Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah Memulai Bisnis Baju Anak Agar Laris Manis

Assalamualaikum wr wb

Saat ini populasi manusia di dunia telah menyentuh angka 7 miliar orang dan tahukah kamu dalam 5 detik ada 25 bayi yang terlahir di dunia. 

Nah dari pertumbuhan ini, kebutuhan akan sandang pun menjadi meningkat terutama pada baju anak-anak.

Tidak hanya pakaian, biasanya juga para orang tua memenuhi kebutuhan anak mereka dengan berbagai aksesoris lucu. 

Meningkatnya kebutuhan tersebut mengakibatkan banyaknya bisnis-bisnis baru yang muncul. Maka dari itu, bisnis baju anak dinilai cukup menguntungkan.

Bisnis pakaian anak adalah bisnis yang menjanjikan. 



Melihat hal tersebut maka tidak salah jika menyebut bahwa bisnis pakaian anak adalah salah satu bisnis yang memiliki potensi menjanjikan.

Saat ini banyak UMKM yang bergerak di industri pakaian mulai merambah produksinya ke pakaian anak-anak. 

Nah, bagi kamu yang ingin berbisnis, tidak ada salahnya kamu mencoba peruntungan di bisnis pakaian anak ini. 

Alasan Bisnis Anak Makin Laris dan Potensial

Berikut adalah alasan kenapa bisnis pakaian anak-anak merupakan bisnis yang potensial.

1. Orang tua lebih mementingkan anaknya

Setiap orang tua rela berkorban demi anak mereka, salah satu contohnya adalah mementingkan kebutuhan anaknya termasuk sandang mereka. 

Setiap orang tua menginginkan produk pakaian yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.

2. Anak pasti tumbuh

Tidak seperti orang dewasa yang memiliki ukuran tubuh tetap dan tidak berubah, anak-anak selalu tumbuh setiap tahun.

Pertumbuhan ini mengharuskan orangtua untuk membeli pakaian baru yang sesuai dengan ukuran tubuh anak mereka.

3. Tingkat persaingan rendah

Meskipun meningkat tapi usaha yang terjun dan memfokuskan diri memproduksi pakaian anak masih tergolong sedikit.

Hal itu membuat persaingan menjadi lebih ringan dibanding memulai usaha dibidang pakaian dewasa.

4. Biaya produksi lebih rendah

Ukuran pakaian anak lebih kecil dibandingkan pakaian dewasa dan tentu saja hal tersebut penggunaan bahan untuk pakaian anak lebih sedikit dibandingkan pakaian dewasa

Penggunaan bahan yang lebih sedikit tentu saja berpengaruh pada modal yang perlu diperlukan yang juga pasti lebih sedikit.

5. Target pasar yang luas

Selain dijual langsung kepada orang tua yang memiliki anak pakaian anak juga bisa dijual kepada orang yang ingin memberikan kado untuk menyambut kelahiran anak dari teman atau kerabat mereka.

Langkah untuk memulai usaha pakaian anak
Beberapa alasan diatas mungkin bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai bisnis di bidang pakaian anak.

Cara Memulai Usaha Pakaian Anak


Namun hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah langkah sebelum memulai usaha pakaian anak itu sendiri, berikut adalah langkah memulai usaha pakaian anak agar usahamu laris manis.

1. Tentukan jenis baju yang ingin dijual

Pilihan pakaian anak terdiri dari berbagai bentuk dan model serta terbagi dalam beberapa kategori seperti, baju tidur, baju pergi, hingga baju main.

Kategori ini  dapat kamu pilih yang cocok untuk dijual ke pasaran. 

2. Pilih target pasar

Memilih target pasar di fase awal bisnis merupakan hal yang wajib dilakukan karena hal ini akan menentukan produk yang kamu hasilkan.

Menentukan target pasar dapat dimulai dari pemilihan target pasar yang dituju dan diambil dari pengklasifikasian, kelas sosial, status ekonomi serta gender.

3. Pahami tren

Industri di dunia fashion adalah industri yang dinamis dan selalu berubah-ubah tiap waktu tergantung tren apa yang sedang menjadi perbincangan.

Dengan memahami tren kamu dapat dengan mudah masuk ke dalam pertarungan pasar, namun meskipun trend sangat membantu kamu tetap harus memiliki identitas brand yang konsisten.

4. Pilih supplier terbaik

Supplier terbaik adalah supplier yang dapat memberikan bahan dengan kualitas bagus dan harga yang murah.

Namun mencari supplier terbaik tersebut perlu dilakukan percobaan beberapa kali hingga menemukan supplier yang cocok.

5. Bangun brand

Untuk dapat berkembang dan dikenali pasar kamu perlu membangun brand dari produk-mu dengan identitas yang telah ditentukan.

Dalam mebangun sebuah brand yang memiliki identitas kamu memerlukan beberapa hal, seperti nama, logo, hingga keunikan brand.
 

6. Perhatikan kualitas produk

Kualitas produk secara tidak langsung ditentukan oleh supplier berkualitas yang telah dibahas di poin sebelumnya.

Namun selain itu kamu juga wajib melakukan quality control untuk produk-mu agar konsumen merasa puas dengan kualitas yang mereka terima.

7. Kembangkan keunikan brand

Salah satu cara agar brand dapat dikenali adalah dari keunikan yang dimiliki dan ditonjolkan dan hal ini berkaitan dengan poin membangun brand yang telah disebutkan di poin sebelumnya.

8. Analisa harga kompetitor

Analisa Harga merupakan hal yang penting untuk memulai bisnis dan analisa harga ini bisa dilakukan dengan melakukan survey harga untuk produk yang serupa di segmen yang sama.

Harga yang terlalu tinggi akan beresiko membuat produk tidak laku di pasaran, namun harga yang terlalu murah akan berefek pada perubahan target pasar dan taktik pemasaran.

9. Lakukan promosi menarik

Setelah brand dan produk sudah berhasil dibuat maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan promosi. Kamu dapat memanfaatkan sosial media seperti instagram, twitter atau facebook.

Nah selain itu kamu juga dapat menggunakan platform e-commerce yang tersedia seperti LaDaRa yang sangat mendukung para UMKM lokal untuk berjualan secara online.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha pakaian anak, semoga tips dan langkah diatas dapat membantumu memulai usaha baru ya!

Namun selain hal penting di atas satu hal lagi yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah konsistensi dan kerja keras ketika kamu sudah memutuskan untuk memulai bisins.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Mudah Memulai Bisnis Baju Anak Agar Laris Manis"