Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Bacaan Pembukaan Pengajian + Doa yang Pendek

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros hadir lagi untuk sharing tentang contoh bacaan pembukaan pengajian sekaligus doanya. Contoh bacaan pembukaan pengajian ini bisa digunakan untuk acara pengajian, majelis taklim, dan lainnya.

5 Contoh Bacaan Pembukaan Pengajian

Jadi, langsung saja yuk kita pelajari bersama tentang contoh bacaan pembukaan pengajian. Tenang, sudah saya beri doa-nya. Semoga cocok ya!

contoh pembukaan pengajian

1. Kata-Kata Pembuka Majelis

Assalamualaikum wr wb

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan. 

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberi berjuta nikmat. Tak lupa, sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, beserta sahabat yang dimuliakan oleh Allah SWT. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya.

Alhamdulillahirobbil alamin.

Hari ini, Sabtu, 12 Maret 2022, kita semua dapat berkumpul di Masjid Al-Amin Surakarta dalam keadaan sehat wal afiat. Pada pagi ini, kita akan bersama-sama mengikuti serangkaian acara Majelis Taklim Yayasan Al-Amin.

Pada kesempatan kali ini, kita menghadirkan seseorang yang spesial, yakni Ustaz Hanan Attaki. Seorang ustaz kondang yang akan berbagi ilmu kepada kita semua yang hadir pada hari ini.

Selanjutnya, saya bacakan terlebih dahulu susunan acaranya...

2. Bacaan Pembukaan Pengajian

Assalamualaikum wr wb

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuwanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyiaati a'maalina. 

Man yahdillah falaa mudhillalahu wa min yudhillhu falaa haadiyalahu. 

Asyhadu anna muhammdan abduhuu warosuluh.

Artinya: Kami panjatkan segala puji kepada Allah dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan Allah dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. 

Barang siapa yang telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. 

Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. 

Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba Allah dan utusan Allah.

Bapak Ibu hadirin yang kami muliakan. 

Alhamdulillahirobbilalamin, pada hari ini kita dapat berkumpul semua, dalam keadaan sehat wal afiat. Hari ini, 12 Maret 2022 di Masjid Al-Hikmah Surakarta, kita akan mengikuti pengajian bersama-sama.

Pengajian kali ini akan dipimpin langsung oleh Ustaz Imam Sutardjo yang datang jauh-jauh dari Wonogiri. Sesuai dengan tema kali ini, maka pengajian akan membahas tentang Persiapan Menjelang Ramadhan yang Sering Kita Abaikan.

Semoga pengajian kali ini dapat mengantarkan kita untuk meraih keberkahan dalam menyambut bulan Ramadhan. Aamiin.

Sebelum memasuki acara inti, alangkah lebih baik bila saya bacakan terlebih dahulu susunan acaranya.

3. Bacaan Pembukaan Pengajian Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum wa rahmatullahhi wa barakatuh.

Alhamdulillahirobbil alamin. Segala puji bagi Allah, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat wal afiat, sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang berbahagia. 

Sholawat serta salam, mari kita haturkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami, saudara-saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, muslimin dan muslimat, yang terdahulu juga yang akan datang. Aamiin aamiin ya robbal alamin.

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah

Pada pagi hari ini, di tempat yang suci ini, yakni Masjid An-Nur Karanganyar, kita akan mengikuti serangkaian acara pengajian yang dipimpin oleh Ustaz Hanan Attaki. Tema yang dibawakan adalah tentang “Amalan-Amalan Puasa Ramadhan”

Langsung saja, kita perkenankan kepada Ustaz Hanan Attaki untuk berbagi ilmu kepada Bapak Ibu yang hadir pada pagi ini. Waktu dan tempat, kami berikan kepada Ustaz Hanan Attaki. Disilakan.

4. Contoh MC Pembukaan Pengajian Ibu-Ibu

Assalamu'alaikum wa rohmatullaahi wa barokaatuh.

Alhamdulillahi robbil alamin

Assholaatu wassalaamu alaa sayyidina muhammadin abdihi wa alaa ahlihi wa ashabihi ajmain, amma ba'du

Pertama-tama, marilah kita ucapkan rasa syukur kita, kepada Ilaahi Robbi, yang telah memberikan kita, berjuta-juta nikmat. Sehingga, pada kesempatan kali ini, kita semua dapat berkumpul di majelis ini, yang Inshaa Allah dimuliakan oleh Allah Swt. 

Dengan segala kuasa-Nya, kita bisa melakukan kegiatan pada malam hari ini, tanggal 12 Maret 2022, yakni kegiatan Rutinitas Pengajian Jam'iyah RT 03 RW 24 Kelurahan Tompokersan - Lumajang.

Yang kedua, sholawat beserta salam, semoga terlimpahkan pada nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya dan semoga sampai pada kita semua, sehingga pada hari akhir nanti, kita semua mendapatkan syafaatnya, Aamiin Ya Robbal 'Alamiin.

Sebelum kita mulai acara ini, perkenalkan saya Ibu Rhoshandhayani, akan memandu acara pengajian ini dari awal hingga akhir

5. Contoh MC Pembukaan Pengajian Ibu-Ibu Bahasa Jawa

Assalamu'alaikum wa rohmatullaahi wa barokaatuh.

Alhamdulillahi robbil alamin

Assholaatu wassalaamu alaa sayyidina muhammadin abdihi wa alaa ahlihi wa ashabihi ajmain, amma ba'du

Sing pertama, sumangga kita ngaturaken puji syukur dhumateng ngarsanipun Allah SWT, ingkang sampun paring jutaan kanugrahan. Pramila wonten ing kalodhangan menika kita sedaya saged makempal wonten ing majelis menika, ingkang Insya Allah dipun mulyaaken dening Allah SWT.

Sing kedua, kita saged nindakaken kagiyatan ing dalu 12 Maret 2022 punika, inggih menika Rutinan Waosan Jam’iyah RT 03 RW 24 Desa Tompokersan – Lumajang.

Sholawat lan salam mugi katur dumateng junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, dumateng keluarga, sahabat, saha dumateng kito sedoyo, satemah ing dinten akhir kito sedoyo pikantuk syafaatipun, Aamiin Ya Robbal 'Alamin.

Saderengipun adicara menika dipunwiwiti, sumangga kula aturaken dhumateng Ibu Rhoshandhayani, kula badhe mbimbing adicara waosan menika saking wiwitan dumugi pungkasan.

Kesimpulan

Itulah 5 contoh pembukaan pengajian yang bisa digunakan oleh teman-teman, atau Bapak Ibu untuk acara pengajian. Bisa disesuaikan sendiri ya, dengan memperhatikan adat dan kebiasaan di pengajian atau majelis taklim setempat.

Semoga teks MC pengajian ini dapat membantu ya!

Wassalamualaikum wr wb



Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Contoh Bacaan Pembukaan Pengajian + Doa yang Pendek"