Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 3 Cara Memperkuat Tulang Seperti Atlet Profesional

Siapa kemarin yang nonton Greysia Polii dan Apriana Rahayu? Uwidiiih keren banget ya! Sama-sama jago nguasain lapangan. Dan banyak kejutan yang mereka berikan. Meriah banget!

Saya kagum dengan fisik dan kekuatan mereka. Saat mereka lompat sambil smash, wuw! Smashnya kenceng pula sampai raketnya putus.

Kan saya jadi pengen ya jadi atlet kayak mereka. 

Memangnya Bisa Jadi Atlet Walau di Rumah Saja?

Ternyata bisa loh! Ini adalah jawaban dari Kak Liliyana Natsir. Salah satu pemain bulu tangkis favorit saya yang bolak-balik mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia dengan medali emasnya.

Kebetulan, kemarin saya berkesempatan ikut acara webinar community yang menghadirkan para pembicara hebat. Mulai dari Liliyana Natsir, Haryadi Raharjo, Rhesya Agustine, dan Tommy Prabowo. 

Mereka sharing bagaimana cara tubuh tetap sehat dan kuat saat pandemi. Mereka juga memberi kiat-kiat menjaga tulang agar tetap kuat dan kokoh seperti para atlet meskipun latihannya di rumah aja.


3 Cara Memperkuat Tulang dari Rumah Kayak Atlet Profesional

Supaya kamu kebagian informasinya juga, berikut ini telah saya rangkum 3 cara memperkuat tulang dari rumah aja supaya bisa seperti atlet profesional.

1. Mulai Olah Diri dengan Yoga

Untuk kita-kita yang ogah-ogahan olahraga dan malas banget buat gerak yang melelahkan fisik, mungkin bisa diawali dengan yoga. Yoga bisa menuntun kita untuk olah diri dan olah badan dengan nafas yang stabil dan nggak ngoyoh-ngoyoh.

Kemarin saat acara webinar community yang diselenggarakan oleh Anlene, dihadirkan Kak Amanda Tasning. Seorang praktisi yoga yang ngajarin kami yoga gentle dalam 2 kali sesi.


Ini baru kali pertama saya belajar yoga. Alhamdulillah ada matras di rumah (matras tenda buat nge-camp, hoho). Lalu ambil posisi yoga di teras depan rumah. Sambil ditemani tanaman hias, saya mengikuti gerakan yoga dengan sangat tenang.

Manfaat yoga bagi tubuh kita antara lain:

  1. Mengurangi stres
  2. Meningkatkan kebugaran tubuh
  3. Meningkatkan kesehatan jantung
  4. Mengatasi sakit punggung
  5. Mengurangi masalah asma
  6. Membakar lemak dalam tubuh
  7. Melenturkan otot-otot

Yoga bisa dilakukan seminggu sekali atau 3 x seminggu. Sempatkan selalu untuk yoga ya. Kamu bisa menjadikan yoga sebagai momen me time kamu yang sangat menenangkan.

2. Olahraga Kecil Walau di Rumah Aja

Kalau kamu ingin bergerak lebih banyak, maka cobalah untuk ditambah dengan olahraga. Nggak harus olahraga lari-lari keliling kompleks atau alun-alun. Apalagi aktivitas kita terbatas saat pandemi seperti sekarang ini.

Kak Liliyana Natsir yang kita kenal sebagai medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, menyarankan supaya kita berolahraga yang gampang-gampang saja dulu, seperti berlari, berjalan, dan melompat di tempat.

Kalau olahraga seperti ini, nggak perlu terlalu ngoyoh atau menggebu-gebu. Coba mulai dari 5 menit dulu, kemudian 10 menit, hingga seterusnya. Bertahap saja. Yang penting konsisten.

Dalam hal ini, fisik yang banyak digunakan adalah di kaki. Jadi otot-otot kaki akan bergerak lebih banyak dan akan menjadi lebih kuat.

Kalau kamu pengen tahu seberapa mobilitas kamu atas anggota gerak tubuh dan otot-ototmu, kamu bisa memeriksakannya secara gratis loh! 

Kini Anlene telah menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis di http://anlenemovecheck.com/ Di sana, kamu bisa mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitasmu dengan melakukan gerakan fisik sederhana. Gampang banget kan?

3. Lengkapi Kebutuhan Nutrisi dengan Anlene

Kalau olah diri dan olahraga sudah, maka selanjutnya lengkapi dengan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang cukup bisa dipenuhi oleh Anlene. Udah pada kenal Anlene kan?

