Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Asuransi Rumah yang Baik Berdasarkan Pengalaman

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah kini saya sudah punya rumah. Yaa meski KPR, tapi setidaknya kami menempati rumah yang nyaman sehingga bisa fokus bekerja, beribadah, dan berkegiatan. Rumah KPR kami juga diasuransi loh! Iya, kami menggunakan asuransi rumah demi keamanan kami sekeluarga.

Untuk saat ini, rumah KPR wajib diasuransi. Mengapa begitu? Karena saat kejadian covid-19 kemarin, banyak pemilik KPR yang nggak mampu melunasi cicilannya. Makanya, pemerintah mewajibkan kami untuk menggunakan asuransi rumah. 

Tips Memilih Asuransi Rumah yang Bagus

Nah, kali ini saya akan sharing tentang bagaimana tips memilih asuransi rumah yang baik. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman supaya bisa menjadi pembelajaran bagi teman-teman. Simak baik-baik ya!

1. Cari Tahu Manfaat Asuransi Rumah

Sebelum menentukan asuransi rumah yang bagus, ada baiknya kamu untuk mencari tahu apa manfaat asuransi rumah. Hal ini menjadi langkah awal supaya kamu tidak tergesa-gesa atau meremehkan asuransi rumah.

Berikut ini adalah 5 manfaat asuransi rumah yang harus kamu pahami dengan benar:

  1. Mengcover sejumlah kerugian yang timbul dari musibah (longsor, banjir, kebakaran, dll)
  2. Membantu menyelesaikan gugatan secara hukum
  3. Membantu menanggung risiko akibat pencurian
  4. Membantu biaya renovasi rumah apabila mengalami rusak berat
  5. Memberi rasa aman kepada pemilik rumah

2. Cari Tahu Asuransi Terbaik Untuk Rumah

Setelah memahami manfaat asuransi, selanjutnya kamu perlu mencari tahu mengenai perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi rumah. Tidak perlu terburu-buru untuk menentukan perusahaan asuransi. Pelan-pelan saja.

Kamu bisa mengumpulkan berbagai brosur asuransi. Kumpulkan saja semuanya seperti koleksi. Dengan brosur cetak, maka kamu akan lebih mudah mengecek penawaran dan fasilitas yang ditawarkan untuk asuransi rumah.

3. Bandingkan Antar Asuransi

Sebaiknya kamu jangan fokus dengan 1 perusahaan asuransi. Coba filter berbagai perusahaan asuransi hingga kamu mendapatkan 5 yang terbaik. Lalu bandingkan di antara kelimanya.

Kamu bisa membandingkan berdasarkan segi harga, pelayanan, jaminan, dan kredibilitas dari perusahaan tersebut. Sebab, kamu harus mempercayakan uangmu dan rumahmu di tempat yang mampu menjaga amanah dengan baik. 

4. Datang Langsung ke Kantor Asuransi

Dikarenakan asuransi ini genting sekali dan sangat terkait dengan keberadaan uang kita, maka kita harus hati-hati saat menentukan asuransi. Ada baiknya bila kamu langsung datang ke kantor asuransi terkait untuk menanyakan hal-hal yang krusial.

Saat datang ke kantor asuransi, cobalah tanyakan tentang:

  1. Fasilitas yang ditawarkan
  2. Skema pembayaran
  3. Cara klaim asuransi
  4. Nilai pertanggungan asuransi

5. Cari Tahu Rekam Jejak Digital

Sebelum benar-benar memutuskan hendak memilih asuransi yang mana, ada baiknya bila kamu mengetahui rekam jejak dari perusahaan asuransi tersebut. Kamu bisa mendapatkan infonya dari teman, kerabat, atau saudara. 

Bisa juga cari tahu informasi mengenai testimoninya di internet. Disarankan untuk jangan mencari testimoni di website atau media sosialnya. Melainkan coba saja cari testimoni asuransi tersebut di Facebook, Twitter, atau Quora. Dijamin kamu tahu baik buruknya asuransi yang hendak kamu pinang.

Nah, itulah 5 tips memilih asuransi rumah yang bisa kamu terapkan. Jadi jangan terburu-buru untuk menentukan asuransi rumah ya, pelan-pelan saja.

Sebenarnya, tips memilih asuransi ini juga bisa digunakan untuk kamu yang hendak memilih asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan lainnya. Intinya sama kok. Kamu harus cermat dalam memilih asuransi.

Selamat berjuang!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Asuransi Rumah yang Baik Berdasarkan Pengalaman"