Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Return Tertinggi Sepanjang 2021: Reksadana Pendapatan Tetap

Assalamualaikum wr wb

Di tahun 2021, Reksadana pendapatan tetap disebut-sebut memiliki nilai imbal hasil tertinggi jika dibanding dengan instrumen Reksadana lainnya di tahun 2021 ini. 

Per Oktober 2021, di tengah melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dan pasar obligasi ternyata produk Reksadana pendapatan tetap memiliki pertumbuhan yang sangat bagus. 

Dikutip dari Bareksa.com(12/10/2021), terdapat dua Reksadana pendapatan tetap dengan imbal hasil 41,2% dan 35,93% dalam 3 tahun terakhir. Yaitu Sucorinvest Bond Fund dan Manulife obligasi negara Indonesia II Kelas A. 


5 Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap

Selain memang punya pertumbuhan yang bagus di tahun 2021, investasi pada Reksadana dengan instrumen pendapatan tetap, memang memiliki banyak keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungan memilih reksadana pendapatan tetap.

1. Cocok Untuk Investor yang Cari Aman

Perlu diketahui bahwa Reksadana pendapatan tetap memiliki tingkat risiko menengah. Mengapa demikian? Instrumen pendapatan tetap memberikan risiko lebih tinggi dibanding pasar uang.  Tetapi di sisi lain, jika dibandingkan dengan  dengan Reksadana saham maka risikonya jauh lebih rendah. 

Maka dari itu sangat cocok untuk Anda yang memiliki profil risiko konservatif. Dimana pemilik risiko ini cenderung memilih investasi yang aman. Juga sangat bagus jika Anda menginginkan investasi dengan jangka waktu pendek sampai menengah. 

Adanya transparansi yang jelas untuk Reksadana pendapatan tetap ini juga jadi salah satu kelebihan. Dimana semua Manajer Investasi wajib untuk melakukan pelaporan informasi mengenai kinerjanya ke seluruh investor Reksadana. 

2. Waktu Pencairan Lebih Fleksibel

Reksadana pendapatan tetap bersifat likuid untuk penyaluran dananya. Anda sebagai pemegang Reksadana bisa bebas memilih waktu pencairan. Anda bisa melakukan penjualan Reksadana berdasarkan harga nilai aktiva bersih atau NAB di hari yang sama saat pembelian Reksadana. 

Jadi jika Anda membutuhkan dana cepat, sangat tepat untuk memilih instrumen pendapatan tetap. Sehingga tidak perlu menunggu waktu jatuh tempo untuk pencairan dana.

3. Peningkatan Diversifikasi

Pada Reksadana pendapatan tetap terjadi peningkatan diversifikasi dari segi pengelolaan dana. Nantinya oleh manajer investasi, akan disalurkan ke beberapa macam instrumen investasi.

Alasannya tentu saja untuk mengurangi risiko yang harus ditanggung oleh investor. Namun tenang saja karena manajer investasi dari Reksadana adalah profesional, sehingga bijak dalam melakukan diversifikasi dana ke beberapa instrumen yang memberikan keuntungan maksimal. 

4. Potensi Return Tinggi

Jika Anda melakukan perbandingan antara Reksadana pendapatan tetap dengan deposito maka potensi imbal hasilnya tentu lebih tinggi. jika pertumbuhannya sedang bagus. Pada investasi jenis deposito, Anda hanya akan mendapatkan imbal hasil sekitar sampai 5%. 

Sementara jika dibandingkan dengan pasar uang, return-nya juga lebih tinggi, karena untuk pasar uang  sendiri hanya memiliki return 4,5% sampai 5,5% per tahunnya. 

5. Bebas Pajak

Reksadana merupakan investasi non pajak, artinya untuk instrumen pendapatan tetap juga tidak akan dikenakan pajak. Berbeda dengan deposito yang merupakan jenis investasi kena pajak PPH sebesar 20%.

