Kenali 5 Perbedaan Besi WF Dan INP Paling Jelas!

Assalamualaikum wr wb

Ketika akan memilih material untuk bangunan tentunya tidak boleh sembarangan. Di mana ketika salah memilihnya, bisa jadi material tersebut juga mempunyai fungsi yang berbeda sehingga akan bisa sia-sia dan tidak terpakai ketika sudah membelinya mahal-mahal. 

Sehingga agar tidak salah beli tersebut bisa mengenali material terlebih dahulu terutama yang bentuknya dan fungsinya mirip seperti dengan besi WF dan INP.

Apa Itu IWF?

IWF juga disebut sebagai wide flange yang merupakan besi yang dari bentuknya mempunyai kemiripan dengan INP. Akan tetapi keduanya juga mempunyai perbedaan yang bisa dikenali. 

Di mana untuk perbedaan utamanya adalah dari ratio lebar yang dipunyai oleh kedua besi tersebut. Untuk besi INF mempunyai rasio yang lebih lebar dibandingkan INP yaitu 2:1. 

Perbedaan rasio tersebut yang membuat bending dari besi IWF tersebut lebih tinggi dibandingkan besi INP.

Perbedaan Besi IWF dan INP

Selain itu, perbedaan dari kedua besi INP dan IWF yang bisa dikenali adalah sebagai berikut ini:

1. Struktur Besi

Besi INP atau I beam merupakan jenis besi balok yang mempunyai huruf I, sedangkan untuk besi IWF mempunyai struktural yang mempunyai tampilan mirip dengan huruf H.

2. Panjang Besi

Panjang yang dipunyainya juga berbeda yaitu untuk besi INP mempunyai panjang standarnya yaitu 6 meter, sedangkan untuk besi IWF mempunyai panjang standarnya 12 meter.

3. Dimensi Besi

Dimensi yang dipunyai besi tersebut juga berbeda yaitu untuk besi INP mempunyai varian dimensi dari 100 hingga 500 mm, sedangkan besi IWF mempunyai dimensi dari 150 hingga 800 mm.

4. Kegunaan Besi

Kegunaan besi INP biasanya digunakan untuk material konstruksi dasar yaitu untuk membangun jembatan, rel kereta api, dan juga lainnya. Sedangkan untuk IWF mempunyai manfaat untuk pembangunan gedung, jembatan, dan juga masih banyak lainnya.

5. Harga Besi

Perbedaan juga dari harganya yaitu untuk besi INP mempunyai harga yang lebih murah dengan besi yang tipi dan berat ringan. IWF mempunyai harga lebih mahal dengan bobot yang berat dan bisa digunakan untuk menahan beban yang berat.

Kesimpulan

Beli kedua jenis besi tersebut yaitu IWF, INP, dan juga material lainnya seperti kawat galvanis dan berbagai plat dan pipa yang bisa didapatkan dengan mudah dan pengiriman cepat di Prima Bajaindo Sukses yang bisa dipesan secara online di nomor 0811 981 3838.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

1 komentar

  1. Prima Bajaindo ini area mana ya, Surabaya, Malang, Jakarta atau dimana? Gak sekalian ditulis alamatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar