Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara UMKM Dapat Dukungan Pinjaman Modal Dari Bank Perkreditan Rakyat

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing untuk teman-teman UMKM yang butuh pinjaman modal. Tenang aja, ada PT BPR Mitra Parahyangan yang siap memberi pendampingan pinjaman modal untuk mendukung kita para pejuang UMKM.

Kebetulan kemarin Kak Ros mengikuti zoom tentang belajar keuangan untuk UMKM yang disupport oleh IndScript Creative dan PT BPR Mitra Parahyangan. Jadi di artikel ini, akan berisi rangkuman yang informatif dan sudah disusun sedemikian rupa sebagai info untuk teman-teman pelaku UMKM.

Apakah Aman Bila UMKM Dapat Pinjaman Modal dari Bank?

BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM ini nggak sekadar meminjamkan modal, melainkan mendampingi. Jadi, uang pinjaman itu dikoreksi dulu. Apakah ini utang konsumtif atau produktif? Kalau ternyata masuknya utang konsumtif, maka akan diarahkan menjadi utang produktif.

Jumlah nasabah di BPR Mitra Parahyangan ini totalnya 18 juta. Banyak banget orang yang sudah bergabung menjadi nasabahnya. Bahkan ada beberapa tokoh yang sukses dengan utang produktif seperti William Tanuwijaya (owner Tokopedia), Nadiem Makarim (owner Gojek), Gibran Rakabumingraka (owner Chillipari Catering), dll.

PT BPR Mitra Parahyangan

Apalagi, BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM, nggak sekadar meminjamkan modal lalu mendapatkan cicilan tiap bulannya, melainkan mendampingi sampai sukses. Akan dilakukan pendampingan usaha UMKM supaya uangnya benar-benar dikelola dengan baik untuk mengembangkan usahanya.

Bagaimana Bentuk Program Pendampingan dari BPR?

Program pendampingan usaha UMKM ini khusus untuk para pelaku UMKM mikro hingga ultra mikro. Jadi, diharapkan utang yang didapat akan menjadi utang produktif. Supaya bisa meningkatkan usaha yang sedang dibangun.

Tenang aja, pendampingan usaha UMKM ini basic banget kok. Sederhana banget. Misalnya, BPR akan membantu membuat perilaku disiplin para debitur. Seperti memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Karena hal ini jarang banget dilakukan oleh para debitur yang bikin kelilit utang. 

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM
sumber gambar: Canva

Produk dari Bank Perkreditan Rakyat adalah pinjaman modal untuk para pelaku UMKM. Dengan adanya bantuan pinjaman modal untuk UMKM, maka usaha bisa berkembang lebih cepat dan pesat. 

Ini Cara UMKM Dapat Pinjaman Modal dari BPR Mitra Parahyangan

Langsung aja kita bahas bagaimana UMKM mendapatkan pinjaman modal dari Bank Perkreditan Rakyat secara mudah tanpa mempersulit nasabah. Simak baik-baik tentang cara cepat dapat pinjaman usaha dari BPR Mitra Parahyangan.

1. Penuhi Syarat Utama

Syarat-syaratnya mudah kok. Berikut ini saya rincikan:

  1. Harus ada usaha yang sedang berjalan
  2. Fotocopy KTP, KK, NPWP, surat izin usaha perdagangan, tanda perusahaan terdaftar, akta pendirian, buku tabungan, data keuangan usaha
  3. Siapkan jaminan (seperti rumah, kendaraan, deposito)

2. Datang ke BPR Mitra Parahyangan

Setelah syarat-syarat dipenuhi, maka selanjutnya datanglah ke BPR Mitra Parahyangan yang ada di Jl. BKR Lkr. Sel. No.154A, Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Temuilah Customer Service untuk pembahasan pengajuan pinjaman modal. Diskusikan tentang bisnismu. Lalu coba diskusikan tentang tawaran Produk dari Bank Perkreditan Rakyat kepada CS. Kalau ada hal-hal yang mengganjal di pikiran, alangkah lebih baik bila ditanyakan.

3. Baca Isi Perjanjian Sebaik Mungkin

Setelah kamu sepakat dengan berapa pendanaan dan bagaimana cara melunasinya, maka pihak bank prekreditan rakyat ini akan memberikan sejumlah dokumen perjanjian. Pastikan kamu membaca isi perjanjian itu satu persatu, lembar demi lembar. Isi perjanjiannya boleh dibawa pulang kok untuk dibaca dulu.

Jadi, sebelum ttd, kamu sudah membaca isi perjanjian dengan baik. Kalau ada yang mengganjal, coba tanyakan ke pihak CS untuk minta penjelasan. 

Kalau sudah ok, maka bank perkreditan rakyat terbaik di Jawab Barat ini siap mencairkan uang sejumlah pinjaman modal yang telah ditetapkan dalam waktu sesingkat mungkin. Ini adalah solusi pinjaman praktis UMKM. 

Kenapa BPR Mitra Parahyangan Sebaik Ini?

Karena pada dasarnya BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM sendiri itu pengen jadi BPR yang terkuat di wilayah Bandung dan Jawa Barat. Makanya mereka berupaya untuk mensejahterakan stakeholder, owner, karyawan, dan para pelaku UMKM.  

Mari kita lihat aja berdasarkan singkatannya, yakni BPRMP. Apa singkatannya? Simak saja infografis berikut ini:

Produk dari Bank Perkreditan Rakyat

Supaya lebih mengenal BPR Mitra Parahyangan, alangkah lebih baik bila kita mengetahui pengertian Bank Perkreditan Rakyat. Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. 

Salah satu tujuan Bank Perkreditan Rakyat yaitu menjalankan fungsi intermediasi atau perantara keuangan. Tugas Bank Perkreditan Rakyat adalah mengumpulkan dana masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat, baik dalam bentuk kredit atau dalam bentuk usaha lainnya dengan tujuan mendorong kegiatan usaha masyarakat.

Tips dari BPR Supaya Keuangan Usaha Tetap Stabil

Ada tips sederhana dari BPR tentang cara mengatur keuangan usaha agar tetap stabil, bahkan bertumbuh. Apa saja? Simak infografis berikut ini.

1. Kurangi pengeluaran emosional

Kalau pengen makan enak, belanja tas, belanja baru, mending ditahan dulu. Itu hanyalah keinginan belanja sesaat yang sangat tidak produktif. Jadi harap sabar terlebih dahulu

2. Tinjau Transaksi Secara Teratur

BPR akan memberi form untuk membantu meninjau transaksi keuangan. Jadi keuangan benar-benar diatur supaya pelaku UMKM dapat berhasil mengembangkan usahanya.

3. Jual Barang yang Tidak Digunakan

Coba jual barang yang memang tidak digunakan karena itu tidak produktif. Jadi tidak ada barang yang digunakan untuk flexing

4. Gunakan Autodebit

Paling enak bila ada menabung autodebit. Jadi supaya enak bila langsung hendak membayar tagihan. Kita nggak pusing lagi memikirkan tagihan bulanan karena sudah bisa langsung diambil dengan autodebit.

5. Mulai Berinvestasi

Bila masih muda, maka sebanyak-banyaknya untuk lakukan investasi. Kalau memang uangnya berlebih, maka lakukan investasi. Tapi kalau masih muda dan uangnya masih kedap-kedip, maka bisa melakukan investasi leher ke atas. Bisa belajar public speaking, belajar pengelolaan sosial media, dll.

Kesimpulan

Nah, itulah cara supaya UMKM dapat pinjaman modal dari PT BPR Mitra Parahyangan. Tenang aja, bank perkreditan rakyat ini terpercaya kok. Sudah banyak UMKM yang berkembang atas Produk dari Bank Perkreditan Rakyat ini.

Semoga artikel ini menjawab rasa penasaran teman-teman.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "3 Cara UMKM Dapat Dukungan Pinjaman Modal Dari Bank Perkreditan Rakyat"