Untuk teman-teman yang masih muda seusia saya, sekitar 20-30 tahun, biasanya pada nanya: boleh nggak sih kalau belum usia 40 tahun tapi minum Anlene?

Jawabannya adalah boleh. Bahkan boleh banget. 

Kak Rhesya Agustine selaku Marketing Manager Anlene menjelaskan bahwa Anlene diformulasikan untuk orang Indonesia berusia dewasa.


Apalagi kita-kita yang seringnya bekerja dari rumah di depan laptop saja, jarang banget bergerak ya. jadi pastikan kita meluangkan waktu untuk bergerak supaya otot-ototnya tetap gerak. 

Kalau pengen bergerak hingga usia emas nanti, maka kita tetap harus menjaga keaktifan tubuh. Betul, tidak?

Anlene Lebih dari Susu, Memangnya Iya?

Liliyana Natsir yang sehat segar bugar begitu, juga sadar loh untuk mengonsumsi Anlene sebagai pemenuhan nutrisi tubuhnya. Dia mengerti bahwa ia membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dari susu supaya bisa terus sehat hingga tua nanti.

Kabar baiknya, Anlene kini meluncurkan 2 varian baru yang formulasinya tepat sasaran, yaitu Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5x. Kedua varian ini memiliki keunggulan masing-masing sesuai peruntukannya. Apa sajakah itu?

Saya menyimak penjelasan Pak Haryadi Raharjo selaku Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brands. Mantap banget lah keunggulan dan manfaat Anlene untuk varian yang baru ini. 

Supaya informasi ini nggak berhenti di saya saja, maka ini saya informasikan juga ke kamu. Mungkin saja kamu butuh penguatan untuk alasan kenapa kita harus konsumsi Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5x.

Keunggulan dan Manfaat Anlene Actifit 3x

  1. Tinggi kalsium untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi
  2. Protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
  3. Vitamin B6 untuk meningkatkan metabolisme energi dan pembentukan jaringan
  4. Kolagen 100 mg/saji untuk membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen
  5. Vitamin C Untuk menjaga kelenturan sendiri yang merupakan jaringan kolagen
  6. Rendah lemak dan rasanya lebih enak daripada Anlene full cream yang kemarin.

Keunggulan dan Manfaat Anlene Gold 5x

  1. Punya kandungan utama yang hampir sama dengan Anlene Gold 5x
  2. Tanpa penambahan gula untuk menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
  3. Rendah kolesterol dan 0 lemak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi
  4. Sumber kalium yang cukup untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal
  5. Asupan serta dengan oat 0,4% untuk menjaga kesehatan dan kadar kolesterol darah
  6. Asam folat dan ekstra vitamin B12 untuk menjaga kesehatan sirkulasi darah dan pembentukan sel darah merah. 

Yuk Jadi Atlet Dimulai dari Rumah 

Saya selalu terkesima saat melihat para atlet yang sedang berlaga di pertandingan-pertandingan besar. Kuat-kuat ya mereka. Tulang kakinya sekuat itu. Fisiknya sebagus itu.

Pasti kamu pengen banget ya jadi mereka?

Iya, saya juga. Bisa nggak sih saya jadi atlet seperti mereka? Ya marilah kita menjadi atlet di rumah masing-masing. Menginspirasi anggota keluarga yang lain untuk tetap aktif olahraga dan memenuhi kebutuhan nutrisi.

Supaya lebih semangat, bagaimana kalau ketika kita olahraga sekalian diikutkan kompetisi?

Sekalian saja ikuti kompetisi #JadiAtletDiRumah yang digelar pada 23 Juli 2021 – 8 Agustus 2021. Informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi instagram @anlene_indonesia 


Jadi, gimana? Sudah siap menjadi atlet di rumah dan menginspirasi anggota keluarga lain untuk berolahraga? Yok, jadi atlet bareng-bareng walau di rumah aja!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

36 komentar untuk " Ini 3 Cara Memperkuat Tulang Seperti Atlet Profesional"

  1. Seruuu buanget nih acaranyaaa
    keringetan pas ikutan Yoga, dan makin semangaatt ketika ada Ci Butet
    Keren nih Anlene, bikin semangat utk jaga kesehatan, no mager mager club dan penuhi nutrisi tubuh yaaaa

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah Yoga, jadi pengen coba Yoga di rumah karena baca manfaatnya banyak banget

    BalasHapus
  3. "Siapa kemarin yang nonton Greysia Polii dan Apriana Rahayu?" aku nonton dong.... keren banget.
    trus sebelumnya abis ikutan webinar ini juga, rasanya jadi tergerak untuk ga boleh males malesan lagi meski di rumah nih.

