Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Panduan Pemula untuk Perawatan Mobil

Membeli mobil adalah sebuah langkah besar dalam hidup seseorang. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil sendiri. Tapi, perhatian Anda tak terhenti hanya setelah Anda berhasil memboyong mobil ke garasi rumah saja. 

Perawatan rutin mobil juga harus Anda perhatikan, agar kondisi kesehatan mesin, keamanan serta performanya tetap terjaga dengan baik untuk waktu yang lama. 

Jenis Perawatan Mobil

Ada banyak jenis perawatan mobil agar tetap prima. Berikut rangkuman jenis-jenis perawatan mobil bagi para pemula.

1. Periksa Oli Mesin

Ibarat tubuh, mesin mobil adalah jantungnya. Mesin adalah kunci terpenting agar kendaraan Anda bisa melaju. Untuk menjaga kesehatan mesin mobil agar tetap prima Anda harus rutin memeriksa dan mengganti oli mesin Anda sesuai dengan waktu yang yang telah dijadwalkan. 

Hal ini bertujuan agar mesin Anda terhindar dari kerusakan yang menyebabkan membengkaknya biaya servis mobil. 

2. Periksa Level Minyak Rem

Rem mobil juga salah satu komponen mobil yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Lakukan pengecekan reservoir dalam sistem rem Anda untuk memastikan apakah level oli sudah penuh sesuai dengan tanda. 

Cairan rem yang cukup akan menjadi sumber tenaga pada rem mobil Anda, sehingga mobil akan terhindar dari risiko rem blong. Berkendara jadi nyaman dan tetap lancar.

3. Rutin Periksa Ban

Stabilitas laju kendaraan Anda terletak pada tekanan di Ban mobil. Oleh karena itu, pastikan ban mobil Anda mendapatkan tekanan angin yang tepat. 

Lakukan perawatan spooring dan balancing secara berkala serta perhatikan juga tapak permukaan pada karet ban. Jika sudah semakin menipis sekitar 1,6-2mm, sebaiknya Anda mengganti dengan ban yang baru.

4. Periksa Filter Udara Mobil

Filter udara merupakan bagian dari mobil yang juga tidak kalah penting untuk rutin diperiksa. Agar mesin mobil tetap terjaga dan bekerja dengan baik, pastikan filter udara mobil harus selalu bersih dari debu. Bersihkan filter udara secara berkala agar terhindar dari debu dan kotoran. 

5. Periksa Filter AC

AC mobil memegang peranan penting agar bisa berkendara dengan nyaman. Agar AC tetap dingin dan sehat, Anda harus rutin melakukan pemeriksaan pada filter AC. 

Pastikan tidak terdapat penumpukan debu pada filter AC yang bisa menghambat sirkulasi udara dan daya pendinginan pada kabin mobil Anda. 

Lakukan pembersihan secara berkala dan karena filter AC terletak di bawah dasbor mobil, Anda mungkin akan perlu bantuan dari montir yang memang telah ahli dalam memeriksa AC mobil.

6. Tetap Periksa Rem

Rem merupakan salah satu komponen sistem terpenting dari mobil agar tetap aman dalam berkendara. Karenanya Anda harus rutin melakukan pengecekan pada rem agar tetap berfungsi dengan baik dalam memegang kendali laju kendaraan Anda. 

Pastikan komponen cakram rem tidak aus dengan memperhatikan suara dan kemampuan tekanan pada rem. 

7. Periksa Wiper Blades

Pandangan Anda saat mengemudi juga harus diperhatikan. Karena itu wiper blade juga tak kalah penting untuk selalu Anda periksa. Pastikan kedua wiper blade berfungsi dengan baik, tidak menggores kaca dan berdecit bila digunakan untuk menyeka air pada kaca depan. Sehingga Anda bisa melihat dengan lebih jelas sepanjang berkendara. 

Kesimpulan

Intinya, dengan rutin melakukan pemeriksaan pada mobil Anda dapat berfungsi dengan baik . Sehingga Anda bisa berkendara aman, nyaman dan bebas kendala. Untuk melakukan perawatan mobil dengan lebih mudah, Anda bisa mengunjungi bengkel mobil yang resmi dan terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki. 

Keuntungan dari melakukan perawatan mobil di bengkel resmi Suzuki, Anda bisa mendapatkan pelayanan dari teknisi yang terlatih, peralatan yang lengkap, jaminan suku cadang asli dan juga garansi.

Saat ini terdapat 328 bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga mudah bagi Anda untuk mencari yang terdekat. 

Selain itu Suzuki juga hadir lewat layanan lain seperti Halo Suzuki, aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk keperluan belanja online suku cadang mobil yang asli dan berkualitas agar mobil Anda senantiasa terawat. Bengkel resmi Suzuki yang memberi pelayanan prima demi menjaga kondisi mobil Anda. 

Posting Komentar untuk "Ini 7 Panduan Pemula untuk Perawatan Mobil"