5 Tips Live Streaming Jualan Online Untuk Pemula, Ini Ceklisnya!

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros hadir lagi untuk sharing tentang tips saat live streaming jualan online untuk pemula. Tentu saja, tips ini berguna untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat live streaming menarik, serta cara agar live streaming banyak yang nonton.

Sebagai pemilik online shop, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan saat hendak live streaming. Jangan sampai kamu melakukan siaran langsung dengan properti seadanya dan minim persiapan. Dikarenakan kamu ingin menunjukkan citra dirimu, brandmu, produkmu, maka kamu harus tampil secara maksimal.

Ini Tips Live Streaming Jualan Online Untuk Pemula

Lalu, apa saja yang harus disiapkan saat live streaming? Berikut ini sudah Kak Ros buatkan tips live streaming untuk pemula. Silakan simak baik-baik lalu terapkan pelan-pelan.

yuk jualan online

1. Siapkan Alat Untuk Live Streaming

Kamu harus menyiapkan alat-alat live streaming secara lengkap supaya acaramu berjalan dengan lancar. Sebenarnya ada banyak peralatan yang biasa digunakan oleh live streamer professional, seperti HP, kamera, webcam, microphone, mixer, dan lainnya.

Namun berhubung kamu masih pemula, apalagi dengan dana terbatas, maka HP atau smartphone saja cukup kok. Memang disarankan menggunakan 2 HP, karena yang satunya buat rekaman live streaming, kemudian HP yang satunya lagi digunakan untuk membaca chat-chat dari penonton live streaming.

Tapi kalaupun kamu baru punya 1 HP, ya sudah, nggak pa-pa. Setidaknya, kamera depannya tidak buram-buram banget ya. Manfaatkan HP itu dengan sebaik-baiknya. Mungkin saja 1 HP yang kamu punya, bisa menjadi jalan menuju kesuksesanmu.

2. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Kamu harus memastikan bahwa koneksi internetmu lancar. Bisa menggunakan paket data atau wifi. Harus selancar apa koneksi internetmu? Setidaknya, kalau kamu nonton Youtube, nggak nyandet-nyandet atau terjeda-jeda.

Dengan koneksi internet yang lancar, maka penampilan dan performamu kala live streaming bisa sampai ke penonton dengan baik. Jadi para penonton dapat melihat wajahmu dengan jelas, mengetahui produk jualanmu dengan jelas tanpa terpotong-potong atau menjadi kotak-kotak.

Hal yang paling menyedihkan adalah tatkala koneksi tiba-tiba putus. Kalau koneksi tiba-tiba putus Ketika live streaming sedang berjalan, maka penonton akan kecewa. Sedang asyik-asyiknya menonton live streaming, eh malah tiba-tiba terputus. Penonton pasti kecewa dan belum tentu menunggumu Kembali. Jadi cek internetmu baik-baik.

3. Set Up Ruang dan Pencahayaan yang Cukup

Kamu harus set up ruanganmu sebaik mungkin. Sebagai pemula, tak harus sempurna banget untuk menyiapkan ruangan yang aesthetic. Cukuplah kamu memastikan bahwa backgroundmu tidak ramai dan tidak ada barang-barang yang ambigu. Misalnya, jangan ada tumpukan pakaian kotor di belakangmu, jangan terlihat jemuran baju, jauhkan tempat sampah, dan lainnya. 

Selain itu, pastikan kamu memberikan pencahayaan yang cukup. Kalau pencahayaanmu kurang, coba kamu beli ring light yang murah-murah. Atau kalau belum ada dana, kamu bisa menggunakan senter yang kemudian kamu atur posisinya agar wajahmu terlihat terang.

4. Letakkan Produk Dagangan di Tempat Strategis

Ketika hendak live streaming, maka kamu harus menyiapkan produk daganganmu. Kalau kamu jualan aneka baju, bisa tuh dipajang di dinding kamarmu sebagai latar belakang live streamingmu. Atau misalkan kamu jualan boneka, bisa tuh kamu sediakan rak khusus yang menampung boneka-bonekamu.

Jadi, pastikan kamu sudah meletakkan produk daganganmu di dekatmu. Lebih tepatnya, produk dagangan itu harus masuk frame, entah kecil atau besar, entah jauh atau dekat, yang penting masuk frame. Bila kamu hendak pergi dari layar, maka para penonton masih bisa menikmati produk dagangan yang bisa dilihat di layar.

5. Siapkan Kata-Kata Live Streaming

Memulai live streaming itu nggak mudah teman-teman. Apalagi untuk berkata-kata alias ngomong di depan kamera. Ngomong untuk rekaman video aja susah, apalagi yang live. Kalau nulis, masih bisa diedit. Kalau rekaman video, masih bisa take ulang video. Tapi kalau live streaming? Susah say!

Makanya, kamu harus pandai-pandai berkomunikasi saat live streaming. Kamu harus tahu apa kata-kata live streaming yang pas. Inshaa Allah next akan saya buatkan contoh kata-kata live streaming untuk jualan online ya!

Ceklis Live Streaming Jualan Online Bentuk Gambar

Nah, itulah 5 tips live streaming untuk jualan online yang harus benar-benar diperhatikan oleh pemula. Kalau mau tahu lebih lanjut tentang tips live streaming jualan online, kamu bisa baca artikel lanjutannya di: Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming Untuk Pemula

Supaya lebih mudah diingat dan bisa dijadikan pedoman, berikut ini sudah saya siapkan gambar ceklis persiapan jualan lewat livestreaming untuk pemula. Semoga bisa menjadi panduanmu!

Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

Yuk Jualan Online, Mulai Live Streaming Sekarang Juga.

Sekarang ini kita dimudahkan untuk berjualan. Nggak harus repot-repot pergi ke pasar untuk membuka lapak. Nggak perlu repot-repot datang ke rumah-rumah untuk menawarkan dagangan. Cukuplah kamu berjualan secara online di media social yang kamu punya. Yuk jualan online.

Untuk menawarkan dagangan, kamu bisa melakukan live streaming di media sosial yang menyediakan fitur live streaming. Kamu akan mendapatkan penonton dari berbagai kalangan. Oh tentu saja, umumnya penontonmu adalah orang-orang yang tidak mengenalmu, namun mereka menemukanmu di beranda atau kolom FYP.

Iya, sekarang ini marketnya luas banget. Jangkauannya bagai tak terbatas. Jadi, yuk jualan online sekarang juga. Produk-produkmu bisa kamu letakkan di Lazada. Lalu kamu promosikan bahwa barang daganganmu bermanfaat banget. Kalau pengen beli, bisa meluncur ke lapakmu yang ada di Lazada.

jualan di Lazada

Ini Rahasia Live Streaming Saat Jualan Online

Sebenarnya gampang banget kok kalau pengen daganganmu laris manis di Lazada. Jadi, kamu jangan asal berjualan dan asal live streaming aja. Ada trik tertentunya. Jadi kamu nggak buang-buang tenaga yang hasilnya justru nggak ada.

Nah, coba simak baik-baik rahasia yang akan Kak Ros berikan, yakni tentang rahasia jualan online melalui live streaming. Perhatikan dengan saksama ya!

  1. Lakukan live streaming pada jam-jam ramai, seperti jam makan siang, sore-sore, atau jam makan malam.
  2. Berdandan sedikit atau tipis-tipis supaya muka nggak kucel-kucel banget. Minimal pakai lipstik atau gincu.
  3. Gunakan background polos supaya penonton tidak gagal fokus.
  4. Letakkan produk-produkmu di sekitarmu saat live streaming
  5. Selalu sapa penonton yang hadir, jawab pertanyaan atau sapaan mereka.
  6. Pastikan kamu memiliki identitas yang di-notice oleh orang-orang (contoh: selalu pakai bandana, sering bawa kucing, dll).
  7. Sampaikan bahwa produkmu bisa dibeli di Lazada karena banyak promo menarik.

Gampang banget, bukan? Yuk jualan online sekarang juga!

Cara Jualan di Lazada Biar Daganganmu Laris Manis

Iya, sampaikan saja bahwa produk daganganmu bisa dibeli di Lazada. Dengan menyebut nama brand Lazada saja, sudah menjual kok. Jadi orang-orang akan menandai bahwa barang daganganmu adalah produk yang original dan dikelola oleh seller terpercaya.

