Ciri-Ciri Bengkel yang Baik dan Terpercaya

5 komentar

 Nggak semua orang memiliki pengalaman yang menyenangkan ketika ke bengkel. Tempat reparasi sepeda motor atau mobil ini, menjadi momok yang saya hindari. Kenapa? Karena isinya laki-laki dan barang-barang yang saya nggak paham.

Pengennya sih, kendaraan nggak pernah rusak dan nggak perlu servis. Namun apadaya, barang yang digunakan secara rutin dan berkala, pasti akan mengalami kendala. Masalah tersebut harus diselesaikan segera agar tidak bertambah banyak dan menumpuk di akhir.

Maka, mau nggak mau, saya juga harus rajin ke bengkel, setidaknya 2 bulan sekali. Tapi perempuan yang datang ke bengkel itu, seringkali jadi sasaran empuk tukang bengkel yang nakal.

Karena cewek jarang banget tahu harga suku cadang, eh malah harganya dinaikkan. Nggak cuma itu, karena cewek-cewek banyak yang nggak tahu soal kerusakan mesin atau part onderdil yang rusak, eh onderdil yang baik-baik saja malah dibilang rusak. Duh, sedih banget.

Tapi kita sebagai perempuan nggak boleh se-menyerah itu, kita harus tetap datang ke bengkel demi kendaraan yang aman dan nyaman. Oh tentu saja, kita harus pandai memilih bengkel yang baik dan mampu menjaga Amanah.

Ciri-Ciri Bengkel yang Baik dan Terpercaya, Kamu Harus Tahu!

Kita harus tahu ciri-ciri bengkel yang baik dan terpercaya. Kenapa? Biar kita nggak dikibulin sama tukang bengkelnya. Juga, supaya kendaraan kita bisa tertangani dengan baik sehingga dapat melakukan perjalanan lebih lama bersama kita sebagai pemiliknya.

Lalu seperti apa ciri-ciri bengkel yang baik dan terpercaya? Langsung saja kita bahas ciri-cirinya!

1. Harga yang Jujur dan Transparan

Pilih bengkel yang menyampaikan harga secara jujur dan transparan. Tapi pastikan kamu telah survey atau googling dulu mengenai harga suku cadang. Jadi kamu sudah punya patokan harga saat di bengkel. 

Harapannya, selisih harganya tidak terlalu banyak. Oh ya, pertimbangkan juga untuk biaya jasa servis, biasanya ada budget sendiri yang ditentukan oleh masing-masing bengkel. Jadi sebaiknya tanyakan dulu biayanya sebelum menggunakan jasanya.

2. Mekanik yang Profesional dan Handal

Pastikan kamu datang ke bengkel yang tukangnya adalah para mekanik yang professional dan handal. Nggak harus lulusan S1 Teknik Mesin, tapi bisa lulusan SMK Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan lainnya.

Dengan membawa kendaraan kita ke orang-orang yang telah mempelajari keilmuan tentang mobil dan sepeda motor, maka mereka akan merawat dan bongkar pasang kendaraan lebih hati-hati. Jadi tidak akan menambah beban kesalahan saat memperbaiki transportasi.

3. Peralatan yang Modern

Sebagaimana kendaraan yang mesinnya terus update, maka pilihlah bengkel yang peralatannya lengkap dan modern. Hal ini dapat mendukung kebutuhan sepeda motor kita agar perbaikan dapat dilakukan secara tepat guna, efisien, dan efektif.

Contohnya penggunaan alat congkel ban. Kalau pakai alat congkel ban yang jadul, maka bisa membuat velg rusak/cacat sehingga membuat ban akan selalu bocor setelah dipasang. Jadi pilihlah bengkel yang peralatannya selalu up to date dan dijaga kebersihannya.

4. Suku Cadang yang Lengkap

Sebel banget nggak sih kalau udah datang jauh-jauh ke bengkel, eh suku cadang yang dibutuhkan nggak ada. Jadi pastikan kamu memilih bengkel besar yang menjamin ketersediaan suku cadang.

Suku cadang yang dimiliki juga harus baru dari pabrik, bukan bekas dari penggunaan orang lain. Jadi pastikan kamu datang ke bengkel yang benar-bener credible dan terpercaya.

5. Ada Jaminan Garansi

Memang agak sulit mendapatkan bengkel yang mau memberikan jaminan garansi. Akan tetapi jaminan garansi ini bisa kamu dapatkan di bengkel yang siap mempertaruhkan reputasinya.