    BalasHapus
  4. Asyik banget bisa olahraga bareng Liliyana Nasir ya, Mbak. Hihihi. Tapi ini memang bermanfaat sih biar selama PPKM isinya nggak ngemil, mager, rebahan sajaaa.. Biar PPKM tapi tetep bisa hidup sehat.

    BalasHapus
  5. Setelah membaca beberapa artikel tentang Anlene ini jadi pengen tahu seberapa mobilitas saya atas anggota gerak tubuh dan otot-otot selama ini. Cuss ...memeriksa di websitenya, deh!

    BalasHapus
  6. Olah raga ringan-ringan tetap harus dilakukan ya, meskipun dirumah saja. Dan pilihan untuk yoga ini salah satu cara olah raga yang friendly untuk dilakukan saat di rumah saja, kapan saja. Kebetulan karena PPKM, acara yoga yg biasanya saya ikuti seminggu sekali, ikutan ritme PPKM ( diliburkan).

    BalasHapus
  7. Ada Ci Buteeet :D dududu mulai yoga nih harusnya aku biar lentur badan dan juga melatih pernafasan. Kebetulan kemarin nonton Greysia dan Apriana, duh goals banget bisa aktif dan lincah seperti mereka bahkan sampai usia berumur :D

    BalasHapus
  8. Waah, hampir-hampir gak percayaa akutu...kalau kita juga bisa menjadi atlet walau di rumahaja seperti sekarang ini. Ternyata ini resepnya yaa..
    Tetap bergerak aktif dan konsumsi susu yang tepat untuk kebutuhan dan kesehatan tulang, Anlene.

    BalasHapus
  9. Olahraga kecil di rumah sangat baik untuk kesehatan. Untuk kesehatan tulang, sendi dan otot perlu Anlene. Sesuai usia kita, yang actifit saja.

    BalasHapus
  10. Klo umur2 kayak gw paling tinggal Yoga aja ya yg cocok hahaha

    BalasHapus
  11. tertampar banget ini sy.malu saya yang mager gini
    tapi jadi termotivasi dan merasa diingatkan karena umur 40 ini harus banyak gerak
    ini sendi lutut mulai terasa nyeri2
    baiklah saya akan mulai jalan kaki dan gerak di rumah trus minum anlene
    terimakasih sharingnya

    BalasHapus
  12. wah ada idolaku mbak lilyana natsir. molly banyak belajar nih dari webinar ini gimana kehidupan para atlet yang udah pensiun

    BalasHapus
  13. Senang banget kemaren bisa ikutan acara ini, apalagi bisa ikutan yoga, jadi berkeringat pagi-pagi, terasa segar dan bugar ya.
    Anlene memang kece selalu menginspirasi agar kita selalu bergerak biar sehat :)

    BalasHapus
  14. kuncinya adalah tetap aktif bergerak yaa selama pandemi, jujur aku ngaku dosa deh jarang bgt olahraga semenjak harus stay di rumah aja nih hihiihi

    BalasHapus
  15. Anlene membuat tulang just bak atlet profesional ya kak, pantes liliyana Natsir Suka juga Dengan anlene ini

    BalasHapus
  16. Wah, bisa olahraga bareng Liliana, mau banget diriku juga. Salah satu biar bahagia, juga karena tubuh kita sehat. Kayaknya harus mulai buat jadwal olahraga lagi ini.

    BalasHapus
  17. keluarga saya selalu mengonsumsi Anlene, apalagi kalau sakit

    biasanya malas makan kan?

    Nah Anlene sangat membantu agar kita gak kekurangan nutrisi

    BalasHapus
  18. acara webinarnya seru ya mbak, sekalian ikutan yoga meski di rumah saja
    webinar sehat ini mah

    BalasHapus
  19. Konsumsi Anlene setiap waktu menjaga kesehatan tulang, berolahraga rutin membantu kesehatan

    BalasHapus
  20. Konsumsi Anlene membantu perawatan kesehatan kulit, berolahraga cukup dan rutin pendukungnya

    BalasHapus
  21. 3 langkah yang simple ya.. tinggal kita aa gemana mau konsisten menerapkan di rumah... Menjaga kesehatan tulang kan penting banget... biar ntar kalo udah usianya tak muda lagi kita bisa tetep aktif bergerak ya..

