Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 5 Tips Saat Hamil Agar Bayi Cerdas

Assalamualaikum wr wb

Wuah seneng banget, kemarin mengikuti seminar tentang tips saat hamil yang dipandu oleh Mas Agus Jatmika Soegiarto. Wuah penjabarannya asyik banget. Menjadi bekal buat saya yang sedang menjalani program hamil.

Apalagi saat beliau mengatakan bahwa salah satu tantangan dunia kandungan saat ini adalah kehamilan anak pertama yang literasinya sangat minim. Ini membuat saya berpikir ulang, bahwa saya benar-benar harus mempersiapkan kehamilan dengan baik.

Mitos Ibu Hamil Anak Pertama

Apalagi banyak ibu-ibu yang termakan mitos hamil anak pertama. Mulai dari mitos makan nanas, boleh aktivitas atau tidak, tidak boleh berhubungan seks, tidak boleh minum kopi, dan lainnya. 

Kalau seperti ini terus, Ibu hamil justru tidak fokus dengan proses mengandung yang membutuhkan ilmu. Khawatir bila Ibu hamil terlalu bingung ini dan itu, maka akan terjadi pertumbuhan janin yang terhambat hingga preaklamasia (meninggalnya ibu hamil dan janinnya). 

tips saat hamil

Maka dari itu, kita sebagai calon ibu, harus rajin-rajin belajar, rajin baca buku, dan berkomunikasi dengan suami untuk sharing informasi dan semangat. Sebab, Ketika kita melahirkan 1 anak, maka kita telah melahirkan sebuah generasi baru, bahkan generasi emas Indonesia.

Tips Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Oke, langsung saja kita bahas ke hal yang sudah ditunggu-tunggu oleh teman-teman, yakni bagaimana tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas? Iya, kita bisa mengasah kemampuan bayi sejak dalam kandungan. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut baik-baik ya!

1. Jauhi Lingkungan yang Berbahaya

Perhatikan lingkungan sekitar ya Bu. Jauhkan diri dari asap rokok karena banyak zat berbahaya yang akan membahayakan janin dan ibunya. Kalau suami adalah seorang perokok, coba dibujuk untuk berhenti merokok. Kasihan kalau ada apa-apa dengan si jabang bayi.

Adapun bila tinggal di tempat yang berdebu, banyak polusi udara, dan lainnya, maka alangkah lebih baik bila pindah tempat dulu. Kasihan bila si Ibu terganggu dengan pencemaran udara. Khawatir si bayi mengalami gangguan pernafasan.

2. Olahraga Supaya Tetap Fit

Alangkah lebih baik bila ibu hamil tetap olahraga. Bukan berarti sedang mengandung, lalu justru malas-malasan untuk gerak. Justru itu salah. Ibu hamil harus tetap berolahraga.

Hal ini supaya otot-otot Ibu tidak kaku. Sendi-sendi dan pergerakan fisiknya lentur. Kalau Ibu rajin berolahraga, minimal jalan kaki, maka akan membuat proses persalinannya lebih lancar.

3. Makan Makanan Bergizi

Ibu hamil harus rajin makan makanan bergizi. Bukan asal makan, melainkan memerhatikan asupan nutrisinya. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil adalah asam folat atau vitamin B9. 

Asam folat berguna untuk membentuk sel-sel tubuh agar dapat berjalan dengan baik serta menjaga kesehatan kandungan. Asam folat ini dapat ditemukan bila Ibu mengonsumsi sayuran hijau, gandum, atau jus jeruk.

Kalau merasa kekurangan nutrisi tapi bingung kurang gizi apa dan di makanan apa, maka bisa dicukupi dengan minum susu. Cobalah secara rutin minum susu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil.

4. Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Tahu nggak sih kalau minyak ikan itu sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil di dalam kandungan? Otak membutuhkan EPA, Omega 3 dan DHA yang terkandung di dalam minyak ikan.

Manfaatnya luar biasa. Minyak ikan ini berperan dalam perkembangan stimulus otak bayi, mengurangi risiko asma pada bayi, mencegah persalinan premature dan menurunkan risiko preeklamsia. Selain itu, minyak ikan juga dapat meningkatkan energi ibu hamil supaya tetap aktif bergerak.

