Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Dapat Uang Tambahan dari Hobi Masak? Coba Deh Manfaatkan 5 Fitur di Yummy App Ini

Perempuan itu tidak harus bekerja, melainkan harus berpenghasilan supaya tahu cara mengelola keuangan sekaligus tahu seberapa berharganya sebuah uang

Itu adalah pesan yang diamanatkan oleh Ibu kepada saya. Akhir-akhir ini Ibu dan Ayah tidak lagi memaksa saya untuk menjadi PNS, sebab saya telah membuktikan bahwa mencari uang bisa dilakukan dari rumah. 

Ada banyak cara yang saya lakukan untuk mendapatkan penghasilan meski bekerja dari rumah saja. Mulai dari menulis artikel, mendesain untuk online shop, menerima pesanan artikel blog, dan lainnya. 

Alhamdulillah cukup banyak aktivitas yang saya tekuni, tapi rencananya saya mau nambah lagi. Saya pengen nambah ke jalur Youtube dengan membuat konten masak-masak.

Berkaca dari pengalaman mengelola blog, maka saya akan menerapkan tips-tips yang hampir sama untuk membuat Youtube. Mulai dari menentukan niche, konsep video, juga cara mendulang traffic yang tinggi agar videonya laris.

Saya harus merencanakan itu semua dengan matang. Harus mempersiapkan peralatan pendukung, konsep videonya, juga sumber inspirasinya dari mana. 


Cari Sumber Inspirasi Konten dari Youtube

Untuk sumber inspirasi, tentu saja saya mengandalkan tips-tips memasak dari Yummy App. Aplikasi resep masakan rumahan ini menjadi andalan saya bila kebingungan mau masak apa. Sebab ada banyak fitur yang berjasa membantu saya menemukan resep yang pas untuk keluarga.

Bahkan Yummy app ini juga bisa membantu kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan loh! Ini adalah rahasia yang jarang orang tahu. Sebenarnya rahasia ini mau saya simpan sendiri karena menjadi bagian dari riset Youtube saya. 

Namun mungkin alangkah lebih baik bila saya membagikannya kepada teman-teman blogger. Mungkin saja peluang rezeki saya semakin terbuka lebar, bukan?

Bongkar 5 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Yummy App

Berikut ini saya akan sharing bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari Yummy App. Cara-cara ini merupakan hasil saya eksplorasi seluruh fitur yang ada di aplikasi kuning. Jadi, alangkah lebih baik bila kamu juga coba mempraktekkannya sendiri dengan membuka fitur-fitur yang ada di Yummy App ya!

1. Rajin Upload Resep Masakan

Yummy App ini bukan aplikasi memasak yang hanya 1 arah, melainkan 2 arah yang siap menerima masukan dan ide kreatif dari para pengguna. Ah ya, para pengguna aplikasi Yummy akan dipanggil dengan sebutan Chef.

Kalau kamu sudah dipanggil Chef, maka pasti kamu akan semangat untuk mengunggah resep masakan. Apalagi ada reward loh untuk kamu yang rajin mengunggah resep masakan di Yummy App.

Untuk 1 resep masakan yang terunggah dan diterima oleh tim Yummy App, maka kamu akan mendapatkan reward berupa 100 Yummy Point atau setara dengan uang Rp 10.000,-. 

Kalau kamu sehari rajin bikin 5 resep yang berbeda, maka kamu akan mendapatkan penghasilan 50.000 rupiah setiap hari. Lumayan banget, bukan? 

Apabila kamu konsisten membuat resep masakan setiap hari, maka bukan hal mustahil bila kamu akan mendapatkan penghasilan hingga 1,5 juta per bulannya. Reward ini langsung masuk ke rekeningmu setiap bulan loh!

Cara upload resep masakan di Yummy App ini gampang banget loh! Di tampilan aplikasi bagian bawah ada menu bar yang terdiri dari 5 pilihan. Pilihlah menu bar dengan ikon berbentuk dokumen dan tanda plus yang disertai dengan tulisan “Tulis Resep”. 


Selanjutnya tulis resepmu di situ. Cara penulisannya sederhana kok. Mulai dari judul resep, cerita resep, bahan utama, cara memasak disertai foto, serta hasil akhir dari foto resep. Lalu terakhir, jangan lupa diupload ya resepnya. 

Kemudian tunggu 14 hari karena resepmu dikurasi. Kalau resep makananmu diterima, kamu akan diberi kabar dan Yummy Pointmu akan bertambah.

2. Rajin Ikut Event Masak

Yummy App selalu punya banyak cara untuk memanjakan para chef rumahan kesayangannya. Mereka sering menyelenggarakan event dan promosi yang bisa diikuti oleh seluruh pengguna Yummy App.

Cara mengikuti event ini gampang banget. Di bagian home (beranda) biasanya akan langsung tampil fitur Event dan Promosi. Lihatlah keseluruhannya dan ikuti semua eventnya.


Event ini berupa challange (tantangan) yang bisa kamu ikuti. Mulai dari posting resep masakan di Instagram, publish resep dengan tema tertentu, dan lainnya. Jadi, temanya sudah ditentukan dan kamu tinggal mengkreasikannya.

Tenang saja, ada banyak hadiah yang menanti kok. Kamu bisa mendapatkan langganan VIU premium selama 3 bulan atau bahkan mendapatkan reward tambahan hingga 3000 Yummy Point. Asyik banget, bukan?

3. Ajak Teman Bisa Dapat Bonus Loh

Kalau kamu rajin posting resep masakan di Yummy App, pastikan kamu rajin juga untuk posting hasil karya masakanmu di media sosial. Biasanya akan ada banyak teman-teman yang tertarik.

Kalau mereka tertarik, coba saja ajak sekalian untuk mengunduh aplikasi Yummy. Selesai mengunduh aplikasi, beritahukan kode referralmu kepada teman supaya bisa sama-sama dapat bonus.


Dengan kode referral, maka kamu akan mendapatkan 50 Yummy Point (setara Rp 5.000), sedangkan temanmu juga akan mendapatkan 50 Yummy Point juga. Asyik banget, bukan?

Kode referral ini bisa kamu dapatkan di menu bar bagian akun ya. Yuk manfaatkan kode referral ini dengan baik.

4. Membangun Bisnis Kekinian

Kamu juga bisa loh mengulik ide-ide kreatif di Yummy App untuk dijadikan menu utama dalam membangun bisnis kekinian. Coba deh kamu cek di beranda, scroll ke bawah hingga menemukan fitur “Resep Ide Jualan”.

Di dalamnya terdapat resep-resep masakan kekinian yang bisa dijadikan sebagai ide jualan. Mulai dari chicken nugget, tahu crispy, sambalago paru, risoles mayo, dan makanan ringan lainnya.


Resepnya tuh hanya sekitar 4-7 langkah. Mudah sekali membuatnya. Resep masakan yang sudah masuk fitur ini, maka resep-resep tersebut direkomendasikan untuk dijual karena dijamin laku banget dan sedang digemari oleh masyarakat.

Atau kamu juga bisa masuk ke fitur "Trending". Di sini adalah tempat berkumpulnya resep masakan yang sedang dicari orang-orang. 

Yakin deh, makanan kekinian selalu diburuh oleh banyak anak mudah. Tidak ada salahnya kamu mulai membangun bisnis makanan kekinian dari Yummy App.

5. Membuat Video Youtube

Apabila kamu ingin mengembangkan pengalaman dan skills, boleh juga bila kamu membuat video di Youtube. Jadi, kamu tak hanya membuat resep untuk aplikasi Yummy saja, melainkan bisa untuk konten videomu. 

Sekali masak, kamu bisa membuat resep untuk kamu unggah di Yummy App dan Youtube. Lumayan banget toh. Sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.

Boleh juga bila kamu mengangkat resep-resep dari Yummy App untuk kamu adaptasi dan bawa ke Youtube. Jangan lupa, sertakan kode referralmu di bagian deskripsi supaya Yummy Pointmu bisa bertambah.

Kamu juga bisa membuat konten video dengan ide membuat tantangan untuk diri sendiri. Misalkan di kulkas hanya tersedia wortel, labu siam, dan dada ayam. Lalu enaknya ketiga bahan ini bisa diolah menjadi apa ya?

Nah jawaban tersebut bisa kamu temukan di Yummy App. Kebetulan di aplikasi ini ada menu bar “masak” yang resep masakannya ditentukan dari bahan yang tersedia di dapur. 