    BalasHapus
  22. Anlene memang lebih dari susu. Selain bahannya unggulan, juga manfaatnya. Anlene juga punya campaign-campaign yang tak jauh dari ajakan untuk bergerak. Kali ini di masa pandemi dengan kondiri PPKM pun bikin tantangan yang menarik di rumah saja.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah bisa lihat idola saya kak Liliyana Natsir mantan atlet badminton yang pernah juara olimpiade Rio 2016 bareng kak Tontowi ahmad. Keren nih beliau bisa jadi narsum di anlene dengan tipsnya yang keren ala-ala atlet. mantul...semoga bermanfaat ilmunya.

    BalasHapus
  24. Yoga sama minum susu kayaknya emang pas ya jaman ppkm pandemi dirumah aja kyk skrg ini.

    BalasHapus
  25. Sebegitu banyak manfaat Anlene ya. Aku teringat dulu waktu awal 2018, saat ibuku sakit dan nyeri tulang. Setelah sering konsumsi Anlene, Alhamdulillah kini hilang nyerinya..

    BalasHapus
  26. Jadi tau rahasia tulang kuat para atlet nih ya ,kak, hihi..

    Webinar kemaren juga aku ikut dong, super seru karena ada yoga bareng dan juga narasumber yang share tentang pengetahuan seputar kekuatan tulang, sendi dan otot. Jadi males nih buat diem-diem bae, mending bergerak khaan :D

    BalasHapus
  27. Kebiasaan olahraga, iya, tapi kayaknya mesti didukung juga nih sama Anlene Actifit 3x supaya kesehatan tulangku tetap terjaga. Pengen juga kan bisa terus aktif membersamai anak-anak hingga mereka dewasa kelak.

    BalasHapus
  28. Seru pembicaranya tuh, sayang ga bisa ikut.

    Jadi tertarik buat nyoba yoga juga, udah mulai sakit pinggang. Saya biasanya lari pagi tiap Minggu, tapi kayaknya masih kurang.

    BalasHapus
  29. Yoga ini manfaatnya banyak banget ya mba. Mau rutin yoga lagi ah. Seneng deh keringat ngucur tanda metabolisme tubuh meningkat. Terus jadi happy juga setelahnya. Tinggal minum Anlene dingin deh

    BalasHapus
  30. Berolahraga, lalu punya pikiran yang positif, istirahat cukup serta nutrisi cukup adalah memang hal yang dasar untuk membentuk kesehatan manusia. Singkatnya sih gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  31. Iya ya kita yang lebih sering duduk buat nulis nih harus meluangkan waktu buat aktif bergerak setiap hari.
    Btw ini hari terakhir challenge-nya dong ya.. jadi atlet di rumah dan berluang dapet hadiah. Asyikk.

    BalasHapus
  32. Ada banyak sekali manfaat ketika kita aktif bergerak.
    Dan salah satunya, hati jadi gembira yaa..
    Aku juga mau ikutan yoga bareng Anlene doonk...biar semakin kuat tulang dan sendinya.

    BalasHapus
  33. Jadi sebenarnya nggak perlu banyak modal ya buat olahraga di rumah, cukup sediakan matras dan sepatu olahraga aja, udah bisa jalan lari dan lompat di tempat.

    Habis olahraga, terus minum susu anlene, makin bugar badannya, kuat juga tulangnya

    BalasHapus
  34. Seru banget ya mbak, jadi pengen ikutan challengenya Anlene #jadiatletdirumah juga nih, biar tetap produktif mestkipun di rumah saja saat ini.

    BalasHapus
  35. Aku mau juga dong olahraga yoga. Maklum aku nih aslinya malas kalo disuruh olahraga. hihi.. makanya pilih yang ringan-ringan aja tapi bisa bikin keringetan.Seru nih webinarnya

    BalasHapus
  36. Jadi inget dulu pas SD pengen jdi atlet Lari mbak wkwkwk
    Lihat Mbak Rosa olahraga di rumah jadi kepikiran karena aku belum olahraga sma sekali akhir akhir ini :'(
    Baru tahu mbak klo Anlene punya 2 varian

    BalasHapus