Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Traveling Mudah di Masa Pandemi

Hai, apa kabar? Semoga dalam kondisi sehat ya! Kondisi pandemi membuat banyak aktivitas luar ruangan seperti bekerja, sekolah, dan juga traveling atau bepergian mau tidak mau harus dibatasi. Ternyata, rindu juga ya dengan aktivitas di luar rumah? Apalagi untuk kamu yang terbiasa aktif berkegiatan di luar rumah, pasti sangat bosan dengan pembatasan ini. 

Di sisi lain, kamu tetap membutuhkan refreshing agar imun tubuhmu tetap terjaga. Namun, apakah mungkin traveling di masa pandemi? Jawabannya sangat mungkin kalau kamu telah mempersiapkan rencana traveling dan melakukan protokol kesehatan (prokes) dengan baik. 


Tips Travelling Saat Pandemi

Namun, traveling di masa pandemi sepertinya bukan hal yang utama. Kamu perlu sabar dan mengutamakan persiapannya dulu, kemudian eksekusi persiapan traveling kamu setelah kondisi pandemi ini membaik ya! Kamu bisa melakukan traveling dengan mudah di masa pandemi ini dengan tips dan aplikasi bantuan sebagai berikut:

1. Selalu Update Peraturan Terbaru

Tips pertama sebagai traveler yang bijak, kamu perlu terus update dengan peraturan bepergian selama pandemi karena kekebijakan yang dikeluarkan pemerintah sangat sering berubah dalam rangka mencegah dan memutus rantai Covid-19.

Terdapat banyak info grafis dan video yang tersebar luas di media sosial atau massa setiap ada penerbitan kebijakan baru. Supaya tidak terlewat dengan informasinya, kamu perlu menyimpannya!

Kamu bisa menggunakan Twitter downloader untuk menyimpan informasi yang kamu butuhkan. Kenapa Twitter? Karena Twitter adalah media sosial yang sangat digemari warganet dari berbagai generasi dan biasanya banyak informasi tersebar cepat dan viral melalui Twitter. 

Cara mudah menyimpan informasi dari Twitter yaitu menggunakan Twitter downloader. Kamu bisa download video Twitter, audio, foto, GIF, hingga teks thread atau quote dari Twitter dengan menggunakan Ahasave Twitter Downloader. 

Twitter downloader ini juga peduli dengan kesehatan mata penggunanya, terlihat dari fitur dark mode yang disediakan.

Cara penggunaan Twitter downloader ini juga mudah. Pilih konten dari Twitter yang ingin kamu unduh, lalu klik menu “Bagikan Tweet dengan” dan pilih aplikasi AhaSave, tekan opsi download. 

Cara praktis dan aman lainnya yaitu kamu hanya perlu salin link yang ingin kamu unduh, kemudian tempel link Twitter ke aplikasi AhaSave, dan konten yang kamu inginkanpun akan terunduh otomatis

Kamu juga jadi bisa lebih hemat kuota karena kamu bisa melihat atau memutar konten yang kamu inginkan secara offline.

2. Buat List Tempat-tempat yang Ingin Kamu Kunjungi 

Tips berikutnya dalah mencari tahu tempat yang kamu suka dan buatlah list atau daftar tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Dengan membuat list, kamu bisa sekalian melakukan riset kecil-kecilan untuk tempat yang ingin kamu kunjungi. Entah itu tempat beriklim tropis, subtropis, di Indonesia atau di luar negeri. 

Namun, ada baiknya di masa pandemi ini kamu berwisata di dalam negara atau daerah terdekat saja. Selain mencegah penyebaran virus, kamu juga bisa membantu UMKM di daerah yang akan kamu kunjungi.

Membuat list tempat yang ingin dikunjungi adalah hal sederhana yang tidak dapat disepelekan lho! Menurut penelitian, menulis impian atau hal apapun yang disukai membuat kamu lebih berpeluang untuk mewujudkannya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Evernote sebagai media mencatatmu.  Evernote bisa kamu gunakan di smartphone atau PC kamu. Kamu bisa bukan hanya catatan berupa teks saja, tapi juga foto, file dan daftar tugas. 

