Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan Hemat ke Lampung Naik Damri, Ini Pilihan Wisata yang Wajib Dikunjungi

Bosan dengan destinasi wisata di Pulau Jawa? Kamu bisa mengalihkan perhatianmu ke Pulau Sumatera. Ya, daerah-daerah di Pulau Sumatera juga mempunyai destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. 

Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, hingga wisata budaya ada di sini. Salah satu daerah di Sumatera yang menarik untuk kamu datangi adalah Lampung. 

Provinsi yang terletak di ujung Selatan Sumatera ini punya beragam destinasi wisata. Salah satu yang populer di sini adalah wisata pantai. Kamu akan menemukan pantai-pantai cantik di daerah ini. 

Transportasi Darat Menuju Lampung Naik DAMRI

Terkait akses menuju ke Lampung, bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa, kamu bisa berkunjung dengan menggunakan moda transportasi darat, seperti DAMRI, bus, dan travel. 

Selain harga tiket yang terjangkau, saat diperjalanan kamu juga akan melihat pemandangan alam yang memukau, apalagi saat penyeberangan Selat Sunda. 

sumber gambar: https://yopiefranz.com/2019/05/bus-damri-lampung/

Untuk tiket DAMRI, bus, dan travel, kamu bisa cek secara online. Tersedia banyak pilihan jam keberangkatan. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Destinasi Wisata Lampung Paling Rame Dikunjungi

Seperti yang sudah disampaikan di awal, Lampung mempunyai pesona pantai yang luar biasa indah. Di samping itu, provinsi dengan ibukota Bandar Lampung ini juga mempunyai daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa referensi wisata menarik di Lampung.

1. Pantai Dewi Mandapa

Wisata pertama yang wajib kamu datangi saat sampai di Lampung adalah Pantai Dewi Mandapa. Pantai ini sangat terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan gulungan ombaknya yang memanjakan mata. 

Selain itu, tempat ini juga mempunyai spot wisata lain yang berada di sekitar pantai, seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. 

sumber gambar: https://infolpg.com/pantai-dewi-mandapa-lampung/

Di kedua tempat tersebut kamu bisa menikmati pemandangan pantai sambil duduk santai di pondok-pondok kecil. Di sini juga terdapat beberapa spot menarik untuk berswafoto. Untuk menuju lokasi ini, kamu akan dikenai biaya tambahan sekitar Rp 20.000 per lokasi. 

Pantai Dewi Mandapa terletak di Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.

2. Pulau Pahawang

Masih wisata pantai, Lampung mempunyai destinasi wisata Pulau Pahawang. Tempat ini menawarkan keindahan pantai dan bawah laut yang luar biasa. Pesonanya tidak kalah dengan destinasi lain yang ada di Lampung. 

Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini menyatakan bahwa Pulau Pahawang mirip dengan Maldives. Pantainya yang indah dengan pepohonan membuat orang betah untuk berlama-lama di sini. 

Terdapat pula cottage untuk menginap yang terletak di atas laut. Rencana liburan kamu akan semakin mengasyikan jika menginap di cottage tersebut.

Selain melihat keindahan alam, kamu juga bisa menikmati fasilitas snorkeling yang tersedia di sini. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling langsung ke pihak pengelola. 

Untuk sampai ke Pulau Pahawang, kamu harus naik perahu terlebih dahulu. Pulau ini berlokasi di Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan.  

3. Taman Nasional Way Kambas

Berlokasi di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional populer di Indonesia. Di sini hidup berbagai jenis flora dan fauna. 

Satu hal yang menarik dari Taman Nasional Way Kambas adalah di sini terdapat lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera. Saat kamu mengunjungi tempat ini, kamu bisa belajar dan berinteraksi dengan gajah-gajah tersebut.

sumber gambar: https://tempatwisataseru.com/melihat-gajah-sumatra-di-taman-nasional-way-kambas/

Selain itu, taman nasional ini juga kerap dijadikan sebagai tempat penelitian satwa langka. Tidak hanya peneliti tanah air, peneliti dari luar negeri juga sering menggunakan tempat ini untuk penelitian. 

Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Way Kambas, kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 per orang untuk wisatawan asing. 

Di hari libur, biaya yang dikenakan sebesar Rp 7.000 per orang dan Rp 225.000 per orang untuk wisatawan asing. 

4. Pantai Tanjung Setia

Satu lagi destinasi wisata pantai populer di Lampung, yakni Pantai Tanjung Setia. Pantai ini berlokasi di pesisir barat, Krui, Lampung. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah ombaknya yang stabil dan tinggi. 

Makanya tidak heran jika banyak peselancar yang memanfaatkan ombak tersebut untuk surfing. Pesona ombak Pantai Tanjung Setia bahkan sudah tercium hingga ke mancanegara. 

sumber gambar: https://www.pemburuombak.com/berita/nasional/item/706-pantai-tanjung-setia-spot-surfing-terbaik-di-lampung

Selain berselancar, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain di sini, seperti snorkeling, main voli pantai, dan jalan-jalan di sepanjang bibir pantai sambil menikmati pemandangan laut yang jernih. Saat senja datang, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset. 

Kesimpulan

Demikian beberapa referensi destinasi wisata menarik yang ada di Lampung. Selain destinasi di atas, Lampung masih mempunyai banyak pilihan wisata lain, seperti Pulau Balak, Danau Bekri, Pantai Wartawan, Kawah Suoh, Pantai Batu Lapis, Puncak Mas dan yang lainnya. 

Sehabis mengunjungi tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk menikmati sajian lezat khas Lampung.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Liburan Hemat ke Lampung Naik Damri, Ini Pilihan Wisata yang Wajib Dikunjungi"