5. Rajin Membaca Buku

Membaca buku adalah sebuah bentuk ketenangan atau rileks yang paling menyenangkan. Selain bersantai-santai, kita juga bisa mendapatkan informasi atau hiburan. Terlebih lagi, ada banyak buku yang memberikan ilmu dan informasi bermanfaat.

Sebagai ibu hamil, alangkah lebih baik bila mulai rajin membaca buku-buku kehamilan, anak, hingga parenting. Sebab, ibu hamil harus mempersiapkan banyak hal untuk si buah hati. Alangkah lebih baik, bila selesai membaca, sampaikan intisari atau hal-hal yang menarik ya ke suami. Iya, yang belajar adalah Ibu dan calon Ayah.

Jangan Sampai Bayi Stunting Ya!

Kita selalu berharap agar memiliki anak yang baik, sehat, soleh, cerdas, dan tumbuh dengan bahagia. Jangan sampai punya bayi stunting ya, karena kita sedang berusaha membangun generasi yang baik.

Lalu bagaimana cara mencegah stunting? Ternyata mencegah stunting ini adalah sebuah perjalanan panjang. Dimulai dari masa-masa sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan. Detailnya sebagai berikut:

1. Sebelum Hamil

Perlunya belajar mengenai kesehatan kehamilan, ilmu parenting, asupan gizi, hingga faktor lingkungan yang baik seperti akses air bersih dan sanitasi.

2. Saat Hamil

Perlunya belajar mengenai kehamilan, gizi selama hamil, pemeriksaan kesehatan kehamilan, melakukan senam hamil, serta persiapan laktasi.

3. Setelah Melahirkan

Perlunya kondisi dan kesiapan Ibu bersalin yang baik dan bahagia. Supaya bisa bahagia setelah melahirkan, bisa mengikuti Mom to be-Class yang diselenggarakan oleh Klinik Kehamilan Sehat.

Cek Kesehatan Ibu Hamil di Klinik Kehamilan Sehat

Oh tentu saja hal yang penting dilakukan adalah cek kehamilan. Mau bagaimana pun kondisi ibunya, maka si bayi harus tetap di-USG. Apabila konsultasi ke dokter Sp.OG, tapi yang ditanyakan hanya ibunya saja, maka percuma.

Memang dokter bisa memeriksa kondisi ibu hamil, tapi hanya fisik ibu hamilnya saja, sedangkan kandungannya tidak. Untuk mengetahui kondisi kandungan, maka harus di-USG. Hanya mengeluarkan uang sekitar 200ribu, maka ibu hamil bisa mendapatkan konsultasi dan tes USG si bayi.

Maka dari itu penting banget adanya Klinik Kehamilan Sehat yang melayani ibu hamil dan melahirkan dengan baik. Sudah berdiri sejak tahun 2016, kini sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

klinik kehamilan sehat

Pelayanan di Klinik Kehamilan Sehat ini lengkap banget. Mulai dari pemeriksaan kehamilan, program hamil, pemasangan IUD, persalinan, cek laboratorium, dan lainnya. Klinik yang berada di bawah naungan  PT. Kehamilan Sehat Sejahtera ini telah melayani lebih dari 200.000 pasien.

Jadi, alangkah lebih baik ibu hamil memeriksakan kandungannya di klinik kandungan terpercaya seperti Klinik Kehamilan Sehat. Inshaa Allah akan dibimbing dengan baik, termasuk mendapatkan tips untuk hamil agar bayi cerdas.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi yang bisa Kak Ros sampaikan tentang tips kehamilan sehat agar bayi cerdas. Selain mengikuti 5 tips tersebut, pastikan selalu konsultasi dan melakukan cek USG di Klinik Kehamilan Sehat. Oh ya, bisa dilanjutkan untuk proses persalinan di klinik yang sama juga ya!

Semoga kita semua diberi keturunan yang baik dan selalu dituntun untuk berada di jalan yang benar. Aamiin.

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Ini 5 Tips Saat Hamil Agar Bayi Cerdas"