Selain itu terdapat fitur menarik yaitu Evernote's Web Clipper yang memungkinkan kamu menyimpan dan membuat anotasi halaman web, gambar, dan PDF. Dan masih banyak lagi yang bisa kamu eksplor dari digital note ini!

3. Tentukan Itenerary dengan Matang

Tips ketiga adalah menentukan itenerary atau rencana perjalanan. Itenerary sudah menjadi hal lazim dan wajib bagi para traveler. Hal ini dilakukan untuk menghindari kamu dari over budget dan melancong kehilangan arah. 

Itnerary mencakup tempat tinggal entah di hotel, hostel, atau villa. Selanjutnya, transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju tempat tersebut dan kembali pulang. Terakhir, budgeting atau pembiayaan yang harus dikeluarkan untuk mencapai semua rencana di atas.


Tidak perlu repot membuat itenerary secara konvensional, karena di era digital ini kamu bisa membuat beragam rencana perjalanan hanya menggunakan HP kamu! Kamu bisa mengunduh aplikasi TripIt untuk membantumu merancangkan segala hal tentang traveling dengan detail dan mudah.

Kamu bisa memesan penerbangan, hotel, mobil, atau reservasi lainnya, dan Triplt akan langsung menambahkannya ke rencana perjalanan utama serta mempermudah sinkronisasi rencana perjalanan ke kalender kamu. 

Terdapat fitur menarik lainnya yaitu Destination-Specific Guidance and Safety Scores yang berfungsi informasi persyaratan khusus tujuan, dan aman tidaknya suatu tempat yang akan kamu kunjungi yang dapat diakses. Selain itu, terdapat fitur Road Trips TripIt yang membantu kamu teratur dan memplot seluruh perjalanan kamu di peta, dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba!

4. Identifikasi Zona yang Ingin Kamu Kunjungi

Di masa pandemi seperti sekarang kamu tak bisa melancong seenaknya. Kamu perlu mengetahui apakah tempat yang ingin kamu kunjungi aman agar menghindari kamu dari penularan bahaya Covid-19.

Kamu bisa melacak zona daerah yang ingin kamu kunjungi dengan aplikasi Pedulilindungi. Pedulilindungi memiliki fitur tracking yang berfungsi melacak orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang terjangkit COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan) dalam 14 terakhir. Hal ini membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Kamu juga akan diberi peringatan oleh petugas kesehatan jika kamu pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP.

Selain dapat melacak zona merah suatu daerah, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menunjukkan sertifikat vaksin karena akhir-akhir ini vaksin menjadi bukti penting administrasi perjalanan. Jadi, kamu bisa bepergian dengan praktis dan tetap menaati peraturan yang berlaku serta prokes dengan ketat.

5. Pergi dengan Nyaman, Pulang dengan Selamat!

Tips terakhir, selalu gunakan masker, hand sanitizer setelah menyentuh sesuatu, dan tidak berkerumun. Dengan begitu kamu bisa pergi dengan nyaman dan pulang dengan selamat. Utamakan kesehatan dan lakukan traveling jika pandemi telah berangsur membaik ya! 

Persiapan yang matang untuk bepergian adalah kunci dari kenyamanan dan keselamatan bepergianmu. Selain itu, kamu bisa menghemat uang lebih banyak dengan tidak menggunakan tour guide mahal, apalagi jika kamu menetapkan suatu budget yang ketat. 

Ketika kamu well-prepared dengan tips beserta aplikasi yang bisa membantu di atas, kamu bisa bepergian kemanapun, kapanpun, dengan siapapun dengan sangat praktis dan menyenangkan. Tetap jaga kesehatan dan bahagia ya!


-Guest Post by Vilia-

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "5 Tips Traveling Mudah di Masa Pandemi"

  1. Amazing! I know nothing about traveling all over the country, what a wonderful looking place to explore.

    Visit website: "https://www.ridetransferdirect.com/".

    BalasHapus