5 Situs Job Untuk Blogger dan Influencer

1 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Halo teman-teman, bersama Kak Ros di sini. Kali ini saya akan sharing tentang 5 situs job untuk blogger dan influencer. Di situs-situs inilah saya mendapatkan penghasilan.

Banyak teman-teman blogger yang bertanya: blogger tuh dapat duitnya dari mana sih? Blogger tuh dibayar berapa sih oleh brand? Emangnya ada ya, situs atau website yang menyediakan job-job khusus blogger?

Apakah kamu bertanya-tanya seperti itu? Kalau iya, akan saya jawab di artikel kali ini.

Asal teman-teman tahu ya, ada banyak marketplace atau website yang menjadi perantara jasa blogger. Jasa blogger yang saya maksud adalah content placement.

Content placement adalah penempatan link brand dalam sebuah artikel. Tujuannya, untuk menunjukkan bahwa link ini loh yang recommended, makanya dirujuk oleh blogger supaya pembaca juga bisa mengikuti rekomendasinya dengan cara meng-klik link tersebut. 

5 Marketplace Untuk Job Blogger

Biasanya, situs-situs ini menawarkan jasa content placement. Ada yang artikelnya kita tulis sendiri, atau ada yang kita udah terima beres artikel sehingga kita bisa langsung upload/publish.

Nah, apa sajakah situs job untuk blogger tersebut? Mari kita cari tahu!

1. Vira

Ini adalah salah satu marketplace job blogger paling terkenal sih. Alhamdulillah Vira rajin banget ngasih blogger kerjaan. Biasanya kita diminta menulis 1 artikel dengan 1 atau 2 link keluar. Biasanya juga Vira meminta kita untuk share link artikel tersebut di 2 media sosial yang kita punya, seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.

Untuk harganya, dimulai dari 105.000 per artikel. Rata-rata sih segitu. Tapi ada juga beberapa job di Vira yang ngasih harganya di atas 250.000. Jadi, coba apply aja!

Oh ya, untuk detail link marketplacenya, saya tulis di deskripsi di bawah ya. Biar nggak salah ketik dan langsung menuju situs terkait. Jadi kalian bisa langsung daftar.

2. Sosiago

Ini website job blogger yang menurut saya paling rame sih. Kenapa rame? Karena saya menilai bahwa besaran jasa yang ditawarkan di sini cukup minim. Cocok sih untuk teman-teman yang ternak blog. Kalau untuk blog utama, ya eman-eman sih. 

Untuk harganya, dimulai dari 30.000. Tapi tenang aja, lebih banyak yang harganya di atas 100.000. Kalau kamu cocok dengan harga 30.000, ya ambil aja. Kalau nggak cocok, ya skip aja. Kita masih punya banyak peluang rezeki yang “pas” di tempat lain.

3. Rajabacklink

Ada juga Rajabaclink. Ini sistemnya agak unik sih. Di sini kita hanya mendaftarkan blog kita dan tidak apply. Kalau Vira dan Sosiago kan kita nge-bid gitu ya, tapi kalau di Rajabacklink enggak. Justru brand yang memilih kita.

Jadi blog kita harus bersaing dengan puluhan ribu blog lainnya. Biasanya brand melihat blog berdasarkan DA, PA, Google Site, Alexa, dan juga harga. Jadi yaaa harga juga bersaing. Banyak blog yang menawarkan harga rendah supaya sering dapat job. Namun tenang saja, masih banyak sejumlah blog yang memberikan penawaran tertinggi, tapi tetep laku loh!

Mau tahu gimana caranya? Nanti saya kasih tipsnya ya supaya sering dapat orderan dari Rajabacklink dengan harga yang oke.

4. Hiip

Hiip ini keren sih. Hiip ini tetap memberikan fee terbaik untuk blogger-blogger terbaik yang mempertahankan kualitasnya. Kalau sekali nulis pengen dapat fee 400ribu, 500ribu, dan seterusnya, ya coba apply melalui Hiip.

Di sini, kita akan tergabung dalam Hiip Asia. Hiip Asia menaungi para blogger dan influencer se-Asia untuk mempertemukan dengan brand-brand besar. 

Untuk negara Indonesia, Hiip dipimpin oleh Mbak Shintaries Nijerinda dan Almazia Pratita selaku CEO dan COO Hiip Indonesia. Dulunya mereka founder sekaligus pemimpin BP Network (Blogger Perempuan Network). Namun sekarang udah ganti menjadi Hiip Indonesia supaya bisa memberikan jangkauan yang lebih luas, termasuk blogger-blogger di Indonesia.

Yuk, daftar Hiip Asia. Linknya saya taruh di deskripsi di bawah.

5. Intellifluence

Wuah ini nih, yang paling laris manis dan sedang diincar para blogger. Kenapa? Karena bayarannya dollar loh! Nggak tanggung-tanggung, 1 kali posting bisa dapat 100 dollar. Kalau dirupiahkan sekitar 1,3 atau 1,4 juta. Lumayan banget, kan? Alhamdulillah saya juga cukup sering dapat job dari sini. 

Intellifluence ini marketplace dari luar negeri. Banyak job untuk blogger dan influencer yang disediakan di sini. Bayarannya berupa dollar. Mulai dari 1 dollar hingga 10.000 dollar. Nanti kalau dapat bayaran dollar, kita cairkan lewat paypal. Lalu dari paypal bisa dicairkan ke rekening bank yang kita punya.

Lalu  pasti kamu bertanya-tanya: kalau jobnya dari luar negeri, apakah nulisnya pakai Bahasa Inggris? Tenang saja, beberapa brand yang bekerjasama justru meminta kita untuk menggunakan bahasa Indonesia. Jadi ya santai aja, menulislah seperti biasa kita menulis. 

Namun tentu saja, penawaran di situs ini menggunakan Bahasa Inggris. Jadi ya mari manfaatkan kemampuan kita berbahasa Inggris. Atau ya setidaknya mau untuk membuka Google Translate demi mendapatkan fee dalam bentuk dollar.

Itulah 5 situs di mana para blogger mendapatkan job atau penghasilan. Ini sih situs-situs yang paling sering ngasih saya job. Alhamdulillah rutin dan lancar.

8 Situs Job Blogger Berpenghasilan

Eh tapi masih ada loh website-website lain yang sering ngasih job juga untuk para blogger. Saya sebutkan saja ya. Mau saya deskripsikan, tapi jarang banget ngasih saya job, hehe.

Yak, berikut ini adalah situs-situs yang memfasilitasi job-job untuk blogger mendapatkan job.

  1. Blogpartner.id
  2. Projects.co.id
  3. Mediabacklink.com
  4. Eleve.id
  5. Sociabuzz
  6. Sribulancer
  7. Bloggerhub
  8. Facebook

Iya loooh, Facebook juga bisa menjadi tempat untuk blogger mendapatkan job. Kalau kalian tahu caranya, wuah bakalan sering deh dapat tawaran job-job blogger lewat Facebook. Kalau kalian pengen tahu gimana caranya, boleh request yaaa di kolom komentar. Supaya saya tahu, kalian pengen saya membahas apa.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 situs job untuk blogger yang memberikan kita cuan lancar. Dan sudah saya kasih tambahan bonus 7 situs job yang bisa kalian kulik lebih lanjut.

Alhamdulillah, selesai sudah sesi sharing kali ini tentang blog, semoga bisa membantu ya!

Wassalamualaikum !



Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar