Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fungsi dari Vitamin C Untuk Wajah dan Kulit

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang fungsi dari Vitamin C untuk wajah dan kulit manusia. Orang-orang umumnya udah pada tahu bahwa Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah, tapi detailnya seperti apa sih?

Apa manfaat vitamin C untuk wajah? Mengapa produk-produk kecantikan banyak yang mengklaim bahwa vitamin C dapat mencerahkan kulit? Memangnya benar?

Eits sabar dulu, Inshaa Allah Kak Ros akan menjawab berbagai pertanyaan tersebut pelan-pelan. Akan Kak Ros uraikan manfaat vitamin C bagi tubuh khususnya bagi kulit di area wajah dan tubuh.

fungsi dari vitamin c


Ini Fungsi Vitamin C Bagi Kulit

Sebenarnya ada banyak banget manfaat vitamin C bagi kulit. Namun kali ini Kak Ros akan sharing 5 fungsi vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita.

1. Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah di Kulit

Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat, ternyata suplementasi Vitamin C dapat menjadi strategi baru untuk mengurangi risiko penyumbatan darah bagi orang obesitas.

Namun untuk orang dengan berat badan ideal, Vitamin C dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga badan lebih fit. Hal ini juga berlaku untuk pembuluh darah yang ada di wajah sehingga membuat wajah lebih sehat.

2. Menyamarkan Bercak Hitam di Kulit

Vitamin C sering banget disebut sebagai holy grail karena ampuh banget menyamarkan bercak hitam di kulit wajah. Awal mula mungkin bisa menyamarkan noda-noda hitam di wajah, namun dengan pemakaian rutin hingga 4 bulan, maka hasil nyata akan terlihat.

Maka jangan heran bila banyak produk pencerah kulit yang mengunggulkan Vitamin C sebagai andalannya. Ya karena memang seampuh itu

3. Mengurangi Produksi Melanin

Penelitian dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa penggunaan vitamin C pada wajah terbukti dapat menghambat produksi melanin. Pengurangan produksi melanin ini dapat mengurangi aktivitas pigmentasi. 

Pigmentasi adalah proses perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap daripada sebelumnya. Dengan penggunaan vitamin C secara konsisten, maka dapat mengembalikan warna kulit seperti semula.

4. Sebagai Antioksidan

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Misalkan kulit terkena polusi udara, paparan asap rokok, dan lainnya, maka kulit wajah akan menjadi stress atau mengalami oxidative stress.

Untuk mengembalikan ke kondisi wajah yang netral, maka diperlukan antioksidan agar kadar radikal bebasnya turun. Maka dari itu diperlukan Vitamin C untuk sebagai antioksidan andalan kulit wajah.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C juga dinilai dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen berfungsi untuk mempertahankan kekenyalan kulit atau elastisitas kulit di wajah. Dengan kata lain, kolagen dapat mengurangi kerutan atau mencegah penuaan dini.

Perlu diingat ya, kata kuncinya adalah meningkatkan atau merangsang produksi kolagen, bukan serta merta mengurangi kerutan di wajah. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa melakukannya dari dalam dan luar tubuh.

Dari dalam tubuh, kita bisa rajin-rajin mengonsumsi buah jeruk, papaya, stroberi, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Dari luar tubuh, kita bisa mendapatkannya dengan rajin menggunakan skincare yang mengandung vitamin C.

Kesimpulan

Itulah 5 manfaat vitamin C, sebenarnya masih banyak fungsi dari vitamin C lainnya yang kamu rasakan apabila rutin makan makanan sehat dan rajin pakai skincare.

Dengan rutin melakukan skincare, maka wajah akan menjadi sehat sehingga berdampak pada kulit yang menjadi cerah dan menyegarkan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Fungsi dari Vitamin C Untuk Wajah dan Kulit"