Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Waktu Terbaik Servis Mobil? Ini Jawabannya

Assalamualaikum wr wb

Bengkel mobil terbaik untuk melakukan servis mobil, adakah? Ada dong! Tapi hal yang lebih penting lagi adalah peka dan ingat kapan waktu terbaik servis mobil.

Akibat Terlambat Servis Mobil

Jangan sampai terlambat servis kendaraan karena akan mencelakai pengendara saat di perjalanan. Tak hanya itu, ada beberapa akibat yang akan kamu rasakan apabila terlambat servis mobil. Apa sajakah?

1. Mobil Jadi Boros

pentingnya servis mobil secara berkala, kita bisa mengetahui kerusakan kecil yang terjadi, Sebelum jadi lebih parah. Terutama di bagian oli mobil dimana sebagian orang kadang melupakan kapan waktunya mengganti oli mobil. 

Membiarkan sampai mengental dan bahkan kering. Jika hal ini terjadi tentu akan berdampak buruk bagi kendaraan kita. 

Oli yang berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin. Agar tidak terjadi gesekan yang parah dan akan memaksa mesin bekerja lebih berat lagi. Jika sudah seperti ini mobil jadi lebih boros. Dan bahan bakar cepat terkuras. 

2. Muncul Banyak Masalah pada Mobil

Apabila jarang melakukan servis mobil, maka kondisi mobil, kaki-kaki hingga kelistrikan akan mengalami kendala.

Saat ada komponen mobil yang luput dari pengecekan, maka akan timbul sejumlah masalah di mobil yang dirasakan saat perjalanan.

3. Biaya Perbaikan yang Mahal

Mobil yang jarang diservis saat mobil mulai mengalami gangguan. Dan kerusakan lainnya saat itulah biaya perbaikan jauh lebih mahal. 

Misal, pada saat oli mobil yang jarang diganti, oli yang volumenya mulai berkurang, tidak akan sempurna melumasi komponen yang seharusnya di lumasi. Hal ini yang nantinya akan menimbulkan banyak masalah

Saat mesin mobil yang sudah terlanjur parah kerusakannya saat melakukan servis pemilik kendaraan akan mengeluarkan biaya yang tinggi untuk perbaikannya. Dan  proses perbaikannya akan lebih lama jika dibandingkan dengan mobil yang sering berkala.

Perbedaan Waktu Untuk Melakukan Servis Dan Tune Up Mobil. 

Jangan sampai ketinggalan info yang satu ini, kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis mobil? Tidak semua komponen pada mobil harus di servis setiap bulannya. Untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk servis, kita harus membedakan kapan waktunya untuk servis dan tune up. 

Kegiatan servis mobil akan dilakukan pertama kali saat mobil sudah  mencapai jarak tempuh sampai 1.000 KM. Untuk pengecekan oli mesin, mesin mobil dan juga ban. 

Kemudian setelah menempuh jarak 30.000 KM, lalu 50.000 KM dan 70.000 KM.  Pengecekan  sistem bahan bakar, suspensi dan juga sistem kemudi dilakukan. Saat mobil menempuh jarak 20.000 KM, kemudian 60.000 KM dan 100.000 KM. 

Untuk tune up sendiri dikerjakan saat mobil sudah menempuh jarak 120.000 KM. Di saat itu biasanya akan ada masalah yang menyebabkan mobil tidak lagi stabil saat digunakan. 

Misal ada suara berdenyit dari bawah mobil. Sistem kemudi yang sudah tidak stabil lagi. Tune up bisa dilakukan setahun sekali. Berbeda dengan servis yang harus dilakukan secara berkala. 

Namun untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ada baiknya sebelum bepergian kita harus servis terlebih dahulu. Dan sesudah bepergian jauh. 

Seperti mudik lebaran dan libur panjang.  Dimana banyak pemilik kendaraan ingin mengendarai mobilnya dengan nyaman.

Perbedaan Harga Tune Up Dan Servis Mobil

ternyata tidak hanya pengerjaannya yang berbeda. Waktu untuk melakukan keduanya juga berda. Bahkan dari segi harga juga akan berbeda antara tune up dengan servis mobil. 

Apa lagi di bengkel yang berbeda jelas akan berbeda harga juga. Tergantung kualitas bengkel yang kita kunjungi. 

Misal untuk melakukan servis dengan pelayanan dan jenis servis yang sama di bengkel A kita merogoh kocek sampai 200.000 ribu, dengan peralatan seadanya  dan pada bengkel B kita bisa menghabiskan 300.000 untuk jenis pengecekan yang sama, namun dengan alat dan peralatan yang memadai.

Dan untuk tune up sendiri adalah pengecekan yang lebih detail dan menggunakan peralatan yang harusnya memadai. Pastinya akan lebih mahal lagi. 

Karena tune up sendiri berfokus pada penyetelan ulang di bagian engine dari mobil seperti aki mobil akan dilakukan pengecekan terhadap daya hantar listrik pada mobil sendiri, serta kabel-kabel yang akan di cek apa ada kabel yang terkelupas dan akan membahayakan pengemudi dan penumpang.

Kesimpulan

Melakukan servis mobil sangat penting dan harus untuk dilakukan. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan. 

Memastikan kenyamanan kita saat berkendara dan keamanan kita saat berkendara dengan melakukan servis mobil secara berkala akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari melakukan servis mobil secara berkala. 

Lakukan di bengkel mobil yang sudah memiliki kepopuleran dan citra yang baik.  Dengan tenaga kerja yang sudah ahli pada bidangnya kita akan mendapatkan pelayanan yang sesuai dan profesional dengan harga yang kita keluarkan untuk melakukan servis mobil secara berkala. 

Dapatkan informasi yang akurat mengenai tempat servis mobil terbaik dan bengkel yang sudah memiliki sertifikat resmi. Berhati-hati saat berkendara di jalan raya.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Kapan Waktu Terbaik Servis Mobil? Ini Jawabannya"