Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 3 Alasan Saya Masih Menulis Blog

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah akhirnya saya kembali menulis lagi. Saya sempat libur ngeblog selama seminggu karena mengurus pernikahan, mulai dari pra-wedding hingga pasca wedding. Sungguh melelahkan.

Sebenarnya kemarin saya sudah pegang laptop, tapi cuma sebentar hanya untuk upload artikel pesanan. Setelahnya saya tumbang karena melakukan perjalanan 'nglencer' ke rumah saudara-saudara untuk pengenalan manten baru. 

Alhamdulillah, siang ini saya diberi kesempatan untuk mulai menulis lagi. Sebenarnya saya tuh mau nulis artikel pesanan untuk blog, tapi kan bakal stres banget ya. Lahwong baru aja vakum ngeblog eh kok disuruh nulis yang berat-berat.

Kebetulan banget, komunitas Warung Blogger (WB) ngadain acara lomba menulis yang receh-receh happy-happy untuk memeriahkan Hari Blogger Nasional. Temanya adalah "Kenapa saya masih menulis?"

Sepertinya, dari dulu saya ingin sekali menulis tema ini. Namun belum ada pemantiknya. Mungkin, perayaan Hari Blogger Nasional ini menjadi pemantiknya, untuk menjawab "mengapa saya masih menulis".

Loh, Blogger Masih Ada?

Iya, saya sering sekali mendengar pertanyaan keheranan dari teman-teman lain bahwa:

  • Loh, blogger masih ada?
  • Loh, blogger bisa menghasilkan uang?
  • Kukira blog udah nggak ada, mbak.

Sedih ya. Padahal blog masih ada dan masih eksis hingga sekarang. Bahkan saya hidup dari blog. 

Saya nggak tahu sih, kenapa trend menulis atau ngeblog semakin dilupakan orang. Mungkin karena orang-orang semakin gemar menonton Youtube kali ya. Sepertinya trend bergeser dari media tulisan menuju media audio visual. 

Yang saya yakini, menulis itu tidak akan pernah mati. Kalau platformnya berganti, ya mungkin saja, karena dunia akan terus mengalami perkembangan. Maka saya harus siap dengan perubahan itu.



Mengapa Saya Masih Menulis? Ini 3 Alasannya!

Balik lagi ke topik semula: mengapa saya masih menulis? Ya ternyata alasannya banyak dan beranak pinak. Berikut ini sudah saya rangkum alasan-alasan menulis dalam 3 poin. Boleh banget untuk disimak ya!

1. Karena Saya Suka

Ini alasan utama dan terkuat sih. Ya karena saya suka menulis. Sejak kecil, saya suka menulis. Bahkan rela menyalin isi majalah dan novel karena saking suka menulis, hahaha. Tapi dulu menulisnya pakai tangan.

Kemudian merasa enjoy menulis karena diam-diam bisa menuangkan pikiran dan segara resah. Jadinya saya menulis untuk curhat dan menyampaikan ide. 

Hingga kini, saya masih suka menulis. Masih suka menulis curhatan untuk healing stress. Sambil diimbangin menulis konten yang bermanfaat bagi banyak orang. Iya, tujuan lain saya adalah cuan, hehe.

2. Karena Saya Bisa Dapat Uang dari Menulis

Menekuni dunia blog sejak SMA, nggak pernah terpikir bahwa saya akan mendapatkan penghasilan dari blog. Saya kira, suatu hari nanti saya akan mendapatkan uang dari pekerjaan yang profesional seperti pegawai kantoran, guru, peneliti, dan lainnya.

Eh, ternyata enggak dong! Saya bisa mendapatkan penghasilan walau dari rumah aja. Alhamdulillah saya rutin mendapatkan penghasilan dari blog. Meski gajiannya tidak tentu, tapi ya hampir setiap hari ada transferan masuk, Alhamdulillah.

Namun tetap saja, target saya adsense. Nggak sekadar adsense doang, melainkan gajian rutin dari Adsense tiap bulan sebesar minimal 5 juta rupiah. Bisakah?

Inshaa Allah bisa ya. Alhamdulillah bulan ini, kali pertama saya mendapatkan adsense +450ribu. Alhamdulillah. Besok-besok, bisa naik 500ribu/bulan, 800ribu/bulan, 1 juta/bulan, 3 juta/bulan, hingga 5 juta/bulan.

Bisa nggak ya kalau 5 juta/bulan saya dapatkan di akhir tahun 2022? Inshaa Allah bisa! Aamiin aamiin aamiin.

3. Banyak Orang yang Mendapat Manfaat dari Blog Saya

Ini sih yang menjadi penyemangat nyata sehingga saya masih konsisten menulis blog. Ternyata tulisan saya mendatangkan banyak manfaat. Umumnya, tulisan yang saya share didasarkan dari pengalaman yang pernah saya alami.

Misalkan, saya waktu itu dapat amanah menjadi MC. Karena bingung, akhirnya saya cari contoh naskah MC di google, kemudian di-ATM, lalu saya tulis sendiri versi saya. Daripada naskah MC itu nganggur di laptop, maka saya upload di blog. Eh, laris! Akhirnya saya bikin artikel turunan dari keyword tersebut.

Saya senang banget ketika tulisan saya dinikmati oleh orang banyak. Tahun lalu, pageview harian saya nggak sampai 100/hari, sedangkan total postingan di blog saya kala itu ada 700. Kan nggak imbang ya!

Akhirnya saya belajar menulis konten dengan menerapkan teknik SEO tanpa menghilangkan ciri khas tulisan personal saya. Alhamdulillah... membuahkan hasil cuy!

Visitor dan pageview saya merangkak naik. Hingga bulan ini, saya berhasil tembus kurang lebih 5ribu pv/hari atau 100ribu pageview/bulan. Wuaaah ini hasil ngeblog yang menakjubkan banget buat saya. 

Akhirnya tulisan saya bermanfaat dan bisa dibaca banyak orang. Setidaknya, hal-hal yang saya tulis, pengalaman yang saya alami, bisa menjadi panduan banyak orang untuk beraktivitas.

Ya ini sudah, yang menguatkan saya untuk tetap menulis. Menulis konten curhatan untuk melepas stres, dan menulis konten berbobot supaya manfaatnya dirasakan oleh orang banyak.


Inilah 3 alasan saya masih menulis blog. Ketiga alasan inilah yang menjadi penyemangat saya. Saya harus menuntaskan target dan mimpi-mimpi saya.

Saya bisa bahagia dari ngeblog. Sebab saya suka menulis, dapat uang dari menulis, dan mendapatkan banyak respon positif atas blog yang saya kelola. Alhamdulillah...

Kalau kamu, mengapa masih menulis blog? Apakah karena kamu juga menemukan kebahagiaan ketika menulis?

Wassalamualaikum wr wb 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "Ini 3 Alasan Saya Masih Menulis Blog"

  1. ahhhhhhhhh pengantin baru!!! selamat menempuh hidup baru kak ros dan suami. langgeng-langgeng selalu dunia akhirat ya. aamiin
    duh aku mupeng sama pv blognya. ajarina ku dong....

    BalasHapus