Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi di Masa Depan

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros mau sharing tentang bagaimana prospek kerja jurusan akuntansi. Banyak banget yang tanya: jurusan akuntansi bisa kerja apa dan gajinya berapa? Cita-cita apa yang cocok untuk jurusan akuntansi?

Wuah, sebenarnya peluang kerja jurusan ini banyak banget. Dibutuhkan di mana saja karena keuangan akan selalu menjadi topik penting dari suatu perusahaan (besar/kecil) untuk tetap bertahan atau berusaha untuk berkembang.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Saat Ini 

Dari berbagai kelebihan jurusan akuntansi, maka peluang kerja di masa depan pasti menjanjikan banget. Berikut ini akan Kak Ros paparkan tentang 10 prospek kerja jurusan akuntansi yang sedang dibutuhkan perusahaan saat ini.

1. Auditor Keuangan

Di sini kamu akan memeriksa laporan keuangan, lalu menyatakan laporan tersebut sudah sesuai target atau belum, atau mencari hal-hal yang kurang baik dalam pencatatan keuangan. 

Di sini posisimu sangat menentukan karir perusahaan karena kamu bisa menentukan perusahaan sedang berada pada masa jaya atau justru akan tumbang.

2. Analis Keuangan

Saat ini analis dibutuhkan di mana-mana, salah satu yang paling dibutuhkan adalah analis keuangan. Kamu bertugas untuk melakukan riset data khususnya tentang keuangan. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi peluang bisnis, rekomendasi investasi, hingga keputusan bisnis.

sumber gambar: canva.com

3. Manajer Keuangan

Ketika menjabat sebagai manajer keuangan, maka pasti kamu sudah menguasai urusan keuangan di sebuah perusahaan. Di sini kamu mendapatkan Amanah untuk mengawasi pekerjaan akuntan junior yang sedang bertugas. Semua keputusan tentang keuangan, berada di tanganmu.

4. Cost Accountant

Ini adalah salah satu pekerjaan akuntansi yang cukup mentereng akhir-akhir ini. Cost Accountant bertanggung jawab untuk menentukan biaya yang sebenarnya dari sebuah produk atau jasa. Hingga akhirnya bisa menentukan berapa laba terbaik yang harus didapatkan.

5. Credit Analysis Manager

Profesi yang terbilang baru ini tumbuh karena kebutuhan konsumen yang semakin ke sini semakin gemar melakukan pembayaran secara kredit. Tapi menentukan orang yang berhak mendapatkan kredit atau tidak, itu perlu keahlian khusus. Nah, di sinilah kamu berperan untuk membuat SOP tentang sistem kredit dari sebuah produk/jasa.

6. Budget Analyst

Ini cukup berbeda dengan Analis Keuangan, sebab Budget Analyst bertugas untuk memetakan anggaran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari anggaran pembelian, pembelanjaan karyawan, keuntungan, hingga potensi kerugian perusahaan.

7. Financial Advisor

Ini merupakan profesi akuntansi yang cukup susah sih. Kamu harus melalui berbagai tingkatan jabatan terlebih dahulu sebelum menduduki posisi yang cukup strategis ini, yakni Financial Advisor atau Penasihat Keuangan. 

Bahkan, kalau perlu, kamu lanjut S2 terlebih dahulu. Kalau kamu dari jurusan akuntansi, bisa S2 di jurusan hukum, sedangkan kalau kamu dari jurusan hukum, maka bisa S2 di jurusan akuntansi/ekonomi.

8. Forensic Accountant

Ini adalah peluang kerja jurusan akuntansi yang paling seru. Kamu akan melakukan investigasi keuangan. Kamu mendapatkan tugas untuk menganalisis, menafsirkan, hingga meringkas masalah keuangan di suatu perusahaan. Kalau masalah keuangannya sudah ditemukan, maka kamu bisa memberikan saran-saran kepada perusahaan tersebut.

9. International Tax Manager

Ini adalah salah satu prospek kerja yang paling bergengsi di jurusan akuntansi. Tapi pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang aktif, baik lisan maupun tulisan. 

Memiliki peran sebagai International Tax Manager, maka kamu beranggung jawab untuk memastikan bahwa bisnis/individu mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

10. Konsultan Perpajakan

Salah satu peluang kerja jurusan akuntansi yang paling seru adalah konsultan perpajakan. Di sini kamu akan menerima keluhan dari perusahaan/individu tentang masalah perpajakan yang ia alami. 

Kamu akan memberikan saran-saran setelah mengevaluasi bagaimana keuangan perusahaannya sehingga mengalami masalah pajak seperti ini.

Kesimpulan

Nah, itulah 10 prospek kerja jurusan akuntansi yang menjanjikan. Prosperk kerja ini cocok loh untuk anak SMK jurusan Akuntansi. Bisa kerja dulu, lalu 2 tahun berikutnya lanjut kuliah S1 akuntansi. Nikmati saja prosesnya. Inshaa Allah suatu hari akan mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.

Semoga niat kita untuk belajar dan bekerja, akan menjadi nilai ibadah untuk diri kita. Semangat ya! Semoga berhasil meraih cita-cita!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi di Masa Depan"