Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi yang Aman untuk Pemula? Investasi Reksadana Pasar Uang Saja!

Assalamualaikum wr wb

Sebagai wadah untuk menghimpun modal para investor, Reksadana dinilai mampu menjadi instrumen investasi yang menjanjikan. Saat Kamu berinvestasi Reksadana, Kamu bisa mulai dengan modal rendah mulai dari 100 ribu rupiah atau bahkan 50 ribu rupiah saja. 

Selain itu, Reksadana juga cocok untuk Kamu yang masih awam karena prosesnya akan diserahkan kepada manajer investasi.


Sehingga nantinya Kamu tinggal menikmati keuntungan dari investasi yang satu ini. Nah dari sekian banyaknya jenis Reksadana, ada salah satu jenis Reksadana yang akan mewujudkan impian Kamu mendapatkan pundi-pundi rupiah yaitu Reksadana pasar uang

Selain menguntungkan, ternyata Reksadana jenis ini juga sangat cocok untuk para investor yang masih awam di bidang investasi. Nah, apakah Kamu adalah salah satunya? 

Jika Kamu hendak masuk ke dunia investasi Reksadana, alangkah baiknya Kamu ketahui dulu apa itu Reksadana pasar uang dan kenapa harus berinvestasi di bidang ini. Penasaran apa saja informasinya?

Apa itu Reksadana Pasar Uang?

Perlu Kamu ketahui bahwa Reksadana memiliki empat jenis mulai dari Reksadana saham, Reksadana pendapatan tetap, Reksadana campuran, dan Reksadana pasar uang. 

Dari keempat jenis Reksadana tersebut, Reksadana pasar uang merupakan jenis yang dinilai paling menguntungkan dan tentunya minim risiko untuk investor yang menggunakannya.

Reksadana pasar uang merupakan jenis Reksadana yang menggunakan instrumen pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari setahun. 

Bentuk Reksadana yang satu ini dapat berupa sertifikat deposito, deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia atau SBI, Surat Berharga Pasar atau SBPU, dan instrumen pasar uang lainnya.

Adapun tujuan dari Reksadana jenis ini untuk menjaga likuiditas dan untuk memelihara modal. Yang menarik dari Reksadana ini adalah risiko kerugiannya yang paling rendah dibandingkan dengan jenis Reksadana lainnya. 

Kenapa demikian? Jawabannya akan kami ulas pada informasi selanjutnya di bawah ini. 

Kenapa Harus Berinvestasi Reksadana Pasar Uang?

Sebelum Kamu terjun ke bidang investasi Reksadana pasar uang, ada beberapa alasan yang akan membuat Kamu semakin tergiur untuk menggunakan investasi jenis ini. Nah, penasaran apa saja keunggulan dari Reksadana yang satu ini? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Kesempatan Mendapat Keuntungan Tinggi

Keuntungan Reksadana yang pertama adalah Kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Bahkan investor pemula bisa memperoleh imbalan sekitar 5-7 persen per tahun. 

Tentunya keuntungan yang Kamu dapatkan ini jauh lebih tinggi dibandingkan deposito. Hal ini disebabkan karena suku bunga Reksadana yang mengikuti arus rate perbankan, sedangkan suku bunga deposito sudah ditetapkan sejak awal melakukan investasi.

2. Imbalan Tidak Dibebankan Pajak Penghasilan

Berbeda dari deposito yang dikenakan pajak, penghasilan yang Kamu dapatkan dari Reksadana jenis ini tidak akan dibebankan pajak penghasilan. 

Pada Reksadana pasar uang, manajer investasi akan menempatkan investasi pada instrumen yang bersifat high liquid seperti obligasi, SBI, dan deposito. Sehingga adanya diversifikasi yang akan membuat penanam modal mendapatkan imbalan yang maksimal tanpa pajak.

3. Cocok Digunakan untuk Investasi Jangka Pendek

Jika Kamu hendak mendapatkan keuntungan untuk jangka pendek, maka Reksadana jenis ini adalah pilihan tepat. 

Kamu bisa berinvestasi menggunakan Reksadana yang satu ini dengan masa kurang dari satu tahun. Sehingga Reksadana ini tidak cocok untuk Kamu yang ingin berinvestasi guna memenuhi dana pensiun.

