Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INI BIAYA TES DNA UNTUK MENGETAHUI ANAK KANDUNG

Assalamualaikum wr wb

Berkaca dari kasusnya Rezky Aditya yang dituntut untuk tes DNA terhadap anak kandungnya, ternyata menjadi pengingat bahwa kasus-kasus seperti ini nyata terjadi di sekitar kita. Bahkan, besar kemungkinan bila kasus seperti ini terjadi oleh orang-orang kecil yang butuh biaya tes DNA murah untuk mengetahui anak kandung.

Memang ya, rasanya memiliki anak kandung itu berbeda ya daripada anak angkat. Bila memiliki anak kandung, rasanya Bahagia banget bisa berproses dari awal. Apalagi saat mengetahui bahwa wajah si anak kandung mirip dengan bapak atau ibu kandungnya.

Bagaimana Status Anak Jatah Mantan?

Namun di lain sisi, kita tidak dapat menutup kemungkinan bahwa akhir-akhir ini banyak banget kisah “jatah mantan”. Mengerikan banget ya. Nggak habis pikir. 

Maksudnya, orang yang hendak menikah, tiba-tiba ngabarin mantannya untuk berhubungan seksual. Kan udah deket dengan tanggal pernikahan nih. Nah, nanti kalau hamil setelah menikah, akan dirasa aman karena si bapak sudah ada. Padahal itu nggak jelas juga: mana yang bapak kandung?

Kan ngeri ya. Kok perempuan malah menjatuhkan harga dirinya sendiri. Bikin malu diri sendiri, bikin malu suami, bikin malu keluarga, dan bikin malu anak yang nggak tahu apa-apa.

Makanya, karena kasus ini, banyak si suami sah yang minta tes DNA dengan anak kandung. Ada pula seorang ibu yang minta mantan pacar/suami untuk tes DNA dengan anaknya. Kan ngeri ya. Aib kok dibongkar sendiri.

Gara-gara kasus ini, maka viral deh tes DNA. Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana itu tes DNA. Bagaimana proses tes DNA? Berapa biaya tes DNA.

biaya tes DNA anak kandung

Apa Itu Tes DNA?

Sebelum ujug-ujug tes DNA, mari kita cari tahu lebih dulu, apa itu tes DNA. 

Tes DNA adalah tes genetik yang digunakan untuk menganalisis perubahan materi genetic, misalnya ada atau tidaknya mutasi dan perubahan dari struktur kromosom sekarang. Prinsip dari tes DNA adalah membandingkan kesamaan antara DNA setiap individu dengan DNA orang-orang yang ada di seluruh dunia. 

Tes DNA ini memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Mengetahui anak kandung atau bukan
  2. Mengetahui kemungkinan adanya penyakit bahwaan dari seorang pasien sehingga dapat dicegah
  3. Potensi penyakit pada bayi di dalam kandungan
  4. Menganalisis DNA pelaku kejahatan. 

Cara Tes DNA Paling Mudah

Sebenarnya tes DNA itu mudah banget. Hanya dengan melakukan swab di dinding mulut (dekat pipi), lalu air liur di dalamnya itu dikirim ke perusahaan penyesia jasa analisis DNA.

Pihak perusahaan ini akan mengesktraksi DNA sehingga menjadi lebih murni supaya dapat dilakukan analisis lebih lanjut. Analisis lanjutan dilakukan menggunakan mesin analisis DNA. Beberapa hari kemudian, maka kita akan mendapatkan hasilnya.

Berapa Biaya Tes DNA?

Biaya tes DNA ini bermacam-macam. Bergantung pada kebijakan masing-masing penyedia. Yang jelas, biaya Tes DNA mulai dari 7 juta hingga 10 juta.

Harga yang cukup terjangkau untuk orang yang butuh banget pembuktian: dia anak kandungmu atau bukan. Kalau memang butuh pembuktian, ya lakukan saja segera.

Tanya Jawab tentang Tes DNA di TanyaDNA.id

Tapi kalau masih ingin bertanya lebih lanjut, alangkah lebih baik bila bertanya ke ahlinya yakni tanyaDNA.id. Ya memang bisa tanya ke Rumah Sakit, tapi biasanya nggak banyak info yang diberi tahu karena pasiennya banyak.

Jadi alangkah lebih baik tanya-tanya tentang tes DNA ke TanyaDNA.id supaya mendapatkan banyak informasi. Tenang aja, ini aman kok.

TanyaDNA.id adalah salah satu layanan dari GSI Laboratorium yang berada di bawah naungan Medika Plaza. Medika Plaza adalah perusahaan swasta nasional terbaik di bidang kesehatan yang sudah terkenal di Indonesia. Jadi, Inshaa Allah aman karena membawa nama perusahaan besar.

Nggak usah jauh-jauh datang ke Jakarta untuk tanya perihal ini. Kamu bisa kirim pesan lewat Whats App, jadi bisa tanya langsung dengan ahlinya. Diberi saran-saran juga mengenai Tindakan yang harus kamu ambil. 

Dengan menjalani tes DNA di GSI Lab, kamu bisa mendapatkan hasil tes DNA-mu di hari yang sama 1x24 jam. Enak, bukan? Oh tentu saja, GSI Lab ini buka setiap hari untuk kamu yang ingin melakukan Swab tes DNA.

Kesimpulan

Jadi, sekarang memang dipermudah untuk orang-orang yang memiliki keperluan tes DNA. Entah Tes DNA untuk mengetahui anak kandung, mengetahui penyakit turunan, dan lainnya. Dengan biaya tes DNA yang cukup terjangkau dan infonya bisa diakses secara online, maka TanyaDNA.id sangat membantu orang-orang yang butuh tes DNA cepat.

Semoga informasi ini bermanfaat dan tepat sasaran ya!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "INI BIAYA TES DNA UNTUK MENGETAHUI ANAK KANDUNG"

  1. Kenapa tes DNA nya itu baru dilakukan baru-baru ini, tidak dari dulu-dulu banget pas anak itu lahir. Ini sudah dewasa anak-anaknya baru sekarang tes DNA nya, apalagi kalau si suami sudah menikah dengan wanita lain yang dipilihnya kan jadi gimana gitu..

    Tapi memang salah juga sih kalau pernah berhubungan awalnya, pas udah terkenal gitu malah terkena kasus seperti itu. Duh sayang banget!

    BalasHapus