Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Kompleks Prosedur Pemasangan Perangkat Keamanan?

Assalamualaikum wr wb

Perangkat keamanan  adalah suatu alat yang digunakan untuk melakukan upaya pengamanan suatu objek yang ditentukan. 

Perangkat ini umumnya diintegrasikan dengan sistem keamanan lain yang telah dipasang sebelumnya untuk menciptakan suatu lingkungan yang aman dan nyaman. 

Pemasangan sistem keamanan dilakukan secara seksama untuk membuat pengamanan yang optimal.

Perangkat ini dipercaya untuk melakukan fungsi pengamanan tanpa henti yang wajib dilakukan untuk melindungi suatu tempat atau objek. 

Adanya perangkat sistem keamanan pada suatu tempat akan menghadirkan suatu rasa aman dalam setiap kegiatan yang dilakukan, dan juga meminimalisir setiap resiko keamanan yang mengintai dan mungkin terjadi kapan saja.


Risiko Bahaya Mengintai pada Objek Tanpa Sistem Pengamanan

Suatu objek atau tempat yang tidak dilengkapi dengan sistem keamanan lebih rentan terhadap risiko bahaya. 

Sehingga,  pemasangan perangkat keamanan  perlu dilakukan untuk menekan risiko yang mungkin ada, untuk menghindari kerugian akibat risiko bahaya yang terjadi.

Misalnya saja dalam sebuah lingkungan perumahan, apabila tidak dilengkapi dengan perangkat sistem keamanan yang mumpuni maka pelaku kejahatan akan lebih leluasa melakukan kriminalitas. 

Berbagai merek sistem keamanan saling bersaing untuk menghadirkan solusi keamanan yang terbaik dan mampu memuaskan konsumen. 

Tak hanya persaingan antar merek, namun satu merek juga bisa mengeluarkan berbagai seri yang semakin menambah keberagaman pilihan bagi konsumen.

Cara Pemasangan Perangkat Keamanan yang Efektif

Dengan berbagai pilihan sistem keamanan yang tersedia, tentunya semakin mudah untuk menentukan kebutuhan dan juga spesifikasi yang diperlukan. 

Setelah memilih, maka selanjutnya adalah melakukan instalasi atau pemasangan perangkat keamanan yang telah ditentukan, berikut adalah tahapan cara pemasangan sistem keamanan.

1. Melakukan Perencanaan

Tahapan pertama adalah melakukan perencanaan secara matang. Perencanaan ini meliputi titik penempatan kamera keamanan. Pilihlah sudut atas pada pemasangan di ruangan tertutup untuk menjangkau seluruh ruangan. 

Untuk luar ruangan, kabel koneksi dan daya harus diamankan bahaya seperti hujan, dan penempatan kamera yang paling optimal adalah pada radius kurang lebih 4 meter 

2. Melakukan Pemasangan Perangkat Kamera

Pemasangan CCTV wireless pada titik yang telah ditentukan cukup mudah. Pertama dengan melubangi media tempat CCTV dan menempelkan cetakan sekrup. 

Kemudian, pasang kamera dan kencangkan sekrup, jangan lupa untuk memasukkan kabel power ke dalam soket dan pastikan bahwa ujung kabel telah terkunci dengan sempurna.

3. Menempatkan Penyimpanan

Langkah ketiga adalah menempatkan penyimpanan. Penyimpanan dari kamera pengawas berupa hardisk yang menyimpan semua data yang direkam oleh kamera pengawas. 

Penting untuk meletakkan penyimpanan ini pada area yang tertutup dan rahasia untuk tetap membatasi akses atas rekaman.

4. Melakukan Pengelolaan kabel power

Selanjutnya adalah melakukan pengelolaan kabel. Buatlah alur untuk semua unit kamera menuju ke sumber power dengan rapi untuk memudahkan perawatan. 

Gunakan cetakan atau pembungkus kabel agar kabel tetap aman. Paku cetakan pada dinding dan masukkan kabel kedalam cetakan ini.

5. Menghubungkan Kabel Sistem Keamanan

Langkah terakhir adalah menghubungkan semua yang telah disusun tadi. Pastikan kabel power dari semua unit CCTV wireless telah terpasang dan kamera telah terhubung secara sempurna pada jaringan untuk dapat terhubung ke hardisk penyimpanan. 

Pemasangan sistem keamanan telah selesai dan lakukan uji coba untuk memastikan sistem bekerja dengan baik.

Software dari HikCentral Enterprise Bisa Dipadukan dengan CCTV Wireless

Sebaiknya, CCTV yang dipasang sebagai perangkat keamanan dipadukan bersama sistem keamanan yang bisa terintegrasi dengan berbagai elemen keamanan. 

HikCentral Enterprise dari Hikvision bisa menjadi solusi integrasi keamanan gedung dengan keunggulan, sebagai berikut. 

HikCentral Enterprise merupakan platform terbuka yang bisa diintegrasikan secara mudah bersama sistem ketiga lainnya. 

Keunggulan HikCentral Enterprise dari Hikvision

Fasilitas ini memudahkan pengelola gedung dalam mengintegrasikan berbagai teknologi keamanan, sehingga pemantauan aspek keamanan bisa melalui satu sistem sentral. 

Misalnya, sistem akses kontrol yang terintegrasi bersama elemen keamanan lain, salah satunya kamera CCTV. 

Pengintegrasian ini membantu pengelola gedung mencegah penyalahgunaan akses, sampai memonitor kinerja karyawan. 

Dengan penerapan sistem akses kontrol, orang-orang yang beraktivitas dalam gedung, wajib memiliki kredensial untuk memasuki suatu area. 

Jadi, HikCentral Enterprise tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga meningkatkan efisiensi berbagai perangkat keamanan. 

Berbekal video sebagai kompetensi inti, perangkat Hikvision tidak hanya bermanfaat untuk keamanan, tetapi bisa meningkatkan keuntungan bisnis. 

Karena perangkat ini didukung kombinasi teknologi IoT, pengenalan wajah, artificial intelligence, analisis data besar, dan sistem lainnya. 

Adanya teknologi ini menjadikan manajemen perusahaan bisa menggunakan aplikasi terpadu dan cerdas. 

Perangkat keamanan platform ini ditawarkan sebagai solusi keamanan gedung yang mencakup empat industri vertikal. 

Industri-industri tersebut seperti retail, komersial, pendidikan dan kawasan industri. Perangkat ini memiliki manfaat yang cenderung spesifik untuk masing-masing jenis industri. 

Keunggulan HikCentral Enterprise dari Segi Komersil

Dari segi komersial, fitur keamanan komersial yang didukung artificial intelligence membuat HikCentral Enterprise bisa menawarkan solusi komprehensif end-to-end. 

Solusi dimulai memasuki gedung system entry & exit pada HikCentral Enterprise Commercial, dilengkapi kamera ANPR dan panduan tempat parkir. Adanya parking guidance menjadikan efisiensi waktu lebih baik dan mudah dalam manajemen kendaraan. 

HikCentral Enterprise untuk komersial ini juga menghadirkan solusi bagi human access management, seperti visitor management dan sebagainya. 

Fitur keamanan HikCentral Enterprise Retail dibekali artificial intelligence, bisa menjadi solusi komprehensif end-to-end dalam peningkatan strategi yang lebih efisien. 

Selain keamanan, perangkat ini juga menawarkan solusi dalam meningkatkan daya jual produk memakai strategi proactive marketing. 

Strategi ini direalisasikan memakai kamera CCTV dengan fitur customer analysis, kemudian diintegrasikan bersama customers data VIP. 

Dengan cara pemanasan yang cukup mudah, sebuah sistem keamanan memang seharusnya dipasangkan untuk melaksanakan fungsi keamanan. 

HikCentral Enterprise dari Hikvision mampu mengintegrasikan berbagai perangkat keamanan yang terpasang menjadi satu manajemen. Sehingga pengelolaan sistem keamanan menjadi lebih efektif dan terpusat. 

Wassalamualaikum wr wb


Sumber:
https://www.orami.co.id/magazine/cara-pemasangan-cctv/
https://www.merdeka.com/trending/6-cara-memasang-cctv-sendiri-dengan-mudah-tak-perlu-repot-panggil-teknisi-kln.html

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Seberapa Kompleks Prosedur Pemasangan Perangkat Keamanan?"