Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merayakan 17-an dengan Barikan

Assalamualaikum wr wb

Udah lama banget ya, nggak nulis. Kali ini mau nulis karena udah kangen banget nulis organik. Pengen sharing-sharing aja hal yang bikin bahagia. Kali ini tentang 17-an.

Seharusnya, acara 17-an atau Agustus-an itu menjadi acara yang seru. Dulu, saya ngerasain serunya acara 17-an saat di rumah lama, yaitu sekitar 10 tahun lalu.

Seru banget. Ada lomba-lomba buat bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak, maupun remaja. Acara di RT setempat. Mulai dari balap karung, kelereng, adzan, dll. Pokoknya seneng deh.

Lalu sore menjelang magrib, biasanya ada acara barikan. Semacam kenduri yang diadakan di mushola. Masing-masing warga bawa makanan. Tetangga yang agama Hindu maupun Kristen juga diajak makan-makan. Jadinya guyub.

Namun semenjak pindah ke rumah baru... yang di sini tidak ada tetangga, jadinya susah. Ada sih tetangga, tapi beda gang. Mereka juga nggak ngadain kegiatan apa-apa.

Baru kali ini loh mengadakan kegiatan barikan. Mungkin warga-warga tersebut juga rindu dengan acara barikan seperti ini. 

Kabar acara barikan ini cukup mendadak. Sore hari. Ibu yang dapat kabar. Untungnya masih ada telor, mie, ayam, dan kentang. Itu pun ayamnya tinggal  4 biji, bukan ayam yang potongannya besar, tapi ayam yang potongannya kecil.

Jadinya Ibu bikin 2 porsi. Masing-masing dapat 2 potong ayam dan 1 telur. Tambah mie dan kentang balado yang enak banget.

Usai magrib, kami ke masjid sebelah rumah. Mendengarkan ceramah dari hmm siapa ya namanya. Hahaha, nggak tahu. 

Mungkin kalian sepakat bahwa yang ditunggu-tunggu dari acara barikan adalah makanannya, hahaha. Pasti yang dilihatin makanan yang disajikan. Saya pengen yang itu, yang besar, yang bungkusnya bagus, dll.

Oh tentu saja saya seperti itu, hahaha. Kebetulan, ada nasi kotak dengan bungkus terawang yang ada benderanya. Saya naksir itu.

Sayangnya, saat pembagian nasi kotak, saya malah dapat nasi yang sama dengan Ibu. Kan kurang seru. Padahal nasi kotak incaran saya masih sisa 2.

Dengan memberanikan diri, saya coba minta tukar... Alhamdulillah dikasih, hahaha.

Kebahagiaan saya receh amat ya. Ya mungkin ini kebahagiaan barikan yang saya tunggu-tunggu selama 10 tahun terakhir, hahaha.

Semoga, tahun depan bisa merasakan serunya acara barikan 17-an lagi. Aamiin...

Lalu, bagaimana dengan acara 17-an mu? Ada acara barikan juga?

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Merayakan 17-an dengan Barikan"