Dari sini Anda bisa melihat bahwa investasi Reksadana memang lebih menguntungkan dari banyak jenis investasi lainnya. Terlebih juga aman karena semua instrumen investasi di Reksadana sudah mengantongi izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 

Karena terdaftar di OJK, maka semua kebijakan dan ketentuan Reksadana sudah diatur oleh pemerintah. Jadi Anda sebagai investor akan merasa aman terhadap uang yang diinvestasikan. 

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Tepercaya di DBS Treasures

Melakukan investasi untuk Reksadana pendapatan tetap tentu harus mencari mitra finansial yang tepercaya. Saat ini Anda bisa memilih DBS Treasures priority banking yang merupakan mitra manajemen kekayaan tepat untuk melakukan investasi Reksadana. 

Ada cukup banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih DBS Treasures saat berinvestasi. Apa sajakah itu? Simak baik-baik ya!

1. Pengelolaan Investasi Oleh Profesional

Untuk investasi Reksadana pendapatan tetap di DBS Treasures, sangat tepercaya karena semua pilihan investasi akan dikelola oleh manajer investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures. 

Manajer investasi ini sendiri, membantu untuk mengoptimalkan kinerja produk investasi yang dipilih sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal untuk Anda para investor. 

2. Panduan Berinvestasi

Belum tentu semua orang ahli dalam melakukan analisa pasar dan peluang terkini saat melakukan investasi. Maka dari itu, DBS Treasures memberikan panduan Anda untuk berinvestasi yang didukung oleh tim ahli finansial. 

Tim ahli finansial ini akan proaktif menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terkini yang telah dipersonalisasi untuk Anda.

3. Meminimalisir Risiko Lewat Diversifikasi

DBS Treasures akan membantu Anda melakukan diversifikasi investasi dengan memberikan informasi-informasi peluang investasi yang menarik dan sesuai dengan profil risiko Anda. 

Diversifikasi investasi ini tentu saja dilakukan untuk mengurangi risiko investasi. Penyebaran dana ke beberapa instrumen investasi ini dalam reksadana tentu saja merupakan salah satu tugas dari manajer investasi. 

Di mana, manajer investasi yang profesional maka sangat handal untuk memilih produk investasi mana untuk mengoptimalkan keuntungan dari tahun ke tahun.

4. Transparan dan Mudah Dibandingkan

Dengan memilih investasi Reksadana pendapatan tetap lewat DBS Treasures, maka Anda perlu tahu bahwa investasi jenis ini sangat transparan kinerjanya. Selain itu Anda juga jauh lebih mudah untuk melakukan perbandingan antara beberapa jenis investasi yang ada. 

Dari informasi di atas, tentu Anda sudah bisa melakukan analisa dan pemilihan Reksadana dari instrumen mana yang paling tepat dipilih saat ini. Pertumbuhan Reksadana pendapatan tetap yang semakin bagus tentu harus Anda pertimbangkan sebagai pilihan instrumen Reksadana yang tepat. Apalagi melihat potensi imbal hasilnya yang lumayan tinggi. 

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi Reksadana jenis apapun, maka bisa memilih DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan Anda. Di DBS Treasures, baik pembelian maupun penjualan paling transparan dan mudah dilakukan, dan dilengkapi dengan wawasan yang mendalam, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.

Wassalamualaikum wr wb


Sumber : 

https://lifepal.co.id/media/reksadana-pendapatan-tetap-adalah/#Keuntungan_dan_risiko_reksadana_pendapatan_tetap https://www.cermati.com/artikel/reksadana-pendapatan-tetap-pengertian-cara-hitung-untung-dan-produk-yang-paling-cuan

https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2021-10-12/indeks-melemah-reksadana-pendapatan-tetap-sucor-dan-manulife-terus-moncer


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Return Tertinggi Sepanjang 2021: Reksadana Pendapatan Tetap "