Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Perbedaan Antara Artikel SEO Dengan Artikel Biasa

Ada banyak perbedaan tujuan antara artikel SEO dan artikel biasa, mulai dari teknis cara penulisan hingga bentuk dan tujuan pembuatan artikel tersebut. Bagi orang tidak awam, maka akan sulit untuk membedakan antara kedua jenis artikel ini. Namun, keduanya memiliki banyak perbedaan dan tujuan. 

Dilihat dari aspek teknis cara pembuatannya, Artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan menggunakan teknik cara penulisan yang mengandung kata kunci dalam artikel.  

Sedangkan artikel biasa tidak memperdulikan katan kunci khusus didalam artikel mereka. Artikel SEO ini sangat memperhatikan tingkat kepadatan kata kunci khusus yang ada di dalamnya. 

Artikel biasa tidak melakukan cara hal ini dalam arti teknis penulisan. Dari segi tujuan pembuatannya, artikel SEO yang dibuat dengan tujuan guna untuk mendatangkan trafik organik dari mesin pencari google. 

Sedangkan artikel biasa yang dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi pengunjung. Agar lebih mudah dipahami oleh pembaca, kami akan menjelaskan beberapa perbedaan yang paling mendasar antara kedua jenis artikel di atas.

BACA JUGA : Jasa Backlink PBN Murah dan Berkualitas 

Mengenali Artikel SEO

Bagi anda yang sudah berpengalaman terjun ke website atau blogger, tentu hal ini tidak asing lagi dengan yang namanya artikel SEO. Intinya, artikel blog adalah artikel yang sengaja ditulis guna untuk mengoptimalkan sebuah website di mesin pencarian Google atau mesin pencari browser lainnya. 

Skema dalam penulisan artikel untuk Google lebih diarahkan kedalam mesin pencari. Sehingga strukturnya dibuat sangat sistematis sehingga mesin pencari tersebut dapat dengan mudah mendeteksi dan menempatkan artikel pada halaman utama hasil dipencarian google.

Jaman Dulu, artikel untuk blog ini dibuat sangat kaku, mungkin karena algoritma Google dulu masih belum secanggih sekarang ini. Di zaman sekarang, artikel SEO ini benar-benar dinilai dari interaksi pembaca dan juga kualitas Link yang terstruktur dengan baik.

Mengenali Artikel Biasa

Artikel Biasa dapat dipahami sebagai rangkaian atau karangan yang dibuat berdasarkan dengan fakta dan opini untuk dipublikasikan di media, baik itu di media cetak, media online, bahkan sekarang banyak juga Artikel Biasa yang diunggah di berbagai media sosial. 

Penulisan artikel biasa ini sebenarnya mengandung tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan yang mengandung data dan fakta kejadian. Ide-ide yang ada didalam Artikel Biasa pada akhirnya dapat mendidik, menghibur, dan juga menjadi saran hiburan bagi yang membaca.

Selain itu, topik, tema atau gagasan yang ada didalam Artikel Biasa dapat disajikan dalam bentuk opini. Pendapat ini yang biasanya digunakan untuk menanggapi suatu masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat sekaligus juga memberikan solusi atas masalah tersebut. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan Artikel Biasa adalah semua pendapat dan solusi yang disampaikan harus berangkat dari fakta yang terjadi dan data yang akurat, sehingga Artikel Biasa ini dapat diuji kebenarannya.

Setelah mengetahui pengertian jenis artikel Biasa, maka pada bagian ini akan dijelaskan pula tujuan artikel Biasa. Tujuan pada setiap tulisan pasti berbeda, misalnya tujuan teks prosedur dan teks eksplanasi. 

Tujuan teks prosedur adalah untuk memberikan instruksi atau pengarahan kepada pembaca. Sedangkan tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu hal yang terjadi. 

Untuk tujuan artikel biasa, dapat dilihat dengan menggunakan dua sudut pandang, yaitu tujuan penulis artikel dan tujuan pembaca.

Perbedaan Antara Artikel SEO dan Artikel Biasa

Dilihat dari teknik penulisannya, Perbedaan Artikel SEO Dengan Artikel Biasa ini memiliki banyak perbedaan yang cukup signifikan. Berikut dibawah ini perbedaannya yang perlu Anda ketahui:

1. Keyword

Perbedaan yang pertama terletak pada penggunaan kata kunci (Keywords) pada judul, isi, dan akhir artikel. Jika artikel yang ditulisnya memenuhi standar SEO maka gunakan kata kunci, dan artikel biasa tidak terikat dengan hal itu. 

Umumnya pada artikel biasa, judul yang ditulis secara natural dan isinya lebih mudah dimengerti karena tidak terikat dengan kata kunci.

2. Penggunaan Link

Jika aturan SEO, artikel harus menyertakan Link internal dan eksternal guna untuk menghubungkan artikel satu sama yang lain. berbeda dengan artikel biasa yang hanya menggunakan link minimal atau bahkan tidak menyertakan link sama sekali.