Jadi kamu bisa membuat konten memasak dengan bahan-bahan terbatas. Bukankah para penonton di Youtube suka dengan ide masakan yang bahan-bahannya terbatas?

Kemarin saya mencoba membuat konten video dari bahan makanan terbatas yang pada akhirnya berhasil diolah menjadi dimsum siomay yang lezat. Ini adalah video pertama saya dengan konten memasak. 

Sebenarnya saya malu sih untuk sharing. Namun sepertinya saya perlu masukan demi pembuatan video yang lebih baik. Mungkin teman-teman ada masukan? Inshaa Allah akan saya simak dengan senang hati.

Nah itulah 5 cara mendapatkan penghasilan tambahan dari Yummy App. Ternyata dari 1 aplikasi bisa memberi banyak peluang ya untuk mendapatkan uang. Yuk download Yummy App sekarang juga!

Kalau saya, Inshaa Allah akan memulai dari nomor 1, 5, dan 3 terlebih dahulu. Kalau kamu, mau memulai dari nomor berapa?

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

13 komentar untuk "Pengen Dapat Uang Tambahan dari Hobi Masak? Coba Deh Manfaatkan 5 Fitur di Yummy App Ini"

  1. Bener banget mbak. Cari uang itu ga sebatas di belakang meja kerja aja. Memasak pun bisa menjadikan penghasilan dengan rajin upload di Yummy App

    BalasHapus
  2. Kak Ros, saya intip ahhh caranya. Ternyata bisa juga ya dapet penghasilan tambahan dari Yummy App. Terima kasih informasinya, ya.

    BalasHapus
  3. Banyak keuntungan dengan punya 1 aplikasi nih. Kalau aku masih sebatas untuk bantu memunculkan ide memasak bagi keluarga dulu. Semoga aja ntar bisa sampai untuk bisnis yaaa...

    BalasHapus
  4. Iya nih mbak, perempuan masih bisa berpenghasilan meski dari rumah. Aplikasi Yummy app ini salah satu yang bisa membantu kita mendapatkan penghasilan ya dengan salah satu caranya yaitu upload resep. Makin suka aja sama aplikasi ini, benar2 membantu ibu2 untuk berkreasi menghasilkan masakan lezat setiap hari.

    BalasHapus
  5. Kece kak rhos idenya, gak kebayang lo aku kalau bisa dijadikan konten youtube aplikasi keren Yummy App ini.

    Anyway masukan aja kak rhos, pencahayaan kurang sepertinya video bikin dimsumnya, lalu biar tambah dramatis, setelah jadi pake zoom in zoom out dimsumnya. Oiya lalu ada suara orang bersin kayaknya tadi ya? Lupa di mute kayaknya yakak rhos?

    BalasHapus
  6. Wiih, makin bikin penasaran ya aplikasi ini, secara banayk banget yang bisa kita temuin, nggak bisa selesai dalam satu hari, walhasil setiap hari aku juga nengokin aplikasi ini, xixixi..
    (Lita - https://bubuonett.blogspot.com/)

    BalasHapus
  7. Yummy App memang keren ya... Rajin upload resep masakan bisa buat nambah penghasilan. Ibu-ibu jadi semangat!

    BalasHapus
  8. Bisa jadi inspirasi, Mbak. Kalau saya belum seberani itu, masih pemalu apalagi kalau di depan kamera.

    BalasHapus
  9. aku belum bisa ih mbak kros bikin dimsum, semoga abis ini bisa langsung praktik kaya mbak ya.

    BalasHapus
  10. Satu yang belum saya coba nih.. Bikin video YouTube. Belum pe de. Apalagi kontennya masak.
    Berbekal Yummy untuk variasi masak di rumah aja udah seneng banget

    BalasHapus
  11. Seru banget ya bisa berbagi resep eh dapat penghasilan tambahan lewat Yummy App. Selain itu juga bisa cari ide usaha masaakan di sini

    BalasHapus
  12. Pas banget ini tipsnya, temenku kebetulan suka masak. Kasih ide2 seperti ini pasti cocok buat dia dapat penghasilan dari masak :)

    BalasHapus
  13. sekarang cari uang memang bisa dari mana saja dan bisa lewat hape ya, mbak. buat yang bisa masak nggak harus jualan tapi bisa lewat video youtube dan sharing resep di aplikasi yummy ini sudah bisa menghasilkan uang

    BalasHapus