Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Usaha Playground Indoor Untung Maksimal

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang tips usaha playground indoor atau dalam ruangan dengan modal yang minim. Tips ini berguna untuk teman-teman yang ingin mencoba peruntungan di bisnis mainan.

Memang anak menjadi salah satu target market yang besar. Apalagi dengan tagline “sayang anak”, maka orang tua akan berusaha membahagiakan anakanya, salah satu caranya dengan main di playground.

Saat anak main di playground, orang tuanya justru bisa melakukan aktivitas lain seperti belanja atau menyelesaikan urusan bisnis. Tentu saja posisi orang tua tak jauh dari playground karena orang dewasa masih harus tetap mengawasi si kecil. Sebab, playground hanyalah taman bermain, bukan tempat penitipan anak.

Ini Tips Sukses Usaha Playground Indoor 

Memiliki keinginan yang kuat untuk membangun playground, jangan serta merta langsung membeli paket usaha playground atau franchise playground. Melainkan memperhatikan hal-hal penting berikut ini supaya tidak boncos:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Pertama-tama, pilihlah lokasi yang strategis. Sebab, hal ini sulit dicari. Untuk playground indoor, biasanya posisinya ada di dalam mall.

Coba keliling mall yang ada di kota, lalu lihat-lihat posisi strategis untuk membangun playground. Kalau sudah menemukan beberapa tempat, maka coba hubungi pihak marketing mall satu persatu. Tanyakan apakah lokasi atau titik tersebut tersedia space kosong untuk area playground?

2. Pilih Paket Usaha Playground Terbaik

Selanjutnya, pilih paket usaha playground terbaik. Caranya mudah banget. Kumpulkan semua informasi tentang jasa atau franchise playground yang ada di Indonesia, lalu bandingkan satu persatu.

Coba cek mana yang penawarannya lebih banyak dan lebih bagus tapi harga masih masuk akal. Coba cek juga testimoni di Google Maps. 

3. Cek Langsung Cari Tahu Kualitas Bahan

Usai mantap memilih 1-3 paket usaha playground, maka selanjutnya Anda perlu cek langsung ke kantor franchise. Coba cek dulu ukuran barangnya, kualitas bahannya, awet atau tidak, apakah aman untuk anak atau tidak.

Sebab playground yang dibuat harus memenuhi standar keselamatan bermain untuk anak. Anda sebagai pemilik playground harus cek benar-benar mengenai kualitas bahan yang digunakan untuk pembuatan playground. 

Bila ingin mencari rekomendasi bisnis playground terbaik yang mengedepankan kualitas dan kuantitas, maka coba menghubungi Happy Play Indonesia. Saat ini ia masih menjadi perusahaan playground terbaik di Indonesia

4. Gencar Promosi di Sosial Media

Kalau sudah menentukan paket bisnis playground yang dipilih dan telah deal terkait pembayaran, maka lakukan promosi di sosial media. Memang mall sudah memiliki pengunjung sendiri yang setiap hari akan datang.

Namun alangkah lebih baik bila Anda melakukan promosi. Anda bisa membuat akun Instagram atau Tiktok untuk playground. Untuk awal-awal, Anda bisa pegang akun sendiri lalu isi dengan postingan standard semampu yang Anda bisa.

Untuk selanjutnya, Anda bisa hire jasa pembuatan konten media sosial atau content creator untuk melakukan pembuatan konten guna meningkatkan promosi di media sosial. Kalau dirasa sudah ramai dan orang-orang sudah mengenal, maka jasa konten tersebut dapat dihentikan sementara.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Hal yang harus Anda perhatikan baik-baik adalah pelayanan. Pastikan staf Anda telah dilatih dan belajar melayani anak-anak di playground. Untuk bulan-bulan pertama, alangkah lebih baik bila Anda berada di playground untuk mengenal situasi.

Pada masa-masa tersebut, Anda bisa menilai pelayanan staf, melihat pelayanan apa yang dibutuhkan oleh customer, dan lainnya. Jadi Anda masih harus berproses supaya playground Anda benar-benar berkembang. Bisnis baru bisa auto pilot bila Anda telah membereskan semua masalah pada 6 bulan pertama.

Kesimpulan

Itulah 5 tips usaha playground di mall yang bisa Anda terapkan. Dengan menerapkan 5 tips ini, pastinya Anda akan mendapatkan untung maksimal.

Semoga semakin banyak anak-anak yang mendapatkan kebahagiaan dari playground yang Anda buat. Aamiin.

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Tips Usaha Playground Indoor Untung Maksimal"