Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips dan Panduan Mobile Legends Untuk Pemula Lengkap!

Kamu baru bermain Mobile Legends dan ingin segera memenangkan pertempuran? Kalau iya, maka kamu harus tahu cara bermain mobile legend profesional supaya tidak mudah mati.

Sebagai anak baru, kamu harus tahu bagaimana cara bermain mobile legends untuk pemula. Tenang saja, main ML ini mudah kok. Kamu hanya perlu menerapkan tips bermain mobile legend yang akan dijelaskan secara gambling di artikel ini.

Tak hanya itu, di artikel ini akan disebutkan beberapa rahasia alias trik ampuh supaya kamu bisa main Mobile Legends tak terkalahkan dan tidak mudah mati. Percaya deh. Baca sampai akhir.

Apa Itu Mobile Legends?

Namun sebelum mengetahui tips main Mobile Legends biar menang terus, seharusnya kamu memahami dulu dasar-dasar Mobile Legends. Salah satunya tentang penjelasan umum mengenai Mobile Legends.

Apa itu Mobile Legends? Mobile Legends adalah sebuah permainan gaming yang berisi pertempuran dan dimainkan oleh banyak pemain (multiplayer), yaitu 5 pemain melawan 5 pemain.

Mobile Legends ini makin digandrungi anak muda karena sudah masuk ke dalam kategori e-sports. Siapa duta Mobile Legends yang kalian kagumi? Jess No Limit? Oura?

Bagaimana Cara Instal Mobile Legends?

Kalau mau main Mobile Legends, pastikan kamu install dulu aplikasi Mobile Legends. Kamu bisa install di HP maupun di Laptop. Suka-suka kamu lah. 

Tapi tenang saja, Kak Ros tetap akan sharing bagaimana cara download ML di HP dan di Laptop. Simak baik-baik ya. Caranya gampang kok!

Cara Instal Mobile Legends di HP

Saat hendak menginstal ML di HP, pastikan kamu memahami bahwa spesifikasi HP-mu cocok untuk bermain ML. Tujuannya apa? Biar nggak ngelag saat main game. Atau justru malah bikin HP tambah lemot.

Pastikan bahwa HP yang kamu gunakan mempunyai kapasitas RAM 3 GB, memori internal 16 GB, jaringan internet 4G, dan menggunakan prosesor Quad Core.

Kalau spesifikasinya sudah sesuai standar, barulah kamu instal Mobile Legends di HP-mu. Ikuti langkah-langkah berikut ini yaaa.

  1. Buka aplikasi play store
  2. Klik pada search bar
  3. Ketik Mobile Legends pada search bar. Lalu akan tampil pilihan aplikasi yang bisa didownload, salah satunya Mobile Legends
  4. Pilih tombol instal untuk menginstal aplikasi Mobile Legends
  5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terpasang.

Yey, dan sekarang aplikasi ML telah terpasang di HP-mu. Langsung buka saja. Kini kamu bisa main Mobile Legends sepuasnya. 

Cara Instal Mobile Legends di PC

Nggak puas main ML di HP karena layarnya terlalu kecil? Tenang saja, kamu bisa instal Mobile Legends di PC kok. 

Tapi sebenarnya ML ini hanya bisa diinstal di HP dan ditujukan untuk penggunaan di HP. Namun nggak usah khawatir, masih ada banyak cara untuk mewujudkan keinginanmu yang pengen instal LM di PC.

Cara instal ML di PC mudah kok. Tapi membutuhkan pihak ketiga sih. Tapi tenang saja, nggak sulit kok. Kamu hanya perlu mengikuti cara-caranya berikut ini:

  1. Install emulator android di PC, contoh: Nox App Player
  2. Download aplikasi Mobile Legends lewat Google Play Store yang ada di Nox
  3. Lakukan setting atau pengaturan seperti arahan nomor 4 dst
  4. Masuklah ke dalam permainan ML terlebih dahulu. Kamu bisa pilih Ranked, Classic, atau Browl
  5. Cari menu Simulate Touch atau tekan ctrl+1 untuk memunculkan tombol-tombol permainan
  6. Aturlah tombol-tombol tersebut sesuai kebutuhan
  7. Klik OK

Yey, dan sekarang kamu sudah bisa main ML di PC. Asyik kan? Main ML memang lebih asyik sih kalau di PC/Laptop. Karena layarnya lebih luas dan lapang. Nggak bikin sakit mata karena tuntutan mata yang harus menyipitkan diri untuk fokus.

