Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Game Online Bagi Pelajar

Assalamualaikum wr wb

Para pelajar memang tugasnya belajar, namun jangan terus-terusan belajar karena melakukan aktivitas yang sama terus menerus akan membuat jenuh. Cobalah diselingi dengan aktivitas lain, main game online misalnya.

Tenang saja, bermain game online bagi para pelajar memberikan banyak manfaat kok! Tidak banyak kok dampak negatif game online bagi pelajar. Justru kalau kita cermat, akan lebih banyak dampak positif game online.


5 Dampak Positif Game Online Bagi Pelajar

Kali ini saya akan sharing mengenai manfaat game online bagi pelajar. Bagaimana dampaknya game online terhadap pelajar. Simak baik-baik ya supaya kamu bisa benar-benar merasakan manfaatnya!

1. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Ini adalah dampak utama yang paling terasa sih. Biasanya game online menggunakan Bahasa Inggris untuk operasional. Para pelajar yang bermain game online, mau nggak mau harus mengerti arti dari kata-kata di game supaya bisa melanjutkan permainan.

Secara tidak langsung, mereka akan tercetus pemikiran untuk mencari tahu artinya. Seiring berjalannya waktu, lama kelamaan mereka akan hafal arti dari kata-kata berbahasa Inggris yang ada di game online. Nyata banget, bukan?

2. Melatih Stimulasi Otak

Bermain game online dipercaya dapat melatih stimulasi otak. Hal ini lantaran game-game selalu memberikan tantangan demi tantangan yang harus diselesaikan. Tidak hanya loncat atau berlari, melainkan ada strategi yang harus dijalankan.

Menentukan strategi inilah yang dinilai dapat menstimulasi otak. Para pelajar akan terdorong untuk menyelesaikan setiap misi supaya mencapai target yang dituju. Apabila gagal, maka diulang lagi hingga berhasil naik ke level selanjutnya.

3. Mengembangkan Imajinasi

Ini nih yang jarang disadari oleh para orang tua, bahwasanya ternyata bermain game online mampu mengembangkan imajinasi loh! Mengapa begitu?

Ya karena kita disuguhkan sebuah permainan yang tidak real, sebuah animasi yang merupakan imajinasi lalu kita bermain di dalamnya. Secara tidak langsung, kita akan mengembangkan imajinasi bila hendak menuntaskan misi. Tak jarang, imajinasi kita akan berkembang seiring berjalannya permainan.

4. Melatih kerjasama dengan Kawan

Game online kini tidak hanya dimainkan sendiri atau 1 player. Melainkan kini bisa dimainkan 2 player bahkan multiplayer. Jadi kita harus bermain dengan orang lain untuk menyelesaikan misi yang ada.

Tak jarang kita harus melatih jiwa kepekaan, sosial, dan kepemimpinan untuk bisa bekerjasama dalam tim. Apabila pelajar terlatih bekerjasama di dunia maya, maka dia akan mudah untuk bekerjasama di dunia nyata.

5. Melatih Sportivitas

Bermain game itu pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Dengan bermain game, maka kita diajarkan untuk sportif, siap menerima kekalahan, dan tidak jumawa saat memenangkan pertarungan.

Jangan sampai kita gampang menyerah saat tak kunjung berhasil. Jangan sampai kita tidak mampu menerima kekalahan dengan legowo. Kalaupun sedang menang, jangan sampai kita jumawa hingga sombong. Perasaan dan mental-mental seperti ini harus diperbaiki dan dilatih. Sebab, dunia nyata lebih kejam bro!

Itulah 5 manfaat yang bisa kita rasakan apabila bermain game online. Kelima manfaat ini pasti juga dirasakan oleh para pelajar yang rajin bermain game online setidaknya 1 jam per hari.

Ini Game Online Favorit dari Dulu Sampai Sekarang!

Saya dulu juga suka main game online loh! Saya tuh sukanya main game yang sederhana, salah satunya Solitaire. Ya main-main kartu gitu, tapi secara tidak langsung bisa mengasah otak saya untuk lebih cerdas, tanggap, dan kreatif.

Meski sekarang saya bukan pelajar, tapi saya juga masih sering main game, hoho. Ya tetap dong, mainnya Solitaire karena memang kesukaan saya zaman dulu. Tapi sekarang saya akses gamenya udah beda.

Sekarang saya main game Solitaire di web yang khusus Solitaire yaitu solitaire.org. Jadi di sini saya bisa mengenang permainan saya yang telah lama. Seneng aja gitu bisa ngisi waktu luang dengan main game kesayangan.


Kabar baiknya, sekarang Solitaire nggak cuma jenis Klondike aja loh! Sekarang sudah berkembang. Sudah ada beberapa permainan turunan seperti Freecell, Spider, Pyramid, dan lainnya. Asyik kan?

Itulah 5 manfaat game online untuk pelajar, sekaligus cerita game online favorit saya semasa pelajar dulu yang ternyata sekarang muncul dan ngetrend lagi. Tentu saja dengan konsep dan suasana yang baru!

Lalu, kamu? Suka main game online apa? Solitaire juga kah?

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Game Online Bagi Pelajar"