Lalu, bagaimana cara jualan di Lazada? Untuk kamu yang ingin jualan di Lazada, berikut ini adalah cara mudah berjualan online di Lazada. Simak baik-baik ya!

  1. Masuk ke Lazada.co.id 
  2. Klik tombol “Menjadi Seller”
  3. Klik “Daftar Penjual”
  4. Pilih, kamu ingin menjadi “Penjual Lazada” atau “Penjual Lazmall”
  5. Isi data sesuai yang dibutuhkan (KTP, buku tabungan)
  6. Baca dulu tentang Ketentuan Layanan, Perjanjian Jasa Logistik, dan Kebijakan Privasi
  7. Selesai

Mudah, bukan?

Usai menjadi seller, lalu masukkan produk-produkmu ke Lazada. Taraaa, barang daganganmu sudah terpampang manis di Lazada. Selanjutnya, kamu sampaikan kepada orang-orang bahwa kamu sedang menjual barang di Lazada. Sampaikan saja melalui live streaming supaya seluruh dunia tahu!

yuk jualan online

Kesimpulan

Itulah tips live streaming jualan online untuk pemula. Sudah Kak Ros ceritakan prosesnya mulai dari awal. Yakni mulai mendaftar menjadi seller di Lazada, hingga tips-tips memulai live streaming. 

Nggak perlu canggung dan ragu untuk live streaming. Mulailah sekarang juga. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Yuk jualan online sekarang juga!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

29 komentar

  1. Tipsnya keren banget mbaa. Bisa ngatasi grogi juga saat streaming ni akibat kurang pede

    BalasHapus
  2. Terima kasih tipsnya ... Kayanya perlu ringlight baru bisa live stream lagi. Kemarin beli di ol shop tapi gampang rusak

    BalasHapus
  3. Jadi pengen jualan online di lazada juga nih. Pede gak ya live streaming.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau saya sepertinya kurang pede hehehe karena belum ada pengalaman juga jualan secara live gini, pasti deg deg an

      Hapus
  4. Makin mantap nih live streamingnya kalau mengikuti panduan dari kak Ros. Semangat kak

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam Kak Ros, heheheee...

    Aku pelaku siaran langsung nih, kendala yang paling terasa disaat sepi dan kadang gabut mau ngomong apa hehee..

    tapi belum nyoba live di lazada, nih... sepertinya harus dicoba

    BalasHapus
  6. Wah aku baru tahu mba kalau Live Streaming baiknya nyiapin 2 hp. Tapi kalau pakai laptop sebenrnya bisa kan ya mba atau emang enakan pakai hp kah? Trus kalau pakai hp apakah masih tampak profesionsl atau mendingan jangan pakai hp ya baiknya?

    BalasHapus
  7. Jadi melek deh bisnis online bisa dengan live streaming. Apalagi sudah dapat tipsnya dari kak Rhos. Coba deh aku persiapkan dulu sesuai dengan sarannya
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  8. hebaat, persiapannya rapi
    yaiyalah, kan harus memikat pembeli ya?
    Selama ini saya baru jadi pembeli di Lazada
    jadi tertarik ah, untuk jadi penjual juga

    BalasHapus
  9. Salut dg mereka yg sebegitu totalitasnya dlm promosikan prodaknya.Dari ambil gbar, take video, dan konsep semuanya luarbiasa ya . Apalagi pas streaming sudah menguasai panggung, pengen juga bisa kayak gitu ... semua kudu bisa ya mbak

    BalasHapus
  10. Belakangan ini aku suka nonton live streaming di Shopee. Bukan karena mau beli, tapi suka aja nonton orang jualan online live gitu. Sebagai orang yang jarang ngomong di depan umum, melihat orang lain lancar banget jualan di depan kamera gitu rasanya menakjubkan :))

    BalasHapus
  11. Iya nih, lagi marak ya jualan online dengan cara live streaming. Ternyata gak asal-asalan ya,,, ada tips, trik dan rahasia suksesnya... Semangat jualan ya temans

    BalasHapus
  12. Yuhuuu ada Lazada bener² bikin hidup pedagang online jadi makin gampiiilll

    Asii bgt ya kak

    BalasHapus
  13. Saya pengen nih sekali-sekali jualan live streaming untuk produk perhiasan saya. Tapi belum pede hahahaha. Takut gak ada yang nonton dan gak ada yang beli. Aiihh padahal belum dicoba ya. Makasih untuk tip-tipnya Mbak. Semoga dengan artikel ini akhirnya saya punya kepercayaan diri untuk jualan streaming.

