Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Perkembangan Mesin Kasir dari Masa ke Masa

Hadirnya komputer untuk kasir mempermudah proses transaksi penjualan dalam sebuah usaha seperti hadirnya aplikasi kasir online dari Majoo.

Selain itu tahukah kamu bagaimana sebenarnya perkembangan dari mesin kasir? Sebelum hadirnya teknologi kasir seperti sekarang ini, dulu ada banyak jenis lainnya. 

Tanpa mesin kasir sebuah usaha atau toko tentu akan kesulitan untuk menghitung jumlah transaksi setiap harinya. Kepuasan pelanggan pun akan menurun karena proses transaksi yang berjalan lambat hanya disebabkan transaksi dilakukan manual.

Nah mengikuti perkembangan zaman, seperti apakah sejarah dari mesin kasir? Apa saja jenis yang saat ini banyak digunakan? 

Sejarah dan Perkembangan Mesin Kasir

Disebut juga dengan cash register,  pertama kali ditemukan sekitar tahun 1879 oleh James Jacob Ritty. Ia adalah pemilik salon berlokasi di Dayton, Ohio. Fungsi utama dari mesin yang diciptakannya adalah untuk mencatat komponen pajak. 

Perkembangan mesin kasir pun berlanjut pada abad ke 21 di tahun 2001 an. Di mana mesin ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai penghitung jumlah transaksi. Ada juga yang memiliki fitur terhubung dengan cloud. 

Saat ini jenis mesin kasir yang paling banyak digunakan adalah berbasis web atau aplikasi. Di mana penggunaan mesin kasir langsung terhubung ke internet, yang menjadi generasi terbarunya. 

Saat ini yang sangat terkenal adalah Point of Sales atau POS sistem. Teknologi yang berbasis PC ini memiliki kelengkapan monitor, keyboard, printer kasir. Cara kerjanya adalah dengan menginstal software POS yang telah disediakan. 

Fungsi Mesin Kasir dalam Bisnis

Perkembangan mesin kasir dari masa ke masa terus berkembang karena adanya tuntutan dalam transaksi yang lebih praktis dalam sebuah usaha. Mesin ini diciptakan untuk meminimalisir angka kesalahan yang terjadi dalam sistem perhitungan. 

Dengan begitu kerugian yang didapatkan perusahaan akan semakin kecil. Perhitungan yang dihasilkan pun lebih tepat dan konsumen akan puas dengan pelayanan dari perusahaan. Konsumen yang puas tentu akan meminimalisir komplain yang masuk ke perusahaan. 

Selain itu juga untuk menghindari terjadinya kecurangan dari pihak karyawan. Kecurangan dapat dideteksi langsung dari mesin kasir sehingga perusahaan bisa berjalan lebih sehat. Konsumen juga akan puas dengan adanya struk pembayaran. 

Apalagi dengan hadirnya mesin kasir terbaru dalam bentuk sistem POS membuat transaksi tertata dengan rapi. Kamu bisa mendapatkan laporan real time dari penjualan di cabang manapun. 

Jenis Mesin Kasir Masa Kini 

Saat ini ada beberapa macam mesin kasir yang sering jadi pilihan pemilik usaha. Biasanya pemilihan jenis yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan usaha. Misalnya saja untuk usaha yang berkaitan dengan produk retail. 

Mesin kasir yang dilengkapi dengan cash register dan scanner tentu sangat dibutuhkan. Karena ada juga kelengkapan mesin kasir yang hanya membutuhkan printer dan tab atau smartphone saja. 

Berikut ini beberapa jenis yang bisa jadi pilihanmu saat ini. 

1. Point of Sales (POS)

POS merupakan jenis mesin kasir yang sangat terkenal dan terbaru. Sistemnya berbasis komputer dan sampai kini terus digunakan. Ada aplikasi kekinian yang bisa membantu semua pengusaha mendapatkan laporan catatan penjualan real time sampai inventaris. 

Detail pencatatan lebih baik dibandingkan jenis mesin kasir yang lainnya. Kamu juga bisa melihat kebiasaan konsumen yang loyal. Jadi lebih mudah untuk menerapkan strategi marketing ke depannya. 

2. Electronic Cash Register (ECR)


Merupakan jenis mesin kasir offline yang banyak digunakan beberapa restoran atau minimarket. Mesin ini memiliki laci uang yang bisa terbuka secara otomatis ketika proses transaksi telah selesai. 

Laci kasir bisa ditutup kembali dan hanya bisa dibuka tanpa transaksi menggunakan kunci. Adanya layanan ini akan membuat penyimpanan uang di kasir jadi lebih aman dan terjaga. 

3. Cloud POS 


Disebut juga MPOS atau mobile point of sale yaitu sistem POS yang menggunakan tablet.  Cukup bermodalkan tablet saja, sehingga mempermudah jika kamu ingin membuka pop up store. 

Sistem ini bisa dijalankan menggunakan os Android, Windows atau iOS. Cara kerjanya sama seperti mesin POS pada umumnya. Ada pencatatan inventory serta laporan harian sampai bulanan. 

Inilah jenis mesin kasir dan perkembangannya yang banyak digunakan saat ini. Untuk dirimu sendiri, manakah mesin kasir yang telah digunakan?

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Perkembangan Mesin Kasir dari Masa ke Masa"