Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangun Perpustakaan Digital: Tumbuhkan Minat Baca Dengan Memanfaatkan KTA

Kehadiran perpustakaan hari ini memang belum sepenuhnya membantu meningkatkan minat baca banyak kalangan termasuk anak-anak. Lebih dari itu, beberapa wilayah di tanah air juga belum memiliki akses perpustakaan yang memadai sehingga anak-anak pun kesulitan menemukan tempat yang tepat untuk membaca. 

Meskipun terlihat simple, akan tetapi perpustakaan digital juga membutuhkan modal besar dalam proses pembuatannya. Menggunakan KTA dari perbankan bisa menjadi jalan untuk memenuhi segala modal kebutuhan pembangunan perpustakaan digital ini. 

Langkah-Langkah Membuat Perpustakaan Digital Menggunakan KTA

Berikut adalah beberapa tahap yang perlu kamu lalui agar bisa mewujudkan perpustakaan digital yang tepat sasaran untuk banyak kalangan. 

1. Analisis Kebutuhan

Pertama-tama, kamu harus melakukan research dan studi kasus terlebih dahulu untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang kebutuhan layanan perpustakaan digital bagi masyarakat. 

Analisis kebutuhan penting dilakukan agar masyarakat bisa beradaptasi dengan kehadiran perpustakaan online yang berbeda dengan perpustakaan fisik pada umumnya. 

2. Studi Kelayakan

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan studi kelayakan. Beberapa hal yang termasuk ke dalam bagian ini di antaranya seperti kelayakan secara teknis, ekonomi, dan sosial. 

Dari segi teknis, kamu perlu memenuhi kebutuhan infrastruktur dan fasilitas lainnya seperti provider internet, hardware, software, listrik hingga jaringan telepon. 

Semua kebutuhan tersebut tentu memerlukan modal yang sangat besar. Oleh sebab itu, manfaatkanlah KTA dengan bunga rendah yang banyak ditawarkan oleh pihak perbankan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan fasilitas perpustakaan digital.

3. Memilih Software

Langkah selanjutnya dalam membangun perpustakaan digital adalah dengan memilih jenis software. Software menjadi bagian vital dalam mendukung berjalannya sistem perpustakaan digital. Oleh sebab itu, pilihlah jenis software yang didukung dengan akses point yang bagus serta user friendly. 

sumber gambar: https://www.istockphoto.com/id/foto/programmer-pengembangan-profesional-bekerja-sama-dengan-situs-web-pemrograman-rapat-gm1209842817-350241529

Jenis software yang berkualitas tentu berbanding lurus dengan harganya, oleh karena itu, manfaatkanlah bunga KTA untuk membeli software dengan kualitas terbaik. 

Adapun ciri-ciri dari sebuah software yang berkualitas di antaranya seperti memiliki akses poin yang banyak sehingga para user bisa mengoleksi banyak data dari perpustakaan digital. 

Selain itu, software juga harus user friendly alias bisa digunakan oleh banyak kalangan dengan latar belakang dan usia yang berbeda. Dengan begitu, para pengguna pun bisa dengan nyaman dan aman mengakses berbagai jenis data di dalam perpustakaan digital. 

Jenis software yang digunakan untuk membangun perpustakaan digital ada baiknya yang memiliki durasi dengan jangka waktu yang lama. Selain itu, belilah dari lembaga professional dan terpercaya. 

Meskipun terbilang mahal, akan tetapi demi keberlangsungan perpustakaan digital di masa yang akan datang maka tak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam. 

Sebagai solusinya, gunakanlah KTA dari bank untuk membeli jenis software terbaik dari lembaga professional dan bukan dari perorangan. 

4. Pelaksanaan

Setelah langkah-langkah di atas telah selesai, selanjutnya adalah bagian pembentukan database. Database perpustakaan digital ini bisa kamu dapatkan dari hasil penelitian, hasil pengabdian masyarakat, tesis, skripsi hingga jurnal ilmiah. 

5. Evaluasi

Evaluasi menjadi bagian krusial terhadap keberlanjutan perpustakaan digital. Proses evaluasi tetap perlu dilakukan secara rutin untuk mengukur pencapaian keberhasilan. Evaluasi juga menjadi tahap refleksi terhadap kendala-kendala apa saja yang dihadapi selama pembuatan perpustakaan digital. 

Selain kendala sumber daya manusia, kendala finansial juga sering menjadi permasalahan utama dalam merintis sebuah proyek digital. Oleh sebab itu, ajukanlah KTA dengan bunga rendah untuk mengatasi issue finansial di dalam tim kamu.

Membangun Perpustakaan Digital dengan Bunga KTA Rendah dari PermataBank

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati jika mengajukan kredit tanpa agunan bersama PermataBank. 

  1. Nasabah bisa mengajukan dana KTA mulai dari 5 juta hingga 300 juta
  2. Tenor masa pinjaman mulai 3 bulan hingga 5 tahun 
  3. Nasabah bisa menikmati bunga rendah yang kompetitif mulai dari 0,88% flat setiap bulannya atau sekitar 10,56% per tahun
  4. Besar cicilan tetap dan tidak akan berubah hingga masa pinjaman berakhir
  5. Syarat pengajuan KTA sangat mudah. Kamu hanya perlu melampirkan e-KTP dan NPWP untuk pengajuan dana di atas nominal 50 juta 
  6. Proses pengajuan semakin mudah karena bisa dilakukan lewat mobile banking PermataMobile X
  7. Pembayaran dilakukan secara autodebet melalui rekening PermataBank nasabah sehingga, kamu pun bisa membayar kredit secara on time 
  8. Semua proses administrasi mudah dan cepat

Syarat Mengajukan KTA Lewat PermataBank

Berikut merupakan syarat-syarat yang harus kamu penuhi saat melakukan pengajuan kredit tanpa agunan melalui PermataBank.

  1. Nasabah wajib merupakan seorang WNI dan mempunyai bukti e-KTP dan NPWP (Untuk pengajuan dana di atas 50 juta)
  2. Berusia minimum 21 tahun serta usia maksimum 65 tahun saat pelunasan kredit 
  3. Berpenghasilan tetap minimum sebesar 3 juta setiap bulannya
  4. Berdomisili di wilayah yang termasuk dalam cakupan area penjualan PermataKTA

Cara Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan PermataKTA

Mengajukan pinjaman PermataKTA sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Lakukan ‘login’ pada Aplikasi PermataMobile X
  2. Tap PermataStore
  3. Tap KTA, kemudian tap PermataKTA
  4. Ikuti petunjuk pengajuan kredit hingga selesai
  5. Jika kamu belum pernah menjadi nasabah PermataBank maupun registrasi di PermataMobile X, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. 
  6. Mengunduh PermataMobile X lewat Google Play Store atau App Store. 
  7. Saat aplikasi telah terbuka, tap ‘mulai’.
  8. Tap ‘tidak’ jika menemukan pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”.
  9. Tap KTA, kemudian tap PermataKTA
  10. Ikuti petunjuk pengajuan pinjaman tanpa agunan sampai selesai

Kesimpulan

Proses pembangunan perpustakaan digital memang tak semudah yang terlihat. Lebih dari itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang digital serta dana yang bisa mencapai ratusan juta untuk mewujudkan perpustakaan digital. 

Jika kamu terkendala dana dalam  membangun perpustakaan digital, silahkan mengajukan KTA dengan bunga rendah lewat PermataBank sekarang juga! 

Posting Komentar untuk "Bangun Perpustakaan Digital: Tumbuhkan Minat Baca Dengan Memanfaatkan KTA"