Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fakta dan Tantangan Berbisnis Kuliner dengan Dark Kitchen di Indonesia

Assalamualaikum  wr wb

Akhir-akhir ini lagi tren dark kitchen. Apa itu dark kitchen? Tenang, bukan dapur gelap yang kita memasak di bawah remang-remang.

Dark kitchen adalah dapur yang dipakai bersama untuk membuat produk makanan kita dan terpisah dari arena pembelian dan penjualan. Jadi, dark kitchen adalah dapur yang memang dibuat khusus untuk memasak dan melayani layanan pesan antar makanan.

Sesuai dengan namanya, dapur tipe ini merupakan dapur yang difungsikan secara maksimal hanya untuk memasak. Kamu tidak akan menemukan bangku, tempat untuk makan pelanggan, ruang untuk melakukan meeting dan sebagainya. Jadi kamu akan fokus memasak.

Ketahui Fakta dan Tantangan Menggunakan Dark Kitchen

Kalau kamu tertarik dengan jenis dapur dark kitchen ini untuk ekspansi bisnis kuliner, ada baiknya kamu mengentahui fakta dan tantangan berbisnis kuliner dengan dark kitchen ini.

Kamu yang tertarik menggunakan tipe dapur ini untuk ekspansi bisnis kuliner, akan lebih baik bila kamu mengetahui berbagai fakta dan tantangan menggunakannya. 

1. Awal Mula Dark Kitchen

Tipe dapur model ini bukanlah barang baru di dunia kuliner. Ternyata konsepnya telah ditemukan sejak tahun 2003 di India. Kemudian ia menyebar ke berbagai negara lain karena menjadi bisnis menarik yang bisa dikembangkan. Apalagi ia bisa membantu pelaku kuliner menjangkau konsumen lebih besar. 

Konsepnya mirip dengan pujasera, hanya saja dalam bentuk dapur. Dalam 1 gedung, ada banyak dapur yang bisa digunakan oleh berbagai orang yang sudah menyewa. 

Konsep ini cocok dengan para pebisnis yang menjual makanan secara online (tanpa membuka gerai) dan menghendaki dapur terpisah dari rumahnya. Kalau sewa di sini, seluruh peralatan dapur telah dilengkapi sesuai kebutuhan.

2. Keuntungan Menggunakan Cloud Kitchen

Dengan menggunakan dark kitchen, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 3 keuntungan bila kamu menggunakan cloud kitchen.

a. Modal Minim

Daripada kamu membangun toko atau cabang baru dari awal, lebih baik kamu fokus ke penjualan online dan gunakan dark kitchen yang dijamin bersih. Sebab biaya sewa yang diberikan jauh lebih rendah daripada membangun dapur beserta kafenya. Toh peralatan dapurnya sudah lengkap dan bisa digunakan secara maksimal. 

b. Mendongkrak Usaha Kuliner yang Baru Berkembang

Dark kitchen cocok untuk pelaku usaha yang baru mengembangkan bisnis kuliner. Hal ini dikarenakan penggunakan dark kitchen dapat menekan biaya hingga nominal yang cukup besar. 

Tentunya konsep ini cocok banget untuk =mu yang fokus mengembangkan bisnis kuliner onlinemu. Toh kita sama-sama tahu bahwa orang-orang lebih suka jajan online daripada makan di tempat.

c. Kebersihan Terjamin

Karena digunakan secara kolektif, kebersihan tentu menjadi aspek penting yang pastidiperhatikan. Di dark kitchen, sistem kebersihan dikontrol erat oleh pegawai dan antar juru masak. Jadi kebersihan pasti terjamin.

Bahkan ada layanan tambahan untuk kebersihan loh di dark kitchen. Jadi kamu nggak usah repot-repot memikirkan kebersihan dapur setiap harinya. Kamu cukup fokus dengan penyajian makanan yang harus higienis.

3. Tantangan Menggunakan Dark Kitchen 

Menggunakan dark kitchen ini seru-seru gemas loh. Sama seperti bisnis lainnya, ada berbagai tantangan yang harus siap kamu hadapi. Termasuk dalam halnya dark kitchen, ada tantangan gemas yang harus bisa kita taklukkan. Apa sajakah itu?

a. Jaga Resep dari Kompetitor

Ini kan konsepnya dapur bersama atau kolektif. Ada beberapa dapur yang bersebalahan dengan dapur kita. Jadi pastikan resep makanan yang kita punya tidak diintip oleh dapur sebelah yang merupakan kompetitor.

Jadi, saat memasak pastikan kamu menjaga resep baik-baik. Untuk bumbu rahasia, kamu bisa meletakkannya di tempat terpisah. Bahkan kalau perlu diletakkan di brankas biar nggak ada yang mencuri sewaktu-waktu.

b. Buatlah Makanan yang Unik 

Bisnis kuliner biasanya memiliki kemiripan jenis makanan antara satu dengan yang lain. Agar usaha kulinermu tetap bertahan, ada baiknya kamu melakukan modifikasi resep. 

Terapkan rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Modifikasilah makananmu. Entah dengan cara apa, yang penting masuk akal. Jadi para pelanggan lebih ngeh dan notice tentang makanan yang kamu jual. 

Itulah fakta tentang dark kitchen yang harus kamu tahu beserta tantangannya yang harus kamu taklukkan. Kalau kamu tertarik menggunakan jenis dapur bersama ini, gunakan saja jasa everplate.co.id yang menyediakan dapur dan peralatan memasak yang lengkap. 

Yakin deh, kalau kamu fokus dengan penjualan online dan menyajikan makanan yang enak + higienis, maka bisnis kulinermu akan merangkak naik. Sebab hari ini orang-orang tidak hanya peduli pada kelezatan makanannya, melainkan juga kepada kehigienisan makanan yang disajikan. 

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "3 Fakta dan Tantangan Berbisnis Kuliner dengan Dark Kitchen di Indonesia"