Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bahan Merakit Komputer Murah dan Spesifikasinya

PC atau personal computer merupakan sebuah perangkat yang memiliki system untuk memanipulasi data dan informasi. Selain itu komputer juga memiliki kemampuan untuk membuat, mengolah dan menyimpan data penggunanya.

Saat ini teknologi komputasi semakin berkembang, bahkan saat ini banyak perusahaan komputer yang berlomba membuat part-part komputer menjadi semakin cangih demi mengikuti perkembangan dunia digital yang semakin update.

Bagi kaum sultan, mungkin membuat sebuah komputer dengan spesifikasi impian cukup mudah dilakukan. Namun untuk kaum kere hore seperti penulis, memiliki komputer dengan spek impian itu masih jadi harapan.

Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah tips bagaimana membuat sebuah komputer dengan harga murah namun memiliki performa yang hampir seimbang dengan spesifikasi computer terbaru.

Apa Saja Bahan Merakit Komputer?

Berikut ini adalah spesifikasi computer murah yang memiliki performa worth it untuk editing dan gaming.

1. Processor Core 2 Quad Q8400

Hardware pertama yang bisa menjadi rekomendasi untuk membuat komputer murah dengan performa tidak kalah dari Core i5 gen 2 dan 3 adalah CPU Core 2 Quad Q8400. 

Meski processor ini diluncurkan pada tahun 2009, namun saat ini processor tersebut masih mudah ditemukan di beberapa online shop tanah air.

Kelebihan processor Q8400 adalah memiliki jumlah core dan thread sebanyak empat buah. Kelebihan kedua adalah kecepatannya yang sudah di atas 2.5 GHz, tepatnya 2.66 GHz. Selain itu TDP dari processor Core 2 Quad Q8400 ini hanya 95 watt.

Untuk membuat performanya semakin gahar, maka Anda bisa mencoba mengoverclock processor tersebut ke 3.0 GHz. Terbukti, kecepatan sebuah processor akan meningkat secara signifikan setelah di overclock.

Saat ini harga processor Core 2 Quad Q8400 berada dikisaran 120 ribuan saja. 

2. Motherboard Chipset G41

Untuk membuat performa processor Core 2 Quad Q8400 semakin keluar, maka pilihlah motherboard dengan chipset G41. Motherboard chipset G41 ada dua jenis, ada yang memiliki fitur overclock da nada yang juga yang tidak.

Sebagai contoh, motherboard G41 yang memiliki fitur overclock adalah Asrock G41M-VS3, sedangkan contoh motherboard G41 yang tidak memiliki fitur overclock adalah ECS G41T-TM (buildup). 

Anda dapat memilih motherboard dengan chipset G41 dari brand manapun, namun selalu utamakan yang memiliki fitur overclock untuk mendongkrak performa processor ke titik maksimal.

Saat ini harga motherboard chipset G41 berada dikisaran 150 ribu sampai dengan 250 ribuan, tergantung merek dan fitur yang dimiliki. Untuk mendapatkan motherboard dengan chipset G41 cukup mudah, silahkan cari di market place favorit Anda.

3. RAM DDR3 2x4GB

Karena motherboard yang digunakan pada spesifikasi komputer murah ini memiliki chipset G41, maka secara otomatis RAM yang bisa digunakan adalah jenis DDR3. Harga satu keping RAM DDR3 berkapasitas 4GB berkisar antara 150 ribu sampai 200 ribuan.

Meski harganya murah, namun untuk urusan performa dari RAM DDR3 masih bisa diandalkan. Terutama untuk main game dan editing. Anda bisa mendapatkan RAM DDR3 dengan cukup mudah di online shop favorit Anda.

Apabila Anda ingin membuat tampilan RAM DDR3 yang digunakan menjadi lebih sangar, maka Anda bisa mencoba memasang heatsink RAM. Biasanya harga dari heatsink tersebut hanya 15 sampai 30 ribuan saja.

Untuk heatsink yang menggunakan RGB, harganya agak sedikit mahal. Jadi sebaiknya Anda gunakan saja heatsink biasa.

Heatsink RAM yang paling mudah ditemukan di online shop adalah Hyper-X. Saya pernah membuat review tentang heatsink RAM ini pada artikel yang berjudul cara membuat RAM gaming sendiri.

