
  • Kata Kak Ros
  • Hai Kak Ros
  • Ini Kak Ros
  • Cerita Kak Ros
  • Diary Kak Ros

Lalu terpilihlah Halo Kak Ros sebagai nama blog kesayangan ini. Alasannya sederhana, karena kata halo sering digunakan saat menyapa seseorang.

Saya harap juga, teman-teman kalau menyapa saya jadi semakin lengkap “Halo Kak Ros, Yak apa kabarnya?” “Halo Kak Ros, wuih udah datang rek, yak apa blognya?”

Jadi, sapaan itu menunjukkan adanya hasil branding atas blog saya. Makanya, hingga saat ini saya tetap setia dengan nama blog halokakros.com

3 Tips Memilih Nama Blog yang Mudah Diingat

Berdasarkan pengalaman, saya akan sharing bagaimana cara memilih nama blog yang mudah diingat. Hal ini bertujuan agar personal branding kita semakin naik. Bonusnya, diingat sama Google!

1. Hindari Nama dan Ejaan yang Sulit

Seperti yang sudah saya contohkan pada kasus nama blog saya sendiri, hindari nama dan ejaan yang sulit. Gunakan nama yang sederhana saja. Kalau ada yang sulit dikit nggak masalah kok.

Nama blog yang sulit ini biasanya ciri-cirinya, terlalu banyak huruf konsonan yang berjejer atau terlalu banyak huruf konsonan yang sama. 

Misalkan. Nama aslinya Syakira Shanum. Lalu pengen banget punya blog namanya syakirashanum.com. Wuah bakalan susah banget ini. 

Orang-orang akan bingung membedakan kapan harus menulis sy dan sh. Khawatir nulisnya malah shakirasyanum.com. Lalu dicoba shakirashanum.com, syakirasyanum.com, sakirasanum.com, dan seterusnya hingga sebal dan memutuskan untuk tidak jadi membaca blog kita.

Kan sayang sekali bila hal ini terjadi. Jadi, jangan sampai kamu merepotkan orang lain yang dengan senang hati berkunjung ke blogmu dengan cara menulis alamat blogmu secara langsung.

Sederhanakan prosesnya, cara mengetiknya, supaya mereka lekas-lekas menyelami tulisanmu yang membahagiakan.

2. Jangan Terlalu Panjang

Kalau bikin nama blog, jangan terlalu panjang ya. Contoh yang panjang: amandasyalala.com, tamanbercerita.com, bukufavoritmanda.com, dan lainnya.

Terlalu panjang sayang. Sebaiknya, nama blog hanya terdiri dari 3-5 suku kata. Contoh: halokakros.com (4 suku kata), ruangbaca.com (4 suku kata), haikamu.com (3 suku kata).

Jadi, nama blog sangat ringkas, simpel dan padat. Mudah banget untuk diingat.

3. Hindari Kata yang umum

Ini juga perlu diperhatikan. Kalau yang nama blognya berdasarkan nama sendiri mah santai saja. Namun berbeda dengan orang yang namanya singkat dan pengen mengedepankan hal-hal lain tentang dirinya.

Misalkan tentang buku, contohnya bukunita.com. Tentang review-review film atau drama korea, contohnya nanareview.com atau bujangreview.com

Lain halnya kalau tidak menggunakan nama pribadi untuk nama blog, melainkan nama benda atau objek. Contohnya: tipstekno.com akan hampir sama dengan triktekno.com atau tipstechno.com

Sungguh itu nama yang pasaran dan sering membuat keliru. Jadinya, hindari kata umum yang bisa diplesetkan. Karena ramai sekali yang menggunakan nama itu.

Padahal kita butuh nama khusus yang spesial untuk meningkatkan personal branding kita.

Jadi, itulah ulasan panjang tentang arti nama blog sekaligus tips memilih nama blog yang mudah diingat. Hmm memilih nama blog yang aesthetic juga boleh, asalkan sederhana dan mudah diingat ya!

Pastikan kamu memilih nama website yang cakep dan pastikan beli di tempat yang terpercaya ya! Kalau kamu butuh rekomendasi nama website yang kece sekaligus membuat alamat domainnya, coba cek di Zyro. Di Zyro, kamu bisa buat domain gratis loh! 

Nggak percaya? Coba aja!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "Arti Nama Blog dan 5 Tips Memilih Nama Blog yang Mudah Diingat"

  1. Hola Kak Ros, lama kita tidak bikin sesuatu bareng2 ☺

    BalasHapus