Sebaiknya kamu main Mobil Legends di PC kalau sedang penat main ML di HP. Atau ketika mata sedang Lelah namun kamu masih pengen banget main ML.

Namun pastikan kamu sering-sering main via HP saja ya. Menggunakan aplikasinya langsung tanpa pengembang pihak ketiga sungguh sangat menghargai si studio dan tim software developer.

Cara Mudah Beli Diamond MLBB

Di game MOBA ini, kurang seru kalau nggak upgrade skill, Hero, dan item lainnya. Kamu bisa loh upgrade senjata-senjatamu supaya bisa naik kelas dan mendapatkan keunggulan lebih.

Caranya gampang kok. Kamu tinggal top up diamond ML. Diamond adalah alat konversi uang di dunia ML. kamu harus membeli diamond dengan uang asli milik kita sehari-hari.

Lalu, di mana membeli diamond? Apakah di toko-toko terdekat ada yang jual?

Tidak sayang. Diamond ini spesial. Hanya dijual di toko-toko tertentu dengan pembayaran tertentu.

Supaya kamu nggak bingung bagaimana cara membeli Diamond paling mudah, berikut ini Kak Ros share bagaimana cara mudah beli diamond MLBB:

  1. Buka halaman top up diamond ML di UniPin
  2. Masukkan ID pengguna kamu dan masukkan juga ID zona kamu
  3. Pilih jumlah diamond yang henda dibeli. Sesuaikan dengan kebutuhan
  4. Pilih cara pembayaran yang paling mudah (bisa bayar pakai Pulsa XL, Telkomsel, IM3, Tri, bayar di Indomaret, ALfamart, pembayaran online pakai OVO, DANA, dan lainnya)
  5. Transaksi selesai, maka diamond sudah masuk ke akunmu.

Yey! Silakan bermain! Diamond sudah berada di dalam genggamanmu dan sekarang kamu bebas mau belanja apa saja di Mobile Legends.

5 Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula Tak Terkalahkan

Kalau kamu sudah tahu apa itu Mobile Legends, sudah tahu bagaimana cara instal Mobile Legends, nah sekarang kamu sudah bersiap untuk menjadi petarung pemula yang tak boleh diabaikan.

Meskipun pemula, kamu juga bisa memenangkan pertempuran. Asalkan kamu sudah tahu dasar-dasarnya, cara memainkannya, cara memilih Hero yang tepat dan tau trik-triknya.

Supaya tidak buang-buang waktu dan tenaga karena kalah mulu main ML, sebaiknya kamu pelajari dulu cara main Mobile Legends untuk pemula supaya tak terkalahkan. 

Berikut ini dibocorkan rahasia dan tips main Mobile Legends untuk pemula supaya bisa menang. Simak dan perhatikan baik-baik yaa.

1. Pelajari Tentang Hero ML

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari tentang Hero Mobile Legends. Hero adalah karakter yang mewakili jati dirimu untuk bermain di medan pertempuran.

Pastikan kamu memilih Hero yang tepat, yang kamu suka, dan yang kelebihan + kekurangannya telah kamu kuasai.

Saat memilih Hero, pastikan kamu cari tahu terlebih dahulu bagaimana seluk beluknya. Mulai dari kisahnya, kelemahan dan kelebihan, skill, hingga build item yang cocok untuk hero incaranmu.

Sebelum memilih Hero, pastikan kamu tahu beberapa jenis Hero. Jenis-jenis Hero ini memiliki kelompok atau kehebatannya masing-masing. Jadi kamu bisa lebih terarah mau pakai Hero yang mana.

  • Hero tank: Akai, Johnson, Gatotkaca
  • Hero fighter: X.Borg, Zilong, Bane
  • Hero assassin: Hayabusa, Karina, Selena
  • Hero mage, Esmeralda, Alice, Aurora
  • Hero marksman: Bruno, Karrie, Hanabi
  • Hero support: Estes, Diggie, Lolita

Di antara hero-hero tersebut, ada juga Hero yang berperan ganda. Contohnya Hero Esmeralda yang memiliki peran sebagai hero mage dan juga hero tank.