4. VGA GTX

Sebenarnya untuk VGA itu fleksibel, Anda bisa menggunakan VGA sesuai kemampuan budget Anda. Alasan saya menulis VGA GTX adalah minimal menggunakan VGA dengan seri GTX, contohnya GTX seri 500, GTX seri 600, dan GTX seri 700. 

Kalau memiliki budget lebih, sebaiknya gunakan VGA yang lebih bagus lagi. Namun perlu dicatat bahwa PCI-E motherboard G41 hanya sampai gen 2.0. Apabila Anda menggunakan VGA terbaru yang sudah DDR6, maka hal itu akan menyebabkan bottleneck, dimana kemampuan VGA tidak akan keluar secara full akibat versi PCI-E pada motherboard masih versi 2.0.

Harga VGA GTX seri 500 sampai seri 700 bervariatif, penulis sendiri pernah membeli VGA GTX 560 Ti dengan harga RP.600.000 di online shop, dan saya juga sudah membahas tentang kelebihan dan kekurang VGA GTX 560 Ti pada artikel yang berjudul Review VGA Colorfull GTX 560 Ti.

5. SSD Murah

SSD (solid state drive) merupakan sebuah hardware yang memiliki fungsi mirip Hard Disk. Yang membedakan, SSD memiliki kecepatan lebih kencang, dan saat ini banyak diperuntukan sebagai drive system.

Yang saya maksud SSD murah adalah SSD dari brand-brand yang biasa dibeli kaum kere hore seperti penulis yaitu Midasforce, eyota, dan RX7. Saat ini harga SSD berkapasitas 120GB berada dikisaran 170 ribuan.

Namun untuk merek yang sudah cukup terkemuka seperti ADATA, Kingston, dan Samsung, harga SSD 120GB ini bisa berada dikisaran 250 ribuan, bahkan bisa lebih. 

Saya ingat pernah membeli SSD Kingston A400 dari China pada tahun 2020 dengan harga 300 ribu. Saat itu harga SSD di Indonesia sedang naik, dan beruntung saya bisa mendapatkan SSD tersebut dengan gratis ongkir. 

Sampai saat ini SSD tersebut masih saya gunakan, dan penurunan Healt pada Hardisk Sentinel pun baru terdeteksi 3% saja. Silahkan Anda baca review lengkap SSD Kingston A400 di internet.

6. Hard Disk

Dalam spesifikasi computer murah ini, hard disk hanya di pungsikan untuk menyimpan data saja. Namun apabila Anda belum bisa membeli SSD, maka membeli hard disk bisa didahulukan karena hard disk biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dari SSD, serta harganya lebih murah.

Saat artikel ini ditulis, harga hard disk berkapasitas 500GB bisa didapatkan dengan harga 125 ribu saja di salah satu took online popular di Indonesia. 

Apabila Anda seorang bisnis man, maka Anda bisa memanfaatkan Hard Disk dengan harga murah tersebut untuk dijual kembali. Saya sendiri pernah berjualan hard disk full game dari modal hard disk second.

7. Power Supply

Karena processor yang digunakan adalah core 2 quad Q8400 dan VGA yang digunakan adalah seri GTX, maka saran saya gunakan power supply korea yang berkapasitas 500 watt saja.

Hal ini untuk berjaga-jaga apabila Anda ingin mengupgrade processor atau VGA yang memiliki TDP lebih besar. Biasanya VGA dengan TDP besar memerlukan power tambahan dari power supply secara langsung.

Harga dari power supply korea berada dikisaran 165 ribuan saja.

Ok, jadi bagaimana. Apakah Anda tertarik untuk membuat sebuah komputer berspesifikasi setara core i5 namun dengan harga yang jauh lebih murah?

Kesimpulan

Nah, itulah spesifikasi komputer murah ala Max Ikhsan. Spesifikasi ini jauh lebih baik dari Core i3 gen 2 dan 3. Selain itu spek komputer ini masih bisa menyaingin performa dari Core i5 gen 2 dan 3.  

 

Guest post oleh www.maxikhsan.my.id

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "7 Bahan Merakit Komputer Murah dan Spesifikasinya"