Biasanya mereka akan memberikan garansi cuma-cuma untuk pemakaian 1-2 hari bahkan hingga 7 hari. Karena kalau waktu penggunaannya masih sebentar, maka ada sedikit hal yang luput dari pengamatan sang mekanik.

6. Jam Operasional yang Panjang

Sepeda motor yang tiba-tiba rusak seringkali tidak mengenal waktu. Kadang malam rusak, tapi bingung cari bengkel. Bahkan terkadang mau servis ke bengkel setelah jam kantor, eh bengkelnya buka saat jam kantor juga.

Jadi sebelum datang ke bengkel, alangkah lebih baik untuk riset terlebih dahulu mengenai jam buka bengkel. Jadi kamu bisa memperkirakan akan datang ke bengkel jam berapa supaya bisa disesuaikan dengan aktivitasmu.

7. Menerima Ragam Metode Pembayaran

Bukan hal yang baru lagi bahwa saat ini orang-orang lebih suka membayar secara cashless karena tidak memiliki uang tunai yang cukup. Maka mendapati bengkel yang menyediakan pembayaran melalui QR Code, sangat memudahkan sekali.

Jadi kita tidak perlu takut kekurangan uang tunai saat melakukan pembayaran. Semua bisa dibayar secara cashless melalui scan QR Code. Sehingga kita tidak perlu repot-repot memikirkan untuk membawa uang yang cukup saat datang ke bengkel.

Yuk, Perbaiki Motor di Planet Ban, Bengkel Terbaik dan Terpercaya

Sejujurnya susah banget mendapatkan bengkel yang sesuai kriteria di atas. Tapi akhirnya perjalanan panjang mencari bengkel terbaik sudah berakhir saat aku menemukan Planet Ban.

Bengkel ternama yang mengusung motto “Servis Motor Rasa Mesin Baru” ini benar-benar diterapkan secara nyata. Saat servis, ternyata mekanik nggak hanya menghisap mesin dari tangki motor. Akan tetapi memberikan cairan khusus agar kondisi motor tetap prima. 

Kalau datang ke Planet Ban, teman-teman akan mendapatkan layanan servis berupa:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT/Rantai
  • Servis Injeksi

Selain servis, Planet Ban juga menyediakan beragam suku cadang yang lengkap dan berkualitas. Mulai dari oli motor, kampas rem, busi, minyak rem, dan lainnya yang sering dibutuhkan para pengguna kendaraan bermotor.

Soal harga, tenang aja. Harganya terjangkau untuk kita-kita. Kamu juga bisa cek harganya yang dipampang secara transparan di website resmi Planet Ban yaitu planetban.com. Jadi kamu bisa cek apakah bengkel tersebut beneran jujur atau tidak.

Oh tentu saja, kamu bisa membayar layanan servis dan pembelian suku cadang melalui e-wallet (karena tersedia QR Code untuk semua alternatif pembayaran). Layanan garansi diberikan hingga 7 hari setelah pemakaian.

Nggak cuma itu, ada banyak benefit Planet Ban yang bisa kamu rasakan dan tidak akan kamu dapatkan di bengkel lain, seperti:

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa servis dan ganti oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Gratis pengisian nitrogen seumur hidup

Kesimpulan

Tuh, enak banget kan? Kurang apalagi coba? 7 ciri-ciri bengkel terbaik sudah dipenuhi oleh Planet Ban. Kabar baiknya, kamu juga dapat voucher dengan potongan harga hingga Rp 150.000,- dari Planet Ban. 

Yuk servis motormu di Planet Ban terdekat. Boleh tanya-tanya dulu ke:  https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

5 komentar

  1. iiii pas banget waktu itu abis jatoh, ban--nya jadi oglak-aglik. Sempet bingung mo dibawa kemana, tapi akhirnya ke Planet Ban deh, dan balik lagi seperti semula.

    BalasHapus
  2. Aku seneng motoran jauh..
    Jadi y mesti pilih bengkel yg bagus bener..

    Yen gak malah tambah ajur motorre..

    BalasHapus
  3. Iya nih, males banget kalo harganya dinaikin, untung udah hafal

    BalasHapus
  4. betul banget. apalagi buat saya. motoran jauh harus rajin2 servis biar sepeda motornya awet dan digunakan jangka panjang

    sukses terus kak

    BalasHapus
  5. Aku juga sering ke planet ban. Alhamdulillah pelayanannya baik dan memuaskan

    BalasHapus

Posting Komentar