Tips Memilih Hero Mobile Legends Supaya Nggak Salah Pilih

Btw, supaya kamu nggak salah dalam memilih Hero, Kak Ros akan sharing nih, bagaimana cara memilih Hero supaya nggak pilih. Langsung saja, ini dia tipsnya:

  1. Cari referensi Hero dari pro player favoritmu
  2. Kenali jenis Hero-mu. Apakah hero tanker, fighter, assassin, mage, marksman, atau support?
  3. Pahami kekuatan Hero-mu dan pikirkanlah bagaimana cara memaksimalkan kelebihannya
  4. Ketahui kekurangan Hero-mu dan bersiaplah untuk mengatasi kekurangannya
  5. Jangan lewatkan skin hero untuk menambah physical attack, HP, atau defense
  6. Gunakan practice mode untuk bereksperimen mengatur berbagai parameter seperti jumlah gold, musuh, level dan bebas mengatur aneka scenario yang mungkin akan dihadapi

2. Pelajari Istilah Mobile Legends

Mobile Legends ini adalah permainan online yang cukup berbeda dari game-game lainnya. Jangan kaget bila akan ada banyak istilah yang belum kamu kenal. Kamu hanya perlu mempelajarinya dan menghafalkannya.

Berikut ini adalah 15 istilah Mobile Legends yang sering keluar dan harus kamu hafalkan supaya kamu nggak jadi newbie yang parah banget saat main ML.

  • AFK (Away from Keyboard) = pemain sedang tidak ada di depan kendali
  • DC (Disconnect) = pemain sedang tidak terhubung atau pemain yang mau keluar dari game saat game sedang berjalan
  • Buff = status tambahan yang harus dimiliki Hero
  • Early game = pertandingan pada menit ke-0 hingga menit ke-3
  • Mid game = pertandingan pada menit ke-4 hingga ke-10
  • Late game = pertandingan lebih dari menit ke-10 sampai selesainya pertandingan
  • Ganking = inisiasi untuk membunuh satu atau 2 musuh yang tidak dijaga oleh tank lawan
  • Farming = proses mencari gold, baik dari jungle atau menculik musuh yang melakukan kesalahan
  • Pushing = mendorong agro minion di lane untuk menghancurkan benteng terakhir musuh
  • Feeder = momen saat rekan tim memberi kesempatan musuh untuk berkembang melalui torehan gold dari kill dan assist yang lawan dapatkan
  • Minion = sumber bantuan untuk mendorong tower, memberikan damage tambahan dan membuka map
  • Turtle = sumber uang yang sangat besar dan berdampak ke seluruh tim
  • Lord = kunci kemenangan dan bisa membalikkan keadaan ketika kalah
  • Talent = bonus skill pasif yang didapatkan dari beberapa emblem yang tersedia
  • Build = urutan item atau gameplay yang ditentukan berdasarkan strategi

Itulah 15 istilah umum yang sering digunakan saat bermain Mobile Legends. Jadi, kamu nggak akan gagu atau terbengong-bengong dengan istilah-istilah saat kamu baru saja bermain Mobile Legends.

3. Pelajari Kombinasi Item MLBB

Kalau sudah punya Hero, jangan sampai kamu nggak bisa memanfaatkan kelebihannya untuk bertempur melawan musuh dong. Kamu harus memahami item-item Mobile Legends.

Sebab, setiap Hero butuh item gear yang tepat supaya dapat bertempur maksimal di medan perang. Dengan memilih item yang tepat, maka dijamin kamu bisa memenangkan pertandingan.

Item-Item MLBB yang Harus Kamu Pilih

Berikut ini adalah daftar singkat mengenai item-item di MLBB yang harus kamu kuasai:

  • Sea Helberd = basic attack yang bisa mengurangi HP regen dan shield milik lawan
  • Rose Gold Meteor = berguna untuk memperoleh shield besar sementara waktu
  • Hunter Strike = mendapatkan movement speed ekstra setelah eksekusi 5 kali basic attack ke lawan
  • Genius Wand = mengurangi magic defense lawan
  • Clock of Destiny = menambah HP dan magic power
  • Calamity Reaper = basic attack ke lawan akan lebih sakit dan telak
  • Twilight Armor = anti damage burst sehingga HP Hero bisa habis dengan cepat
  • Immortality = saat Heromu mati, bisa hidup Kembali dan langsung punya shield
  • Oracle – menaikkan HP regen dan shield Hero
  • Rapid boots = movement speed Heromu lebih cepat
  • Arcane Boots = meningkatkan magic damage Hero
  • Swift Boots = meningkatkan attack speed Hero

Itulah item-item yang bisa kamu manfaatkan supaya Heromu punya peluang menang lebih besar. Manfaatkan saja semaksimal mungkin.

Lakukan Kombinasi Item Biar Peluang Menang Makin Besar

Kabar baiknya, item-item tersebut nggak harus bekerja sendiri loh. Beberapa item dapat dikombinasikan dan dimainkan sekaligus. Jadi, peluang kemenanganmu semakin besar.

Berikut ini adalah kombinasi item MLBB yang bisa membuat peluang menangmu semakin besar. Coba aja deh kalau nggak percaya!

  1. Endless Battle + Blade of Despair = semua Hero physical mampu memakainya dan memberi extra damage pada lawan
  2. Glowing Wand + Ice Queen Wand + Genius Wand = cocok untuk Hero Mage Support yang dapat membuat hero lawan terbakar setiap detik, mengurangi movement speed lawan dan magic defense lawan
  3. Queen’s Wings + Rose Gold Meteor = favorit Hero Assassin, Marksman dan Fighter karena bisa bikin Hero susah di-kill walau HP sekarat
  4. Scarlett Phantom + Berseker’s Fury = andalan Hero Marksman ini mampu membuat basic attack jadi critical sampai meningkat tajam hingga sakit parah
  5. Clock of Destiny + Lightning Truncheon = andalan Hero Marge karena dapat menambah HP dan magic power serta mengeluarkan splash ke lawan dan menyapu bersih minion wave dalam 1 kali skill.

Itulah 5 contoh item kombinasi di Mobile Legends yang bisa kamu gunakan. Pelajari saja dan cari tahu bagaimana hasil dari mengombinasika item-item yang ada. Nanti kamu akan tahu mana kombinasi item yang berdamage besar buatmu.

4. Gunakan Starlight Member MLBB

Kalau sudah masuk ke dalam game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti Mobile Legends ini, pasti kamu akan tenggelam ke dalamnya dan candu untuk meningkatkan skill guna memenangkan pertempuran.

Kalau sudah tenggelam terlalu dalam, mendingan sekalian jadi member. Manfaatkan saja Starlight Member, sebuah fitur keanggotan khusus yang bisa diakses dengan berlangganan secara bulanan.

Keuntungan Menjadi Starlight Member di Mobile Legends

Dalam paket pembelian ini, kamu dapat menikmati banyak keuntungan. Apa saja keuntungannya? Berikut ini adalah keuntungan menjadi Starlight Member di Mobile Legends.

  1. Kamu bisa menggunakan skin eksklusif yang berbeda setiap bulan secara gratis dan bersifat permanen sehingga bisa dipakai selamanya
  2. Kamu bisa tampil beda melalui border atau bingkai khusus avatar gratis setiap bulan, sekaligus dipandang keren karena akunmu premium
  3. Kamu mendapat kemudahan untuk mengantongi Battle Points (BP) 5% dalam waktu singkat
  4. Kamu mendapat tambahan hero gratis hingga 6 karakter yang bisa dipakai dalam mode Classic atau Ranked
  5. Kamu bisa lebih cepat naik nevel saat bermain dalam durasi waktu panjang
  6. Kamu mendapatkan poin tambahan yaitu 30% mastery points dan 10% EXP di setiap permainan
  7. Kamu mendapatkan efek khusus sebagai Starlight Member saat recall dan spawn
  8. Kamu akan mendapatkan hadiah menarik setiap minggu seperti Normal Emblem Pack, Small Horn, dan Double BP Card.

5. Terus Berlatih dan Tingkatkan Skill

Ini nih, tips terakhir yang harus kamu lakukan. Kamu harus terus berlatih dan meningkatkan skill setiap hari kalau memang ingin menjadi pro-player.

Setelah pulang sekolah, kamu bisa memanfaatkan waktu 2 jam-mu untuk berlatih bertempur main Mobile Legends. Lakukan setiap hari, namun hanya dengan durasi waktu 2 jam saja.

Bukan jumlah durasi waktunya yang menjadi prioritas untuk seorang pro-player, namun kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu sebaik mungkin. 

Dalam waktu singkat, kamu harus jeli, cermat, dan cerdas dalam menentukan taktik pertempuran untuk memenangkan pertandingan.

Jadi, terapkan 5 tips main Mobile Legends yang sudah Kak Ros share di atas. Semoga panduan bermain Mobile Legends untuk pemula ini bermanfaat ya untuk kamu.

Selamat berjuang!


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

28 komentar untuk "5 Tips dan Panduan Mobile Legends Untuk Pemula Lengkap!"

  1. Nah ini nih yang gw cari. Panduan main ML secara beneran. Soalnya cm gw doank di kantor yang ga main ML. Padahal hape udah pny RAM8. Cocok banget buat ngelawan enemy has been slain. Hahaha..

    BalasHapus
  2. Wah wah wah, Mobile Legends yaa. Coba install dulu deh langsung dipraktekan tips-tips dari artikel ini. Biar gak kalah sama anak2 tetangga yang jago main ML ini.

    BalasHapus
  3. Sebelum nikah saya pemain ML mba hahaha, walaupun cuma seru seruan dan gk ngejar ranked. Skrg udh gk pernah lg krna disibukkan sma anak. Tp adik aq tuh trus mainin in smpe buat fp (Ainhy)

    BalasHapus
  4. Banyak juga strategi buat main ML ini ya, pantes sih rasanya banyak sekali aneka permainan yang ada di ML ini sampai suka pada mabar. Aku sendiri blm pernah menemui orang main ML di PC secara nyata, palingan di youtuber gamer2 itu dan terlihat lebih seru sih

    BalasHapus
  5. bagi pemain baru mobile legend emang perlu nih dipelajari biar pada saat maen online ngga kagok maennya apa dan istilahnya apa aja hehehe

    BalasHapus
  6. Saya ini hobi main game, tapi belum pernah main ML. Cuma liatin anak saya yang kalau mabar serunya melebihi stadion bola. Berisiknya luar biasa kalau lagi mabar. Sepertinya seru sekali ya.

    Nanti kalau beliau mabar lagi, coba deh saya kasih tips keren dari artikel berbobot dari blog kece badai ini deh. Soalnya keliatan beliau cukup kewalahan ngadepin musuh, hahaha.. Aya aya wae nya bocah zaman now.

    Terima kasih banyak atas sharingnya, super keren ih

    BalasHapus
  7. Daku pernah ini diajak Mabar Mobile Legend, tapi karena belum instal aplikasinya dan belum paham jadilah ambyar hihi. Padahal ini seru juga kalau meliaht temen daku itu main

    BalasHapus
  8. Ulasan yang sangat komplit mengenai mobile legend nih. Dan aku hanya terkagum-kagum karena gak ngerti blas tentang game ini. Padahal suami dan adik-adik saya sekali mereka battle bareng di game.

    BalasHapus
  9. Keren ulasannya, Mbak. Lengkap sekali dan pas untuk pemula. Kebetulan saya belum instal dan belum pernah main mobile legends ini. Tapi tertarik juga ya, karena sudah mengarah ke E-sport.

    BalasHapus
  10. Anakku sih yg hobi ngegame. Aku engga terlalu tahu dia ngegame apa yang favorit. Tapi aku sering denger sih obrolan tentang ML ini. Kayaknya emang legend yah...

    BalasHapus
  11. Mobile Legend game ini ramai banget dimainkan ya mba apalagi sama anak-anak. Wajib baca ini bagi mereka yang suka game ML ini.

