Profil Arsjad Rasjid, Pebisnis dan Ketum KADIN

Konten [Tampil]

Akhir-akhir ini nama Arsjad Rasjid sedang ramai diperbincangkan di linimasa. Hal ini lantaran beliau adalah salah satu pebisnis yang sering malang melintang di dunia bisnis tanah.

Diungkap dalam websitenya yakni arsjadrasjid.com, beliau adalah salah seorang tokoh masyarakat yang berpengaruh dalam perekonomian negara-negara di ASEAN.

Siapa Itu Arsjad Rasjid?

Arsjad Rasjid adalah seorang pengusaha, pebisnis, mentor, dan tokoh masyarakat terkemuka di Indonesia. Lahir di Jakarta pada 16 Maret 1970, beliau menghabiskan masa mudanya dengan bahagia.

Pasti di antara kalian, banyak yang ingin tahu: Arsjad Rasjid keturunan apa? Kalau dilihat dari wajahnya, memang ada garis keturunan yang berbeda. Namun Arsjad Rasjid ini adalah perpaduan dari keturunan Palembang Sunda Tionghoa. Ayahnya berdarah Palembang, sedangkan Ibunya berdarah Sunda-Tionghoa.

Pendidikan Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid adalah laki-laki yang gemar belajar. Ia melanjutkan sekolah perguruan tinggi di California, Amerika Serikat. Beliau mempelajari ilmu teknik komputer, administrasi bisnis, politik dan kebijakan publik, dll.

Tak hanya itu, beliau juga mempelajari bidang investasi di sekolah bisnis yang ada di Oxford, Inggris. Yang bikin lebih keren lagi, beliau juga belajar tentang kepemimpinan dan pengambilan keputusan di abad 21 yang diselenggaran di Amerika Serikat.

Pebisnis Arsjad Rasjid yang Tangguh

Profil utama Arsjad Rasjid yang orang-orang tahu karena membekas hingga sekarang adalah beliau merupakan Presiden Direktur dari PT Indika Energy Tbk. Ini adalah perusahaan investasi terdiversifikasi yang terkemuka di Indonesia.

Perusahaan investasi ini fokus pada pengembangan dan eksploitasi sumber daya alam secara baik, pengembangan infrastrukrutur, dan pengembangan industri strategis lainnya.

Arsjad berhasil memimpin lebih dari 10.000 karyawan yang berada di bawah komandonya. Bahkan aset perusahaannya telah meningkat 7x lipat dari RP 2,78 triliun menjadi Rp 18,28 triliun dalam jangka waktu 6 tahun.

Ketua KADIN Indonesia

Kabar baiknya, Arsjad Rasjid tidak hanya memikirkan kepentingan bisnisnya, melainkan juga berusaha mengembangkan para pelaku usaha di berbagai sektor di Indonesia. Maka dia diberi amanah menjadi Ketua Umum KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia.

Ini adalah organigasi yang menjadi payung bisnis Indonesia yang juga merupakan mitra strategis andalan pemerintah. Ia seringkali mendorong para industri kecil untuk mengembangkan usahanya.

Ia sering mengadakan program pelatihan, pendampingan, dan pembiayaan yang diberikan kepada para pelaku usaha, khususnya pada pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Terkenal dan Diakui di ASEAN

Pak Arsjad Rasjid ini tidak hanya terkenal di dalam negeri saja loh! Melainkan juga terkenal di kancah internasional. Beliau menorehkan prestasi atas kontribusinya dalam industri energi.

Beliau terpilih sebagai Young Global Leader 2011 yang merupakan penghargaan bergengsi tinggi dari World Economic Forum (WEF). Tak hanya, pada tahun 2022 kemarin beliau dinobatkan sebagai CEO of The Year untuk bidang Energy & Sustainability yang diprakarsai oleh Metro TV.

Kedekatan Arsjad Rasjid dengan Generasi Alpha dan Z

Meski beliau adalah generasi X, namun tetap mau membangun bangsa bersama generasi alpha dan Z. Baginya, bakalan asyik banget bila ada kolaborasi lintas generasi.

Sebagai pebisnis ulang, beliau mengajak para generasi muda untuk mengembangkan karya dan bisnisnya namun tetap tidak lupa dengan identitas bangsa. Bahkan kalau bisa, jadikan identitas bangsa tersebut sebagai komoditas usaha. Kalau anak muda sudah turun tangan, maka apa pun pasti cuan.

Kesimpulan

Ide-ide dan aspirasi Arsjad Rasjid bisa kita temukan di website arsjadrasjid.com. Banyak insight menarik yang kita dapatkan, mulai dari bisnis, ide kreatif, generasi muda, dan lainnya.

Yuk marilah kita belajar bersama-sama untuk menjadi lebih hebat seperti Pak Arsjad Rasjid.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar