Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seluk Beluk Asuransi Mobil All Risk

Assalamualaikum wr wb

Di era saat ini, mobil bukan lagi menjadi barang mewah yang jarang orang miliki. Hal ini tentunya terjadi karena meningkatnya kebutuhan pasar akan kendaraan pribadi untuk menunjang mobilitas masyarakat baik itu di kota kecil maupun kota besar. 

Saat ini, hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi, tidak terkecuali mobil. Masyarakat kalangan menengah saat ini sudah mulai menjadikan mobil sebagai kebutuhan penting, terutama bagi mereka yang sudah mulai berkeluarga. 


Hal tersebut juga dimudahkan dengan kredit mobil yang semakin mudah dilakukan. Oleh karena mobil telah menjadi hal yang penting bagi masyarakat, maka sudah saatnya masyarakat juga mulai memberikan perlindungan atas benda yang dianggap penting bahkan secara vital menunjang aktivitas sehari-hari ini. 

Perlindungan yang tepat tentunya melalui asuransi mobil. Sudah banyak Asuransi Mobil 2022 yang menjamur di pasaran untuk memberikan perlindungan ekstra kepada kendaraan pribadi yang dimiliki ini. 

Terdapat dua jenis asuransi mobil yang ada, yakni asuransi all risk dan total loss only. Namun, apakah kamu sudah memahami harus memilih produk asuransi mobil yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu? 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai asuransi mobil all risk yang sangat berguna dan disarankan untuk kamu miliki. Mengapa? Simak!

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi all risk, yang dikenal juga sebagai asuransi comprehensive, memberikan kendaraan pribadi yang kamu miliki sebuah perlindungan terhadap segala resiko yang dapat menimpa kendaraan kamu, mulai dari kecelakaan, bencana alam, kerusakan akibat tindak kriminal, bahkan hingga kehilangan akibat dicuri. 

Meskipun dengan premi yang lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan asuransi tlo (bahkan hingga 3 kali lipat bedanya), asuransi all risk memberikan pertanggungan yang jauh lebih besar. 

Asuransi ini mampu mengcover kecelakaan, benturan, tabrakan, tergelincir, kebakaran, pencurian, biaya derek, kerusakan roda, turun mesin, dsbnya sebagaimana tercantum pada polis asuransinya. 

Keuntungan Asuransi Mobil All Risk

Keuntungan dalam memiliki asuransi all risk secara umum sebagai berikut:

1. Cakupan manfaat yang kuas

Asuransi all risk memiliki manfaat pertanggungan yang lebih luas dari asuransi TLO yang hanya mampu mengcover kerugian jika kerusakan di atas 75% harga mobil tertanggung. 

2. Perlindungan total

Dengan asuransi mobil comprehensive ini, kamu tidak perlu lagi cemas akan risiko kerusakan yang bisa menimpa mobilmu karena besar atau kecilnya kerusakan tidak menjadi faktor utama klaim diterima atau tidak, berbeda dengan jenis asuransi TLO yang mengharuskan kerusakan mobil di atas 75%.

3. Menenangkan hati

Dengan asuransi mobil all risk yang melindungi mobil dari berbagai macam risiko, kamu tidak perlu lagi merasa takut atau cemas terhadap hal buruk yang mungkin akan terjadi menimpa kepada mobilmu. Selain itu, kita tidak akan terganggu dengan besarnya beban biaya perbaikan yang ada sehingga hati jadi lebih nyaman dan tenang.

Selain manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti pada penjelasan di atas, kamu juga bisa melakukan perluasan manfaat dari asuransi mobil yang mungkin belum tercantum pada polis asuransi kamu. 

Dengan manfaat pertanggungan yang jauh lebih luas tersebut, tentu menyebabkan biaya premi lebih mahal dibandingkan asuransi mobil TLO. 

Namun, biaya premi sendiri sudah diatur oleh OJK dengan membagi mobil menjadi lima kategori dengan tiga wilayah yang berbeda. Berikut adalah rinciannya

Kategori Uang Pertanggungan (Rupiah)

Wilayah 1 (Sumatera) - Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten) - Wilayah 3 (di luar wilayah 1 dan 2)

Kategori 1 0 – 125.000.000 3,28% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%

Kategori 2 > 125.000.000 – 200.000.000 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%

Kategori 3 > 200.000.000 – 400.000.000 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%

Kategori 4 > 400.000.000 – 800.000.000 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%

Kategori 5 > 800.000.000 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

Bagaimana? Apakah kamu sudah mulai paham dengan asuransi all risk? Sudah banyak produk asuransi diluaran sana yang dapat kamu pilih. Namun, perlu diingat bahwa asuransi yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu, ya!

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Seluk Beluk Asuransi Mobil All Risk"