    BalasHapus
  12. Pantesan ponakanku sering merengek minta ditraktirin diamond Mobile Legends, ternyata bisa di top up di mana-mana yak? ^^ Lengkap banget nih buat pemula yang baru mau main Mobile Legends. Kalau tante-tante kayak aku mainnya Talking Tom aja deh sekalian main sama ponakan yang bayi. hahahaha

    BalasHapus
  13. Anakku yg remaja nih yang kadang main mobile legend kalau senggang. AKu sih lihat aja soalnya gak begitu ngerti. Baca panduan ini jadi lebih ngerti deh sekarang

    BalasHapus
  14. Sebenarnya tertarik sekali main Mobile Legend, apalagi suami aku juga seneng banget sama game satu ini. Ngebayangin bisa mabar kayanya seruuu. Cuma ... takut kali bakal ketagihan xD

    BalasHapus
  15. wooow banyak jugaa ya hal-hal/istilah yang harus dipelajari sebelum main ML ini, kirain main gitu ajaa heheh.
    saudara-saudaraku yang cowok paling hobi nih mabar ML, jadi heboh kalau mereka udah mabar walau pada berjauhan.

    BalasHapus
  16. Wuih keren sekali Kak Ros panduannya lengkap. Berhubung aku nggak main game dan anak-anakku nggak kenal ML, kushare ke adik2 sepupu yang biasanya ngegame aja deh :)

    BalasHapus
  17. Belum pernah main mobile legends, tahu game ini dari adik yang suka main dan anak yang merengek minta diinstallin game ini, baca ulasan ininternyata main ML seru ya

    BalasHapus
  18. Wah, ini game yang populer banget yaaa. Panduannya lengkap banget nih, Kak Ros. Anak-anakku dan sepupu-sepupunya nggak main game ini sih tapi anak-anaknya temen banyak yang main. Jadi emak-emaknya pun suka kepo pengen tahu cara main game Mobile Legend. Nanti aku share artikel ini ke mereka. Biar bisa ngikutin kalau anak-anaknya main.

    BalasHapus
  19. aku terus terang bukan anak gamer, tapi kudu tahu sih Mobile Legends atau ML ini. Biar bisa dampingi anak-anak kalau mereka mau main. dengan tips dari Kak Rhos, bikin praktis pas main. Thx, Kak!

    BalasHapus
  20. Jujurly sih aku pusing kalau ngikutin game kesukaan anak-anak seusia anakku ini. Tapi ya ... buat pengetahuan umum sih, biar nyambung kalo ngobrol.

    BalasHapus
  21. Ini sih suamiku yang doyan main Mobile Legend. Bahkan sekarang anak2 ikutan main sesekalim hmmm... Entah kenapa mereka suka.kl kata suaki sih, buat refreshing aja setelah bejibaku sama pekerjaannya. Hehe

    BalasHapus
  22. Permainan mobile legends ini jadi game favorit anak saya beberapa bulan yang lalu. Kalau sudah main mobile legends dia serius sekali, deh! Sampai kalau ditanya gak ngedengerin hihihi

    BalasHapus
  23. Aku bukan penikmat game nih, jd beberapa istilah di atas banyak yang baru dan jadi pengetahuan buatku. Ternyata ya, main game itu perlu strategi. Makanya banyak yg seneng mainin game ini. Kayaknya seru.

    BalasHapus
  24. cocok kayaknya buat aku. Aku sih belum pernah main mobile legends dan baru mau nyobain gamenya. Katanya seru banget ya

    BalasHapus
  25. Pas nih buat saya yang baru mau kenalan dengan Mobile Legend
    Bakalan bisa ga ya ikutin langkahnya di atas
    Ini sambil saya amati dan catat

    BalasHapus
  26. Wiiiih, kak ros main ML juga?
    Aku dari dulu gak pernah mudeng main game ini. Gatot terus 😂

    BalasHapus
  27. Aku suka main game, tapi belum pernah main yg kayak Mobile Legends, padahal populer ya. Hp aja RAM-nya kurang dari 3 Giga, ya melipir aja deh, heu

    BalasHapus
  28. Wah main ML juga nih mbaknya? Keren dong. Mabar bisa kali mbak 😁

    BalasHapus