3. Subheading

Aturan dalam penulisan artikel SEO adalah menggunakan subheading, tujuannya untuk memudahkan mensin pencari Google dalam mendeteksi mana paragraf utama dan paragraf pendukung. Berbeda dengan artikel biasa yang mengabaikan semua aturan SEO.

4. Fleksibilitas

Artikel SEO cenderung agak kaku ketika dibaca karena harus memenuhi aturan standar SEO, agar mudah ditemukan oleh pembaca melalui mesin pencarian Google. 

Nah, inilah tantangan yang harus dihadapi oleh content writer, untuk menghasilkan artikel yang memenuhi standar SEO namun artikel tetap natural dan mudah dibaca. 

Sebab, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh penulis adalah memaksakan dengan kata kunci dalam sebuah kalimat. Sehingga struktur kalimatnya tidak teratur dan sulit dipahami oleh pembaca.

5. Topik Pembahasan

Artikel untuk Website atau Blog sebagian besar memiliki topik diskusi umum seperti: bisnis, teknologi, pariwisata, pendidikan, tips dan trik, dan lain-lain. 

Dengan kata lain, artikel untuk Google ini lebih gratis untuk pembaca, karena jenis artikel untuk Google sepenuhnya ada di pencarian internet. Sedangkan artikel biasa topik pembahasannya yang memiliki ranah publikasi lebih spesifik. 

Baik itu di jurnal, di buku, di bidang karya ilmiah, dan lain sebagainya. Namun, artikel ini juga dimungkinkan untuk mengunggahnya di internet.

6. Gaya Bahasa

Untuk gaya Bahasa Artikel SEO ini memiliki gaya bahasa yang lebih santai dan dinamis. Pembaca lebih diposisikan sebagai teman atau orang yang membutuhkan informasi secara instan. 

Namun, Untuk gaya bahasa artikel biasa ini dapat dibuat dalam bentuk gaya bahasa apa pun. Tidak seperti artikel untuk mesin pencari Google, artikel biasa memiliki lebih banyak bahasa yang sesuai dengan PUEBI. Namun tetap disesuaikan dengan jenis artikel dan juga jumlah pembaca artikel yang ditulis.

7. Tujuan Artikel

Tujuan artikel Blog ini untuk memaksimalkan mesin pencarian di SERP Google. Dalam arti, bersaing untuk menjadi konten yang terbaik dari konten lain. 

Jadi, artikel untuk Google pasti harus ramah kepada pembaca dan juga robot perayap mesin Google. Sedangkan artikel biasa yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi atau memuaskan kebutuhan penulisnya agar mendapatkan rangking di mesin pencari. Jadi aturannya lebih spesifik untuk jenis artikelnya.

8. Struktur Penulisan

Artikel SEO memiliki struktur penulisan yang sangat dinamis, Artikel SEO lebih fokus pada penempatan kata kunci, kepadatan kata kunci, sub judul, dan juga jawaban apa yang dibutuhkan netizen yang mencari jawaban di pencarian Google. 

Sedangkan artikel biasa hanya memiliki struktur tulisan pembuka, isi, dan penutup. Bukankah artikel untuk Google menggunakan struktur yang seperti itu? ya pasti pakai, karena artikel untuk Website dan blog adalah salah satu jenis artikel.

Artikel SEO Dimuat Untuk Optimalisasi Website Atau Blog

Mesin pencari seperti Google akan memberi peringkat artikel di mesin pencari yang berdasarkan perilaku pengguna internet. 

Artikel yang memiliki kualitas sangat baik akan dibaca dalam waktu yang lama dan sering dibagikan kepada orang lain. Data seperti inilah yang menjadi acuan Google untuk menilai kualitas dalam sebuah artikel.

Perbedaan antara artikel SEO dan artikel biasa inilah yang menjadi alasan utama pemilik website untuk lebih memilih untuk memuat artikel SEO. 

Karena pengguna internet yang membaca artikel biasa lebih sedikit bahkan jarang dibandingkan artikel SEO. Artikel biasa ini biasanya berisi tentang cerita pribadi.

Artikel SEO Ditulis Dengan Target Keyword

Teknik dalam penulisan artikel SEO ditulis dengan memperhatikan kata kunci target yang telah ditentukan. Jumlah kata kunci yang digunakan harus disesuaikan dengan jumlah kata yang kita tulis. 

Dalam menggunakan kata kunci, perlu juga dilakukan riset kata kunci dasar terlebih dahulu, tujuannya agar banyak pengunjung yang membaca artikel.

Dalam penulisan jenis artikel biasa tidak memerlukan lagi kata kunci target. Penulisan artikel ini hanya mengalir sesuai tema apa yang diinginkan tanpa melakukan riset kata kunci. 

Dan tidak memperhitungkan dalam penempatan kata kunci di setiap kalimat. Ini adalah salah satu perbedaan yang terpenting antara jenis artikel SEO dan artikel biasa.

Demikian ulasan tentang Perbedaan Antara Artikel Seo Dan Artikel Biasa, semoga artikel bermanfaat untuk anda semua.

Posting Komentar untuk "Inilah Perbedaan Antara Artikel SEO Dengan Artikel Biasa"