Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Penyebab dan Dampak Stres Bagi Kesehatan Tubuh

Assalamualaikum wr wb

Hayoo, siapa di antara kalian yang sering stres? Tenang saja, stres itu wajar dan normal kok. Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi suatu ancaman, tekanan, ataupun perubahan. 

Stres bisa juga dipicu oleh situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa gugup, putus asa, marah ataupun bersemangat. Stres tidak bisa dianggap remeh karena dampak stres bisa berakibat buruk untuk kesehatan. 

dampak stress

Stres bisa diderita oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami stres, seperti adanya beban di tempat kerja, bertengkar dengan pasangan, akan menghadapi wawancara pekerjaan, tidak memiliki pekerjaan, menderita suatu penyakit, dan lain sebagainya. 

6 Dampak Stres Bagi Kesehatan 

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, bahwa stress tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab, ada dampak stress bagi kesehatan yang harus diwaspadai. Diantaranya adalah: 

1. Sakit Kepala

Jika Anda sedang stres bisa memberikan dampak bagi kesehatan, salah satu dampaknya yaitu sakit kepala dan juga migrain. Sakit kepala yang dirasakan diakibatkan oleh otot-otot di kepala, leher dan juga bahu menjadi tegang.

Sakit kepala dan migrain bisa diatasi dengan melakukan berbagai teknik relaksasi supaya tubuh menjadi rileks.

2. Diare atau Sembelit dan Sakit Perut

Terlalu sering stres akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi menutup. Kondisi ini akan menyebabkan diare atau konstipasi. Selain itu, stres juga akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap suatu nutrisi. 

Ternyata ada hubungan antara stres dan irritable bowel syndrome (IBS) yang menyebabkan kram, sakit perut, diare dan konstipasi. 

Tidak hanya itu, stres ringan yang dirasakan bisa saja tidak memunculkan gejala sakit perut. Namun, jika stres yang dialami cukup berat akan mengakibatkan sakit perut dan mual-mual. Kondisi ini disebabkan karena tubuh bisa memperlambat ataupun menghentikan sistem pencernaan tubuh.

3. Refluks Asam Lambung

Dampak stres bagi kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mulas dan refluks asam lambung. Penyebab asam lambung naik adalah adanya ketegangan otot pita melingkar yang ada di bagian bawah kerongkongan. 

Otot ini disebut juga dengan sfingter esofagus. Ketika Anda menelan makanan, maka otot ini akan rileks dan proses menelan makanan berjalan normal. 

Namun, jika otot sfingter esofagus mengalami gangguan atau sedang melemah, asam lambung bisa kembali naik ke bagian kerongkongan dan berakibat pada iritasi dan juga radang. 

Apabila kondisi ini tidak segera diobati akan menyebabkan luka jaringan perut pada lambung. 

4. Siklus Menstruasi Terganggu

Efek yang dirasakan wanita ketika sedang stres salah satunya adalah siklus menstruasi terganggu. Dimana siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan membuat menstruasi menjadi terlambat ataupun sakit. 

Selain itu, stres juga bisa mengakibatkan masa PMS mejadi semakin buruk, seperti menimbulkan kram sebelum menstruasi dan mood yang berubah.

5. Masalah Pernapasan

Ketika Anda sedang stres maka nafas akan semakin cepat dan juga berat. Kondisi ini akan menjadi masalah jika sebelumnya memiliki riwayat asma atau penyakit paru-paru, seperti emfisema. 

Dengan keadaan bahwa penyakit ini akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam paru-paru.

6. Diabetes

Siapa sangka ternyata stres juga bisa menyebabkan diabetes. Hal ini dikarenakan saat seseorang sedang stres liver akan melepaskan glukosa atau gula darah secara berlebihan ke dalam darah. 

Kondisi ini bisa memicu diabetes jika Anda memiliki berat badan berlebih (obesitas) atau memiliki risiko obesitas. Masalah ini bisa diatasi dengan cara mengelola stres supaya gula darah dalam tubuh terkontrol. 

Itulah informasi tentang penyebab dan dampak stres bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya, stress bisa terjadi pada siapa saja dan bisa memberikan efek yang buruk untuk kesehatan. 

Maka dari itu, jika memang sudah merasakan tanda stress dan tekanan yang berlebihan, Anda dianjurkan untuk segera mengelola stress tersebut dengan baik agar kesehatan tidak terganggu.


Posting Komentar untuk "Pahami Penyebab dan Dampak Stres Bagi Kesehatan Tubuh"