Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Contoh Chat Dosen Untuk Tanya Kuliah dan Skripsi

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman, kali ini Kak Ros punya postingan spesial. Yakni tentang contoh chat dosen untuk tanya-tanya seputar kuliah, apalagi skripsi. Mulai dari contoh chat dosen untuk konsultasi KRS, contoh wa dosen untuk perbaikan nilai, dan lainnya.

Berdasarkan pengalaman, saya juga kalau ada perlu ke dosen, biasanya kirim pesan melalui Whats App dulu. Rasanya nggak etis gitu ya kalau tiba-tiba menemui dosen lalu menodong untuk menyelesaikan apa yang kita minta.

contoh chat wa dosen tanya kuliah

Justru kita harus janjian sama dosen dulu. Soalnya dosen tuh banyak banget yang dipikirkan. Nggak cuma mikirin nilai mahasiswa. Dosen juga harus bikin materi kuliah, bimbingan skripsi, ngerjain hibah penelitian, rapat, dan lainnya.

Jadi ada baiknya bila kita chat wa para dosen terlebih dahulu. Supaya dosen-dosen nggak kaget kalau bertemu kita. Juga supaya dosen-dosen tidak merasa bersalah banget bila membiarkan mahasiswanya menunggu. Setidaknya, dengan membalas chat mahasiswa, dosen memberikan sedikit kepastian dan angin segar.

1. Contoh Chat Dosen Untuk Konsultasi KRS

Biasanya kalau KRS-an tuh, kita lagi di rumah. Bener, nggak? Mager banget kalau disuruh ke kampus. Maunya ke kampus kalau KRS udah disetujui, lalu kita minta ttd dosen wali deh!

Lalu, gimana contoh chat dosen bila ingin konsultasi KRS? Mungkin 2 contoh berikut bisa membantu.

a. Hendak Konsultasi KRS

Assalamualaikum wr wb
Selamat siang,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), salah satu mahasiswa dengan Prof Indarto sebagai dosen pembimbing akademik
Saya hendak konsultasi KRS. Kapan dan di mana sekiranya Prof Indarto bisa saya temui? 

Terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

b. Persetujuan KRS

Assalamualaikum wr wb
Selamat siang,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), salah satu mahasiswa dengan Prof Indarto sebagai dosen wali.

Saya sudah mengisi KRS dan mengambil 24 sks untuk semester 3 sesuai yang disarankan prodi dan Prof Indarto.

Saya hendak memohon persetujuan KRS oleh Prof Indarto sebagai dosen wali.

Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb

2. Contoh WA Dosen Untuk Perbaikan Nilai

Sejujurnya saya nggak pernah minta perbaikan nilai kepada dosen. Karena saya yakin dosen memberikan nilai sesuai kemampuan. Bahkan ilmu kita nggak ada apa-apanya daripada dosen. Intinya, jangan merasa lebih tinggi dan jangan merasa lebih benar. Ilmu kita tidak seberapa.

Tapi bila kamu ngotot pengen chat wa ke dosen untuk perbaikan nilai, mungkin Kak Ros akan ngasih saran untuk menemui dosen saja. Jadi, tentang perbaikan nilai jangan disampaikan lewat wa. Melainkan ajak ketemu dulu.

a. Mengajak Bertemu Dosen Untuk Perbaikan Nilai

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), salah satu mahasiswa yang mengampu Mata Kuliah Biomedik dengan Prof Marga sebagai dosen pengampu.

Dalam mata kuliah Biomedik kemarin, saya mendapatkan nilai D. Padahal saya merasa bahwa saya sudah mengerjakan ujian dengan baik, mengumpulkan tugas dengan baik, aktif bertanya dan menjawab di kelas, dan berperilaku baik di kelas.

Bolehkah saya menemui Prof Marga untuk membahas permasalahan ini? Mungkin Prof Marga bisa menunjukkan detail penilaian terhadap saya supaya saya bisa evaluasi diri.

Mohon maaf bila permintaan saya ini menggangu Prof Marga. Sejatinya saya hanya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Terima kasih atas pengertiannya
Wassalamualaikum wr wb

3. Cara Mengingatkan Dosen yang Lupa

Biasanya ini terjadi apabila dosen lupa bahwa akan ada mata kuliah atau ada janjian untuk bimbingan skripsi. Kita boleh loh mengingatkan dosen yang lupa, tapi dengan kalimat yang baik.

Mungkin contoh chat berikut bisa menjadi alternatif kalimat untuk wa dosen yang sopan.

a. Lupa Kalau Ada Kuliah

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), ketua kelas untuk Mata Kuliah Biomedik dengan Prof Marga sebagai dosen pengampu.

Hendak mengingatkan bahwa hari ini pukul 09.00 ada mata kuliah Biomedik di Ruang PPS 10.

Terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

b. Lupa Kalau Udah Janjian Bimbingan Skripsi

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), mahasiswa bimbingannya Prof Indarto.

Hendak mengingatkan bahwa saya akan menghadap Prof Indarto untuk bimbingan pada pukul 10 pagi.

Terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

c. Mengingatkan Dosen Penguji Untuk Datang Seminar Proposal

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), mahasiswa yang akan seminar proposal dengan judul Analisis Erosi dan Arahan Konservasi di Sub-Sub DAS Kasmaran DAS Bedadung.

Hendak mengingatkan bahwa Pak Yagus bertindak sebagai dosen penguji dan akan diselenggarakan seminar proposal siang nanti pada pukul 13.00 di ruang PPS 10.

Terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

4. Cara Meminta Tanda Tangan Dosen Pembimbing

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), mahasiswa bimbingannya Prof Indarto.

Saya sudah menyelesaikan revisi naskah skripsi sesuai yang disarankan oleh Prof Ind. Saya hendak meminta tanda tangan Prof Indarto sebagai dosen pembimbing supaya saya bisa segera maju seminar proposal.

Kapan  dan jam berapa sekiranya Prof Indarto bisa saya temui?

Terima kasih.
Wassalamualaikum wr wb

5. Contoh Izin Sakit ke Dosen Lewa WA

Sekarang izin juga bisa chat langsung ke wa. Entah kamu izin sakit, entah sedang didapuk jadi pembawa acara seminar kampusmu, entah sedang mengikuti lomba, dan lainnya.

Izin tuh nggak papa, asalkan ada surat dan buktinya. Kalau sakit ya butuh surat keterangan dokter. Kalau ada kegiatan, ya berarti butuh surat keterangan atau surat tugas. Surat-surat tersebut kamu lampirkan sebagai bukti ya!

Eh tapi kalau kamu mau izin untuk main ke tempat wisata yang keren alias bolos, saya nggak tahu ya. Sesungguhnya tidak saya sarankan. Hahaha.

a. Contoh Izin Sakit

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), mahasiswa yang mengampu mata kuliah Biomedik dengan Prof Marga sebagai dosen pengampu.

Saya hendak mengabarkan bahwa saya sedang sakit sehingga tidak bisa masuk perkuliahan pada hari ini. Dokter bilang bahwa saya harus istirahat dulu kurang lebih 3 hari (surat dokter terlampir).

Mohon sekiranya Prof Marga memaklumi akan ketidakhadiran saya pada kuliah Biomedik hari ini dikarenakan saya sakit. Mohon doanya juga supaya rasa sakit ini segera diangkat.

Terima kasih atas pengertiannya.
Wassalamualaikum wr wb

b. Contoh Izin Dispensasi Kuliah

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi,

Saya Rhoshandha Amalia (NIM 172520103009/Fak. Kedokteran), mahasiswa yang mengampu mata kuliah Biomedik dengan Prof Marga sebagai dosen pengampu.

Mohon maaf, hari ini saya izin dispensasi sehingga tidak bisa mengikuti mata kuliah Biomedik yang akan dilaksanakan pukul 1 siang nanti. Saya izin dispensasi karena hari ini sedang presentasi paper di seminar nasional yang diselenggarakan di Bali.

Mohon sekiranya Prof Marga memaklumi akan ketidakhadiran saya pada kuliah Biomedik hari ini. Mohon doanya untuk keberhasilan saya atas paper yang saya presentasikan.

Terima kasih atas pengertiannya.
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan

Intinya, seperlu apapun dan sesering apapun kamu chat dengan dosen, pastikan kamu tetap menulis nama dan nim/fakultas. Mengapa?

Karena dosen tidak akan dan tidak mau menyimpan kontakmu. Lah elu siapa? 

Memang sih, ada dosen yang menyimpan kontak mahasiswa. Tapi kan tidak semuanya. Jadi ya lebih baik, kita jaga-jaga dengan selalu menyertakan nama kita.

Yakin deh, itu akan dianggap sopan banget.

Nggak perlu pakai kata-kata puitis ala Fiersa Besari. Cukup ada sapaan, nama, tujuan, dan terima kasih. Itu sudah sangat sopan.

Oh ya, dan saya nggak pernah menggunakan kata “mohon maaf menggangu”. Mengapa? Karena dengan berkata seperti itu, saya menyadari bahwa saya akan menggangu dan dosen tidak mau mengganggu.

Jadi, biarkan kita nulis apa adanya. Toh, dosen akan buka chat kita sewaktu-waktu. Jadi tidak akan mengganggu tugas utamanya. 

Tapi itu dari pengalaman saya ya. 

Semoga, panduan contoh chat dosen lewat wa ini bisa membantumu ya.

Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb

-

Posting Komentar untuk "5+ Contoh Chat Dosen Untuk Tanya Kuliah dan Skripsi"