Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan Singkat

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang contoh kata-kata sungkeman pernikahan untuk kamu yang hendak menikah. Teks pamit nikah ini mungkin bisa menjadi panduanmu dalam berkata saat sungkeman kepada orang tua.

Oh ya, akan saya sertakan juga teks sungkeman versi pdf supaya bisa teman-teman pakai. Dari kelima teks sungkeman pernikahan singkat ini, bisa dipilih mana yang cocok, lalu download dan print deh!

kata-kata sungkeman pernikahan


Contoh Teks Sungkeman Menikah 

Oh ya, teks ini saya beri koma (,) lebih banyak agar kalian bisa langsung membacanya dengan jeda. Jadi biar bisa lebih memahami dan menghayati karena jedanya agak lama.

1. Kata Sungkeman Pernikahan Paling Sedih

Ayah, hari ini dengan sadar, Diana datang menghadap Ayah, demi sebuah restu, untuk memulai hidup baru, bersama laki-laki yang Diana harap, mampu menjaga dan menyayangi Diana, dengan tulus, tanpa pamrih. Seperti halnya Ayah, yang selalu membuat Diana berkecukupan dalam hidup. 

Waktu yang dirasa sangat cepat, membuat Diana sadar bahwa sebentar lagi, tugas Ayah selesai. Tugas Ayah akan segera dilimpahkan, pada pundak laki-laki, yang telah menjadi pilihan hati Diana.

Ibu, cerita persalinan yang pernah Ibu bagi ketika melahirkan Diana, masih sangat melekat jelas. Betapa gigihnya Ibu mempertaruhkan nyawa untuk Diana, yang tak pernah bisa Diana balas. Pengorbanan besar yang sudah Ibu curahkan untuk hidup Diana hingga Diana bisa berada di titik ini. 

Ibu, Diana sekarang sudah dewasa. Putri kecil Ibu sekarang sudah dewasa. Terima kasih sudah merawat dan menyayangi Diana, dengan sepenuh hati, jiwa, dan raga.

Ayah dan Ibu yang Diana cintai, sampai kapan pun, Diana selalu bersyukur, dan berterima kasih kepada Allah SWT, karena terlahir menjadi putri Ayah dan Ibu. 

Diana mohon maaf jika selama ini, Diana masih banyak melakukan kesalahan. Maafkan segala salah dan dosa Diana selama ini, karena masih belum mampi menjadi anak yang berbakti sepenuhnya, kepada Ayah dan Ibu.

Maafkan Diana ya Ayah, Ibu.

Ayah, Ibu, hari ini Diana mohon izin, dan mohon doa restu, untuk menikah dengan laki-laki pilihan Diana. Dengan kekasih hati Diana. Seorang laki-laki, yang Inshaa Allah mampu menjadi imam, yang akan mengantarkan Diana menuju surga Allah swt. 

Doa restu Ayah dan Ibu akan selalu mengiringi langkah kami berdua. Doakan rumah tangga kami, semoga senantiasa memperoleh kebahagiaan, ketentraman, kerukunan, sakinah, mawaddah, rahmah, serta selalu berada dalam lindungan dan ridho Allah swt. 

Aamiin ya robbal alamin.

Diana sayang Ayah dan Ibu.

2. Teks Sungkeman Pernikahan Singkat

Ayah, Bunda, hari ini, kami hendak bersatu, mengayunkan langkah bersama, menuju ke gerbang pernikahan. Dengan doa serta restu ayah dan bunda, kami mantap melangkah. 

Terima kasih ayah, bunda, atas hidup yang begitu indah, masa kecil yang tak pernah terlupakan, masa remaja yang masih segar dalam ingatan. 

Terimakasih atas segala bimbingan Bunda, terima kasih atas segala nasihat ayah. Sungguh terimakasih atas ketulusan, kasih sayang yang tiada lekang oleh waktu. 

Terima kasih bunda, terimakasih bunda, terimakasih bunda, terimakasih ayah.

3. Kata Sungkeman Pernikahan 

Ayah, Bunda... Pada hari yang cerah dan penuh kebahagiaan ini, izinkanlah Diana bersimpuh di hadapan Ayah dan Bunda, untuk menghaturkan sembah bakti, serta terima kasih dari Diana, yang setulus-tulusnya kepada Ayah dan Bunda.