4. Bersifat Liquid

Yang menarik dari Reksadana pasar uang adalah sifatnya yang liquid. Hal ini berarti Kamu dapat mencairkan keuntungan aset kapan saja, dan tentunya bebas pajak serta penalti. 

Adanya keuntungan ini sering digunakan oleh para investor untuk menggunakan keuntungan tanpa perlu menunggu jatuh tempo seperti investasi deposito. 

5. Dapat Berinvestasi Mulai Dari 100 Ribu

Keuntungan Reksadana yang tidak akan Kamu dapatkan dari jenis investasi lainnya adalah Kamu dapat mulai berinvestasi mulai dari 100 ribu saja. 

Kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan tentunya keuntungan yang menjanjikan, apalagi jika Kamu menggunakan digibank by DBS dengan produknya yang bernama digibank by DBS.

Berinvestasi Reksadana Pasar Uang di digibank by DBS yang Rendah Risiko

Produk Reksadana dari digibank by DBS ini akan memberikan kenyamanan untuk Kamu sebagai investor pemula yang ingin terjun langsung ke dunia investasi. Adapun beberapa alasan kenapa Kamu harus menggunakan produk digibank by DBS adalah sebagai berikut.

1. Pembelian Berkala yang Flexible

Keuntungan Reksadana digibank by DBS yang pertama adalah Kamu dapat melakukan pembelian secara berkala dengan fleksibel. Tentunya hal ini akan memudahkan Kamu untuk melakukan segala jenis transaksi dengan mudah tanpa harus menunggu waktu tertentu. 

2. Mulai Dari Rp100 Ribu

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa investasi Reksadana pasar uang dapat dilakukan dengan modal rendah, tidak terkecuali untuk produk digibank by DBS. Kamu dapat mulai berinvestasi dengan modal super hemat mulai dari 100 ribu saja. Menarik bukan? 

3. Segala Jenis Transaksi Menggunakan Satu Aplikasi

Aplikasi digibank by DBS akan memberikan layanan super lengkap untuk Kamu. Mulai dari daftar SID, jual, beli hingga switch semuanya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi digibank by DBS saja.

4. Pilihan Produk Lengkap

Tahukah Kamu bahwa ada lebih dari 50 produk Reksadana yang dapat Kamu nikmati saat menggunakan digibank by DBS. 50 produk ini tentunya akan memberikan keuntungan yang maksimal untuk Kamu sebagai investor. 

5. 3 Pilihan Reksadana Kategori

Keuntungan Reksadana dari digibank by DBS selanjutnya adalah adanya 3 pilihan Reksadana kategori. Ketiganya adalah kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Jadi tunggu apalagi?

Sebagai Reksadana pasar uang layaknya sajian lengkap investasi ala rumah makan padang, digibank by DBS akan membantu Kamu mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan risiko kerugian yang rendah. 

Oleh karena itu, yuk segera unduh aplikasi digibank by DBS dan jangan lupa untuk follow akun Instagram digibank by DBS sekarang juga. Rasakan sejuta keuntungan hanya dengan satu aplikasi dari digibank by DBS. 


sumber:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana

https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2018-07-17/pengertian-reksadana-jenis-keuntungan-dan-risikonya?utm_source=ga_google&utm_medium=ga_googleAd&utm_campaign=GCPA_TRF_ARTIKEL_OKT&gclid=Cj0KCQjwt-6LBhDlARIsAIPRQcIW1PNKLz4Im_nWd77eWB1RjMYZNUAtN12DvqSSjZQmcYTATmPa_D8aAhUsEALw_wcB

https://cerdasbelanja.grid.id/read/522953420/ini-alasan-investasi-reksadana-pasar-uang-cocok-untuk-pemula?page=all

https://biz.kompas.com/read/2021/10/22/221350928/reksa-dana-pasar-uang-investasi-rendah-risiko-yang-cocok-bagi-investor-pemula

  

  


Posting Komentar untuk "Investasi yang Aman untuk Pemula? Investasi Reksadana Pasar Uang Saja!"