    BalasHapus
  14. live streaming jualan online ini apa yang mirip2 kayak di shopee live gitu ya? barangnya dipajang sambil kita ngomong ternyata ya, hehe. Teman di IG saya terutama yang cewek2 ada lho yang pake tips kak Rosa ini dalam jualan baju/celana anak-anak. Mantap kok memang, gak punya toko fisik juga cuma modal mulut bisa laku tuh barang hehe :D

    BalasHapus
  15. Pas banget nih buat mendukung sebagai content creator ya, persiapan live streaming dari peralatan hingga script harus sudah menjadi persiapan ya

    BalasHapus
  16. Di LAZADA pun ada layanan live streaming yaa..
    Dan kini jadi memudahkan pembeli untuk mendapatkan penjelasan serta harga yang menarik. Aku juga kadang-kadang sering nonton acara live streaming jualan begini.. Rasanya dapat pengetahuan produk sekaligus memerhatikan keseruan saat membawakan acara yang interaktif dan tidak membosankan.

    BalasHapus
  17. Kak, bagi tips gimana bisa PD buat live jualan dan tips kalau live jualan tapi nggak ada yang nonton, huhuhu...

    BalasHapus
  18. Wah makasih ka..tipsnya lengkap banget..
    Aku belum coba jualan dengam cara streaming..
    Menjadi seller lazada banyak keuntungannua ya kak

    BalasHapus
  19. Wah noted mba. Memang perlu persiapan matang ya untuk memulai sesuatu, juga memulai live streaming jualan online. Kadang mau mulai ada rasa ragu duh bisa gak ya

    BalasHapus
  20. Ah, live streaming ini lagi hits banget ya sekarang. Emang bisa menjaring pembeli2 baru asal tahu caranya gimana sih ya

    BalasHapus
  21. wah tips nya kayak enak banget di baca, tapi coba deh kalau nyoba sendiri, pasti deg deg an gak sih kalau belum pernah nyobain jualan live gitu

    BalasHapus
  22. Latihan speak juga lah ya, biar gak belibet dan jadi mengalir nantinya pas live

    BalasHapus
  23. Jualan online melalui Lazada memberikan peluang pemasaran menjadi maksimal

    BalasHapus
  24. Jualan online jaman sekarang tuh makin dimudahkan dengan beragam metode kekinian ya. Saya sering lihat penjual yang live streaming gini terutama kalau teman sendiri biar rame yang nonton. Pastinya tips-tips ini akan bermanfaat banget deh buat para penjualnya.

    BalasHapus
  25. Tips nya keren banget Kak, sisa eksekusinya di lapangan yang sebenarnya sulit, apalagi terkait hal komunikasi yakni berbicara di depan kamera secara live, miriplah ketika presentasi depan publik. Namun, dengan rutin latihan dan persiapan yang sangat matang, rasa grogi dapat dihilangkan.
    Thanks banget tips2 nya yaa Kak, bisa melakukannya adalah langkah awal menjadi marketing specialist.

    BalasHapus
  26. Kak, saya kadang kalai live streaming itu kan masih kaku, karena bingung kalau mau ngoceh tapi belum ada penontonnya sedangkan kalau nggak ngoceh malah penontonnya cuma mampir bentar dan nggak penuh2 penontonnya. Apa kalau live gitu memang ngoceh terus saja kah walau penontonnya belum kumpul? 😅🤭

    BalasHapus
  27. Live streaming tentu besar tantangannya, terlebih tujuannya untuk jualan produk. Wah keren banget mbak tipsnya. Bisa live streaming di Lazada ceritanya sekarang?

    BalasHapus
  28. Mantep nih, aku jadi tau. Panduannya diulas dengan menyenangkan dan mudah dipahami

    BalasHapus

Posting Komentar