Rasanya, tiada kata serta kalimat, yang pantas untuk dapat melukiskan rasa terima kasih Diana kepada Ayah dan Bunda. Karena, selama ini Ayah dan Bunda telah merawat, membesarkan, dan mendidik Diana dengan baik. Sejak dari kandungan, hingga dewasa seperti sekarang ini.

Betapa Ayah dan Bunda melakukannya dengan penuh kesabaran, perjuangan, dan penuh kasih yang tak terhinda. Cinta kasih Ayah dan Bunda, merupakan anugerah terbaik yang Allah berikan kepada Diana.

Ayah dan Bunda yang Diana hormati, pada kesempatan yang tak terlupakan ini, perkenankanlah Diana untuk memohon ampunan dan maaf, yang sedalam-dalamnya. Dalam lindungan kasih Ayah dan Bunda, telah banyak kesalahan dan kekhilafan yang Diana buat selama ini. 

Diana seringkali telah membuat Ayah dan Bunda bersedih hati, bahkan kecewa atas sikap Diana selama ini. Namun hal tersebut tak lepas dari kelemahan Diana, juga bahwa Diana masih berproses menjadi insan yang baik. Sekali lagi, Diana memohon ampun dan maaf dari hati terdalam Ayah dan Bunda.

Ayah dan Bunda yang Diana cintai, pagi hari ini, Diana hendak mohon pamit dan memohon doa restu. Sebab mulai besok pagi, Diana hendak memulai kehidupan yang baru. Kehidupan yang mandiri untuk berlayar mengarungi bahtera rumah tangga. 

Diana hendak menikah dengan laki-laki pilihan Diana. Diana hendak melaksanakan kodrat insani yang telah digariskan oleh-Nya, sebagaimana yang telah dijalani oleh Ayah dan Bunda. Mohon doa restunya, Ayah, Bunda.

Pada akhirnya, Diana hanya mampu mengucapkan terima kasih. Terima kasih atas cinta kasih dan perjuangan Ayah Bunda selama ini.

Diana sayang Ayah dan Bunda

4. Contoh Teks Sungkeman Menikah Kepada Ibu

Ibu.. kini kami bersimpuh di pangkuanmu sebagai tanda bakti atas segala pengorbananmu. Terima kasih telah merawat kami hingga hari ini. Mohon ma’af bila kami selalu merepotkanmu. Kini kami harus menapaki hidup baru, menjalani sunah Rasul yang Mulia. 

Kini kami menjadi istri. Kini kami telah menjadi suami. Do’akan kami agar dapat mengarungi bahtera rumah tangga. Do’akan kami untuk dapat memecahkan seluruh masalah yang ada nantinya. Do’akan kami menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

Terima kasih, terima kasih Ibu.

Ibu…ini adalah persimpuhan kami yang pertama di pangkuanmu. Setelah kami syah jadi putra dan putrimu. Jangan bedakan kami dengan putra dan putrimu yang lain. 

Ingatkan kami jika kami salah. Dukung kami jika kami benar. Do’akan kami menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

5. Contoh Teks Sungkeman Menikah Kepada Ayah

Ayah…  terima kasih telah menafkahi kami dengan nafkah halalan thoyyiban. Terima kasih telah menjadi Ayah yang terbaik untuk kami. Terima kasih telah memberikan pendidikan yang terbaik untuk kami. 

Kini kami harus merepotkanmu sekali lagi. Do’akan kami menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Do’akan kami mempunyai putra-putri yang sholeh dan sholehah nantinya.

Ayah…ini adalah persimpuhan kami yang pertama di pangkuanmu.  Terima kasih telah mengizinkan kami untuk menikah hari ini. Terima kasih telah memberikan restu kepada kami. Do’akan kami menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Kesimpulan

Itulah 5 contoh kata-kata sungkeman untuk orang tua. Semoga bisa membantu ya.

Oh ya, sudah saya lengkapi dengan teks pdf supaya teman-teman bisa langsung cetak yaa. Untuk kalimat atau kata-kata sungkemannya, bisa disesuaikan.

Sebelum menikah, teks sungkeman nikah ini dibaca dulu yaaa. Biar nggak gelagapan. Supaya saat hari H nanti benar-benar terwujud suasana yang haru dan menyentuh.

Semoga dilancarkan pernikahannya ya!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan Singkat"