Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rebusan Daun Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang sejumlah rekomendasi rebusan daun untuk diabetes yang mampu menurunkan gula darah. Memang menurunkan gula darah bisa dibantu dengan obat-obatan, namun alangkah lebih baik bila dilakukan secara alami.

Untuk menurunkan gula darah secara alami, maka penderita diabetes dapat mengonsumi sayuran dan buah-buahan tertentu. Adapun penderita diabetes juga harus menghindari minuman tinggi gula.

Kalau nggak suka minum air putih, maka bisa diganti dengan minum rebusan daun. Ada rasanya tapi tidak plain. Cocok untuk orang-orang yang nggak suka minum air putih tapi sedang berikhtiar untuk turunkan gula darah.

Cara ini dapat dilakukan untuk orang-orang dengan kadar gula darah tinggi atau bahkan kadar gula darah normal usia 50 tahun atau lebih. Ini bisa menjadi salah satu ikhtiar terbaik yang minim risiko.

Ini 5 Rebusan Daun Untuk Diabetes

Lalu, air rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah? Berikut ini diberikan 5 rekomendasi daun yang bisa direbus untuk menurunkan gula darah. Apa sajakah itu? Simak baik-baik ya!

1. Daun Kersen

Pohon kersen banyak ditemukan di mana-mana. Orang-orang mengira pohon kersen tak begitu bermanfaat, hanya menjadi peneduh saja. Namun siapa sangka bila daunnya bisa menjadi obat untuk menurunkan gula darah.

Daun kersen mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh seperti air, karbohidrat, protein, lemak, serat, zat besi, karoten, niacin, dan fosfor. Adapun kandungan nitric oxide berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat merangsang penurunan gula darah.

2. Daun Bayam

Sebenarnya daun bayam bisa dimakan langsung sebagai lalapan atau justru memilih direbus. Bila bosan makan lalapan daun bayam tapi sedang ingin cepat sembuh, maka bisa diganti bentuknya menjadi rebusan daun bayam.

Kalau kurang berselera, bisa diganti dengan jus bayam. Namun air rebusan bayam dinilai lebih kaya nutrisi karena nutrisi-nutrisinya dapat bercampur dengan air hangat yang juga menjadi relaksasi bagi tubuh.

3. Daun Mangga

Banyak orang yang menyepelekan daun mangga padahal daun ini berharga banget untuk penderita diabetes. Menurut penelitian, ekstrak daun mangga memiliki kemampuan untuk menghambat enzim alfa glucosidase.

Dengan ini, maka akan membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, ternyata rebusan daun mangga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

4. Daun Pepaya

Daun pepaya memang pahit. Namun justru ini adalah penangkal dari diabetes. Kalau bosan menggunakan daun pepaya sebagai menu lalapan, maka coba jadikan minuman.

Bisa dibuat air rebusan daun pepaya. Pasti rasanya segar. Tapi bersihkan dulu getahnya agar tidak terasa pahit. Kalau masih terasa pahit, bisa ditambahkan madu asli supaya bisa habis diminum.

5. Daun Banaba

Sebenarnya tidak banyak keberadaan pohon Banaba di Indonesia. Jarang sekali orang menemukannya. Namun pohon Banaba ini ada di wilayah Asia Tenggara.

Sudah sejak dahulu kala, daun Banaba digunakan sebagai obat diabtes tradisional. Sebab daun banaba mengandung antioksidan, mampu menurunkan kolesterol, hingga memberikan efek anti obesitas.

Kesimpulan

Itulah 5 rebusan daun untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabet. Coba konsumsi rebusan daun ini secara konsisten. Dijamin akan terasa khasiatnya. 

Coba konsumsi pada pagi hari. Tapi sepertinya efeknya akan lebih terasa bila diminum saat malam hari. Sebab saat malam hari tubuh akan beregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuhnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Rebusan Daun Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes"